in: Reviews | March 24, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Review realme 6 Pro: Tetap Murah, Spesifikasi Tinggi, dengan Fitur ala Premium

Spesifikasi

Beralih ke spesifikasi realme 6 Pro, untuk dapur pacu, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, smartphone ini hadir dengan Snapdragon 720G. Ya, realme 6 Pro adalah smartphone pertama di dunia yang mengusung Mobile Platform, atau SoC, baru dari Qualcomm ini. Snapdragon 720G sendiri hadir dengan fabrikasi 8 nm.

Bicara mengenai spesifikasi Snapdragon 720G, SoC ini mengusung CPU Kryo 465, dengan konfigurasi 2x Kryo 465 Gold (berbasis Cortex A76) 2.3 GHz dan 6x Kryo 465 Silver (berbasi Cortex A55) 1.8 GHz. GPU di SoC ini adalah Adreno 618, dengan DSP Hexagon 692, ISP Spectra 350L, serta modem X15 LTE. 5th Generation Qualcomm AI Engine juga didukung oleh Snapdragon 720G ini.

realme 6 Pro hadir dengan RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Untuk RAM, realme menggunakan LPDDR4X dual-channel, sesuai yang didukung oleh Snapdragon 720G. Sementara untuk storage, smartphone ini menggunakan UFS 2.1. Opsi untuk menambah kapasitas penyimpanan data juga tersedia, dengan memanfaatkan Micro SD, dengan kapasitas yang didukung hingga 256 GB.

Baterai realme 6 Pro ini memiliki rating kapasitas 4300 mAh. Berdasarkan klaim dari realme, baterai ini bisa diisi ulang hingga penuh dalam waktu sekitar 1 jam dengan 30W Flash Charge yang disediakan dalam paket penjualan. realme juga menyertakan 5 lapisan perlindungan keamanan untuk memastikan isi ulang daya baterai secara cepat tetap aman.

Konektivitas 4G LTE tentu saja disediakan realme di smartphone ini, dengan dukungan untuk band yang sesuai untuk penggunaan di Indonesia. Untuk Wi-Fi, realme 6 Pro telah mendukung Wi-Fi dual-band, 2.4 GHz dan 5 GHz, dengan dukungan standar 802.11 a/b/g/n/ac. Sementara untuk Bluetooth, smartphone ini sudah mendukung Bluetooth 5.1.

Untuk “GPS”, atau lebih tepatnya GNSS, realme 6 Pro ini mendukung Dual Frequency GPS, yaitu L1 + L5. realme menyebutkan bahwa hal tersebut membuat location service menawarkan akurasi yang lebih baik saat digunakan. GNSS yang didukung oleh smartphone ini adalah GPS, GLONASS, Beidou, Galileo, QZSS, serta NavIC.

Sistem audio di smartphone ini didukung oleh Super Linear Speaker. realme 6 Pro juga mendukung Dolby Atmos yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas audio dari smartphone ini. Selain itu, smartphone ini juga disebut realme menawarkan Hi-Res Sound Quality.

Beragam sensor juga disertakan realme untuk smartphone ini, termasuk magnetic induction sensor, light sensor, dan proximity sensor. Acceleration sensor dan gryo juga tersedia di smartphone ini, yang tentu saja bisa mendukung berbagai hal di penggunaan sehari-hari perangkat. Fingerprint scanner juga tersedia, ditempatkan di tombol power, dan diklaim realme memiliki respon cepat, hingga 0.38 detik.

realme 6 Pro ini hadir dengan realme UI, dengan basis Android 10. realme menyebutkan bahwa ada beberapa fitur baru yang disematkan ke dalam realme UI ini. Beberapa fitur baru itu akan coba kami bahas dalam artikel ini.

Kamera: Ultra Six Camera

Setelah membahas spesifikasi utama realme 6 Pro, kami akan melanjutkan ke pembahasan kamera smartphone ini. realme menyebut sistem kamera di smartphone ini sebagai Ultra Six Camera, yang menandakan smartphone ini dilengkapi dengan enam buah kamera. Bisa dikatakan untuk smartphone dengan enam kamera, realme 6 Pro ini adalah salah satu smartphone terkencang yang ada saat ini.

realme 6 Pro diperkuat oleh 64 MP AI Quad Camera. Empat kamera yang ada di sistem ini adalah:

  • Kamera utama 64 MP dengan sensor Samsung ISOCELL GW1 1/1.72″ yang dilengkapi lensa 6P dengan aperture f/1.8, dengan FOV 78.6°
  • 8 MP Ultra Wide-Angle Lens dengan f/2.3, dengan FOV 119°
  • 12 MP Tele Lens dengan f/2.5, mendukung hybrid-zoom hingga 20x
  • 2 MP Macro Lens dengan f/2.4, menawarkan fokus hingga jarak 4 cm

Sistem 64 MP AI Quad Camera ini mendukung perekaman video hingga resolusi 4K di 30 fps, 1080p di 30 fps atau 60 fps, serta 720p di 30 fps atau 60 fps. realme juga menawarkan Ultra Steady dan Ultra Steady Max untuk perekaman video yang lebih stabil. Sementara untuk slow motion, realme 6 Pro mendukung hingga 120 fps dan 240 fps.

Sementara untuk kamera selfie, tersedia 16 MP Dual In-Display Selfie. Sesuai namanya, kamera utama di sistem ini menawarkan sensor 16 MP, Sony IMX 471, f/2.0, dengan FOV 79.3°. Tersedia juga 8 MP Ultra Wide-Angle Lens, dengan f/2.2, yang menawarkan FOV 105° untuk selfie yang lebih luas.

Opsi resolusi video di realme 6 Pro (kiri: kamera utama, kanan: kamera selfie)

Kamera selfie di realme 6 Pro ini menawarkan perekaman video 1080p atau 720p dengan framerate 30 fps. Sementara untuk slow motion, kamera selfie ini mendukung hingga 120 fps. Fitur Ultra Steady juga tersedia untuk membuat video selfie yang lebih stabil.

Nightscape 3.0 Tripod Mode & beberapa mode kamera di realme 6 Pro

Fitur menarik yang ditawarkan realme untuk kamera di smartphone ini adalah Nightscape 3.0, untuk membantu mendapatkan foto yang lebih baik di kondisi ambient gelap. Nightscape 3.0 ini mendukung mode Tripod, yang memungkinkan super long exposure hingga 50 detik yang tentu saja hanya dimungkinkan bila kita menggunakan tripod. Ada juga mode Ultra Nightscape yang membantu dalam mengambil foto di kondisi cahaya hanya 1 Lux.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , , ,

COMMENTS