in: Reviews | March 24, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Review realme 6 Pro: Tetap Murah, Spesifikasi Tinggi, dengan Fitur ala Premium

Fitur Menarik Lain

Bicara terkait fitur realme menghadirkan cukup banyak fitur di realme 6 Pro, terutama untuk layarnya. Selain mendukung refresh rate 90 Hz, 90 Hz Ultra Smooth Display ini juga menawarkan touch sample rate 120 Hz, yang seharusnya akan layar bisa lebih responsif saat menerima input sentuhan, yang bisa jadi akan banyak dirasakan manfaatnya di game. Menariknya, layar realme 6 Pro ini juga terdeteksi bisa mendukung HDR saat kami coba di YouTube untuk memutar video HDR. Sayangnya, mungkin karena sistem operasi yang belum sepenuhnya dioptimalkan, tampilan yang kami dapatkan di layar terlihat tidak mencerminkan HDR aktif, dan kemungkinan besar hal ini bisa diperbaiki realme lewat update sistem operasi, bila layar smartphone ini benar-benar mendukung HDR.

Sementara untuk mode warna layar, realme menyediakan opsi yang bisa dipilih pengguna lewat menu pengaturan. Ada opsi Vivid dan Gentle di realme 6 Pro ini. Menurut realme, mode Vivid di-tuning sesuai color space “P3”, sementara Gentle sesuai dengan color space sRGB. Pengguna bisa memilih mode warna yang ingin digunakan, sesuai dengan kebutuhan atau preferensi masing-masing.

OSIE Vision Effect ditawarkan realme di smartphone ini. Fitur ini bisa membantu meningkatkan kualitas tampilan konten di layar, mendekati apa yang ditawarkan oleh HDR. Namun, untuk saat ini, fitur ini baru didukung oleh beberapa aplikasi saja, di antaranya TikTok dan MX Player. Bisa jadi, ke depan, akan makin banyak aplikasi yang mendukung fitur yang satu ini.

Dark Mode tersedia di realme UI di realme 6 Pro ini, yang tentu saja berguna untuk mengubah color scheme tampilan UI menjadi warna gelap. Ada juga fitur Eye Care, yang akan membantu mengurangi intensitas cahaya biru dari layar, membuat mata tidak mudah lelah saat menggunakan smartphone ini. Eye Care ini bisa diatur agar aktif secara otomatis di waktu-waktu tertentu sesuai kebutuhan pengguna.

Fitur realme Share juga disematkan di realme 6 Pro ini, yang akan mempermudah transfer file antar smartphone realme. Selain itu, ada juga Wi-Fi Tethering, di mana realme 6 Pro bisa membagikan koneksi Wi-Fi ke perangkat lain. Screencast juga tersedia dan bisa digunakan untuk menduplikasi tampilan layar smartphone ini ke monitor atau televisi yang mendukung, atau setidaknya dilengkapi dengan alat yang mendukung teknologi cast yang digunakan.

Dolby Atmos diatur agar selalu aktif saat pengguna tidak menghubungkan realme 6 Pro ke perangkat audio eksternal. Terdapat beberapa mode yang didukung Dolby Atmos di smartphone ini, yaitu Smart, Movie, Gaming, dan Music. Namun, saat kita menghubungkan perangkat audio eksternal ke smartphone, Dolby Atmos ini bisa dinonaktifkan bila pengguna merasa tidak memerlukannya.

realme juga menghadirkan realme Lab di smartphone ini, di mana pengguna bisa mencoba versi beta dari fitur yang baru dikembangkan oleh tim realme. Di versi UI terbaru yang tersedia saat pengujian ini dilakukan di realme 6 Pro, fitur yang bisa dicoba adalah Dual Mode Audio. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan dua headset ke smartphone, satu wired satu wireless, dan memilih audio dari aplikasi apa yang akan dikeluarkan lewat headset yang mana. Kemungkinan besar, versi final dari fitur ini akan tersedia dalam waktu dekat ini sebagai fitur standar di realme UI.

