in: Reviews - Wearables | March 5, 2020 | by: Friska

Hands-On Smartwatch: Advan Start Go S1

Kebutuhan smartwatch masa sekarang semakin bertumbuh pesat. Selain karena digunakan sebagai alat bantu olahraga atau tracking, smartwatch juga memiliki desain yang lebih menarik untuk digunakan secara kasual seperti layaknya sebuah jam tangan pada umumnya.

Selain smartwatch yang premium, pasar gadget di Indonesia juga memiliki sejumlah smartwatch yang harganya lebih terjangkau, tetapi memiliki bentuk yang tak kalah menarik serta fitur lengkap sebagai penunjang aktivitas sehari-hari para penggunanya.

Advan adalah salah satu yang ikut menghadirkan perangkat wearables tersebut dengan smartwatch Start Go S1. Dengan bentuk yang cukup kece, Start Go S1 ini juga dibekali dengan baterai yang tahan lama dari smartwatch kebanyakan, sehingga pengguna tak perlu sering-sering melakukan isi ulang karenanya.

Desain dan Spesifikasi

 

Dari segi desain secara keseluruhan, Advan Start Go S1 memiliki bentuk layar utama persegi panjang dengan sudut yang tumpul, sedikit mengingatkan kita akan desain yang dimiliki oleh Apple Watch atau Fitbit Versa.

Jam utamanya memiliki layar sebesar 1,3 inch beresolusi 240 x 240 pixel. “Watch face” pada layar utamanya ini sayangnya tidak bisa diganti-ganti sesuka hati, tetapi Advan memberikan opsi watch face alternatif yang terdiri dari empat jenis, dan bisa diakses langsung pada smartwatch di menu Setting – Dial.

Strap yang terdiri dari pilihan warna hitam, merah, dan ungu ini memiliki ukuran 240 x 16 x 11.0 mm, sehingga tidak masalah untuk digunakan pada pengguna dengan pergelangan tangan yang kecil maupun lebih besar. Perangkat wearables ini juga memiliki resistansi air IP50M sehingga bisa dibawa untuk olahraga berenang.

Pada layar utama, terdapat dua tombol fisik yang sekaligus menjadi kontrol alternatif dari smartwatch selain mengoperasikan lewat layar sentuhnya, yang diposisikan pada sisi kanan dan kiri layar utama.  Untuk tombol kiri, merupakan shortcut untuk pengguna dalam mengaktivasikan fitur olahraga yang bisa diatur jenisnya melalui opsi Setting hanya dengan menekan lama tombol kiri tersebut, sementara tombol kanan merupakan tombol power (on/off), sekaligus berfungsi jadi tombol “back”.

Advan Start Go S1 yang berbobot hanya 38gram ini memiliki kapasitas baterai 210mAh dengan tegangan pengisian daya 5V/2A. Walau kedengarannya kecil, baterai dari Advan Start Go S1 sendiri mampu bertahan hingga lebih dari 10 hari. Dalam waktu pengujian kami, Advan Start Go S1 sendiri bisa bertahan sekitar 2 minggu tanpa perlu diisi ulang kembali. Waktu untuk pengisian ulangnya sendiri membutuhkan sekitar 2,5 jam dari kosong hingga terisi penuh.

Konektivitasnya sendiri menggunakan Bluetooth 4.0, di mana perangkat wearables ini bisa dihubungkan dengan perangkat iOS maupun Android, selama versi iOS lebih tinggi dari iOS 8.0 dan Android versi 4.0. Kali ini, kami menghubungkannya dengan smartphone Android menggunakan aplikasi penunjang VeryFitPro yang bisa diunduh gratis melalui Play Store.

Daftar Isi
Pages: 1 2
: , ,

COMMENTS