in: News | March 3, 2020 | by: Friska

Gunakan TikTok, WHO Beri Panduan Pencegahan COVID-19

Dengan semakin maraknya berita tentang Coronavirus secara global, ditambah sudah terkonfirmasi ada dua pasien di Indonesia yang terjangkit virus tersebut, maka masyarakat pun mulai mencari berbagai informasi dan cara untuk bisa mencegah tertularnya COVID-19. Sayangnya, tidak semua informasi yang beredar di internet memiliki akurasi 100%, sehingga tidak jarang juga masyarakat yang akhirnya malah menyebarkan hoax.

Untuk bisa membantu masyarakat secara luas, WHO (World Health Organization) pun akhirnya bergabung ke platform media sosial yang tengah populer di kalangan masyarakat kali ini, TikTok, dengan memberikan video panduan tentang informasi perihal COVID-19 terkini dan bagaimana cara mencegah yang tepat.

Video TikTok pertama dari WHO memberikan pengarahan tentang bagaimana melindungi diri sendiri dari Coronavirus yang sederhana: dengan mencuci tangan menggunakan produk berbasis alkohol (seperti hand sanitizer) atau menggunakan sabun dan air, hingga bagaimana seseorang yang tengah batuk atau bersin harus menutupinya dengan sikut atau bahu daripada menggunakan tangan, atau menggunakan tisu dan segera membuangnya ke tempat sampah tertutup. WHO juga memberikan saran bahwa jika ada yang merasa sesak nafas dan baru-baru ini tengah melakukan perjalanan, lebih baik untuk segera konsultasi medis. Sementara jika memiliki gejala awal tetapi belum melakukan perjalanan apapun, ada baiknya untuk tinggal di rumah hingga sembuh dan mengikuti petunjuk yang dianjurkan sebagai pencegahan lanjutan.

@whoWe are joining @tiktok to provide you with reliable and timely public health advice! Our first post: How to protect yourself from ##coronavirus ?♬ original sound – who

Video kedua WHO menjelaskan bagaimana caranya untuk menggunakan masker yang tepat, memastikan bahwa masker tidak memiliki lubang apapun, dan untuk pengguna agar tidak menyentuh bagian depan masker dengan tangan, serta bagaimana cara pemakaian yang tepat. WHO juga menekankan bahwa yang harus menggunakan masker ini adalah mereka yang sedang sakit, bukan yang masih sehat.

@whoWhen & how should masks be worn in order to protect against the new ##coronavirus ?

♬ original sound – who

Video TikTok milik WHO ini sudah memiliki akumulasi video hingga 17,9 juta dan 25,1 juta, dengan jumlah follower mencapai 150,6 ribu.

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan, kebersihan, dan mencari informasi dari sumber-sumber yang terpecaya, ya!

: ,

COMMENTS