Uji Performa

Setelah membahas realme 6 Pro, mulai dari paket penjualan, desain, spesifikasi, dan fitur menarik yang diusung, kali ini akan melanjutkan dengan pembahasan uji performa. Kami melakukan uji performa dengan menggunakan set aplikasi benchmark yang biasa kami gunakan, yaitu AnTuTu 8, Geekbench 5, dan GFXBench. Berikut ini adalah hasil benchmark dari realme 6 Pro:

Terlihat, dengan Snapdragon 720G, realme 6 Pro ini bisa menawarkan performa yang tinggi di kelasnya. Baik dari sisi CPU maupun GPU, Snapdragon 720G ini bisa bersaing, bahkan mengungguli berbagai SoC lain yang umum digunakan di kelas menengah – menengah atas. Bahkan, bila dibandingkan dengan Snapdragon 730G, bisa dikatakan performa yang ditawarkan Snapdragon 720G ini sangatlah mirip.

Sebagai catatan, untuk hasil uji performa yang lebih lengkap, kami telah menayangkan hasil pengujian Snapdragon 720G di realme 6 Pro ini dalam bentuk video. Video tersebut bisa ditonton di YouTube Channel Jagat Review, lebih tepatnya di link berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=HQqLSw6fP1A

Performa Gaming

Selain menggunakan aplikasi benchmark, kami juga melakukan pengujian gaming untuk melihat seperti apa performa yang ditawarkan realme 6 Pro saat digunakan untuk bermain game. Game yang kami gunakan antara lain PUBG Mobile, PES 2020, dan Honkai Impact 3.

PUBG Mobile: secara standar hanya tersedia opsi Smooth – Ultra.
Setelah di-unlock ke Smooth – Extreme, kami bisa mendapatkan framerate yang stabil di 60 fps.

Di PUBG Mobile, konfigurasi graphics yang terbuka secara standar adalah Smooth – Ultra. Namun, karena kami yakin performa yang ditawarkan Snapdragon 720G bisa memberikan framerate di PUBG Mobile di atas 40 fps untuk konfigurasi Smooth, kami mencoba meng-unlock konfigurasi dan mengatur graphics di Smooth – Extreme. Hasilnya, PUGB Mobile bisa dijalankan di 58 – 60 fps.

PES 2020: kami mencoba menggunakan setting tertinggi yang didukung.
Framerate yang terbilang cukup nyaman masih bisa didapatkan. Namun, untuk mendapatkan 60 fps, setting perlu diturunkan ke Standard.

Berikutnya, untuk PES 2020, kami menggunakan konfigurasi tampilan Standard – 60 fps, dan framerate yang kami dapatkan rata di 59 – 60 fps. Penasaran dengan konfigurasi yang lebih tinggi, kami mengganti konfigurasi ke High – 60 fps dan realme 6 Pro bisa menyuguhkan framerate di kisaran 52 – 54 fps. Sementara di Honkai Impact 3, kami bisa mendapatkan framerate di kisaran 40 fps, dengan sesekali drop ke 28 fps, untuk setting Low – 60 fps.

Honkai Impact 3: kami mencoba menjalankan game ini di setting Low – 60 fps, dengan semua efek dinonaktifkan.
Kami merasa hasil yang didapatkan seharusnya bisa lebih tinggi, mungkin hanya membutuhkan update dari sisi developer game untuk mengenali realme 6 Pro dan Snapdragon 720G.

Sementara untuk gaming di 90 Hz, sayangnya saat pengujian ini dilakukan, game-game yang kami kenal bisa berjalan di atas 60 fps ternyata masih tertahan di batas 60 fps. Hal ini menurut kami wajar, mengingat SoC realme 6 Pro dan Snapdragon 720G sendiri merupakan produk yang sangat baru. Kemungkinan besar developer game masih belum memperbarui aplikasi mereka untuk mengenali smartphone dan SoC ini, sehingga gaming di atas 60 fps masih belum bisa dirasakan, setidaknya saat ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , , ,

COMMENTS