in: News | March 31, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Qualcomm dan Google Hadirkan Android GPU Inspector

Qualcomm dan Google tampaknya ingin agar pengalaman bermain game di Android jadi makin baik lagi. Kedua raksasa teknologi tersebut baru saja mengumumkan sebuah tool yang disebut Android GPU Inspector untuk mendukung keinginan tersebut. Tool ini disebut bisa membantu developer game untuk melakukan optimasi di game-game mereka lebih baik lagi di Android.

 

Agar Game Jauh Lebih Optimal di Android

Android GPU Inspector ini bisa membantu developer game dalam melakukan analisis penggunaan GPU untuk game-game mereka. Memanfaatkan data yang dihasilkan oleh tool tersebut, developer bisa melakukan optimasi di game, sehingga game bisa memanfaatkan resource GPU dengan lebih baik. Diharapkan, hal ini akan membawa beberapa keuntungan, misalnya game bisa berjalan di framerate lebih tinggi dan resource GPU yang digunakan bisa dihemat sehingga berujung ke penghematan penggunaan baterai smartphone.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan Qualcomm dan Google, bersama developer game yang tidak disebutkan namanya, penggunaan Android GPU Inspector memungkinkan penghematan hingga 40%. Hasil itu tentu saja menarik, karena bila dimanfaatkan dengan benar, potensi penghematan yang didapatkan terbilang sangat tinggi. Menariknya lagi, tool ini mendukung GPU-GPU yang umum digunakan untuk perangkat berbasis Android, jadi bukan hanya terbatas ke GPU Adreno saja.

Sejalan dengan Update Driver GPU Qualcomm

Selain membantu dalam hal optimasi game ke GPU, Android GPU Inspector ini disebut juga bisa jadi bahan feedback dari developer ke Qualcomm dan Google. Developer bisa memberikan data terkait hal apa yang mereka inginkan untuk ditingkatkan lagi dari sisi driver untuk GPU. Hal ini sejalan dengan pengumuman Qualcomm di acara mereka di Hawaii, AS pada Desember 2019 lalu, di mana mereka menyebutkan bahwa akan ada update driver GPU untuk smartphone dengan SoC mereka. Memanfaatkan feedback dari developer game, Qualcomm tentunya bisa mengetahui kebutuhan yang ada dengan lebih baik, sehingga update driver yang ditawarkan akan lebih tepat guna.

Terkait update driver GPU untuk smartphone Android dengan SoC besutan Qualcomm, hasil tahap awal untuk upaya tersebut bisa jadi akan bisa dirasakan dalam waktu dekat. Sayangnya, di awal, hanya ada empat smartphone yang akan mendapatkan update driver GPU, tetapi Qualcomm berjanji untuk menghadirkan update untuk lebih banyak perangkat lagi setelah implementasi sudah bisa dilakukan. Update driver GPU ini akan dilakukan melalui Google Play Store, mirip dengan update app di Android pada umumnya.

: , ,

COMMENTS