in: Reviews | March 24, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Review realme 6 Pro: Tetap Murah, Spesifikasi Tinggi, dengan Fitur ala Premium

Kesimpulan

( – )

  • Belum ada NFC

( +/- )

  • OSIE Vision Effect menarik untuk meningkatkan tampilan, sayangnya aplikasi yang mendukung baru sedikit.
  • Layar mendukung HDR, sayangnya belum dioptimasi dari sisi sistem operasi

( + )

  • Performa Snapdragon 720G terbilang tinggi
  • 90 Hz Ultra Smooth Screen
  • Daya tahan baterai yang baik
  • Charging baterai cepat dengan 30W Flash Charging
  • Fingerprint scanner responsif
  • Set kamera lengkap untuk berbagai skenario kebutuhan
  • Hasil foto bagus
  • Ultra Steady/Ultra Steady Max bisa menghasilkan video yang stabil

 

 

realme 6 Pro ini hadir dengan menawarkan spesifikasi yang terbilang sangat menarik, disertai dengan fitur-fitur ala smartphone kelas premium, tetapi dipasarkan dengan harga yang terbilang terjangkau, atau bahkan murah untuk apa yang ditawarkan. Snapdragon 720G, 90 Hz Ultra Smooth Screen, dukungan 30W Flash Charging adalah sebagian dari banyak hal menarik yang bisa didapatkan di smartphone ini. Selain itu, kamera di smartphone ini, dengan jumlah 6 kamera, menjadi jawaban akan berbagai kebutuhan pengambilan foto dan video, dengan kualitas hasil foto dan video yang baik.

Bicara soal performa, Snapdragon 720G terbukti menawarkan performa yang tinggi, termasuk untuk gaming. Layar 90 Hz yang diusung realme 6 Pro seharusnya juga bisa memberikan pengalaman gaming yang lebih baik. Sayangnya, saat artikel ini dibuat, kami belum mendapatkan game yang bisa berjalan di 90 Hz di smartphone ini, yang tampaknya dipengaruhi karena update mengenali layar 90 Hz ini belum tersedia. Hal ini bisa saja dipengaruhi karena pengujian smartphone ini dilakukan sebelum waktu rilis resmi smartphone tersebut.

Daya tahan baterai smartphone ini pun terbilang panjang, berdasarkan pengujian kami. Sementara untuk isi ulang daya baterai, 30W Flash Charging memungkinkan isi ulang penuh di kisaran hanya 1 jam saja. Bisa dikatakan, dari sisi baterai, kami cukup kagum dengan apa yang ditawarkan oleh realme di realme 6 Pro ini.

Fingerprint scanner yang ada di smartphone ini memang masih belum mengusung desain “in-display”. Namun, kami puas dengan fingerprint scanner yang ditawarkan, yang memang terasa menawarkan respon yang cepat. Bila dibandingkan dengan kebanyakan fingerprint scanner “in-display” yang pernah kami coba, fingerprint scanner di realme 6 Pro ini terasa lebih responsif.

NFC sayangnya masih belum tersedia di smartphone ini. Namun, untuk opsi konektivitas lain, bisa dikatakan realme 6 Pro menawarkan opsi konektivitas yang lengkap. Bahkan, ke depan, terlihat ada upaya dari realme untuk menghadirkan kemampuan konektivitas lebih baik lagi, salah satunya dengan sudah disiapkannya Dual Mode Audio di realme Lab.

realme 6 Pro ini bisa dikatakan mampu melanjutkan tugas mengembang peran sebagai flagship terbaru realme untuk Indonesia, menggantikan peran realme XT. Hadir dengan 6 kamera, performa tinggi, charging mumpuni, dan berbagai fitur yang diusung smartphone ini seharusnya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi yang mencari smartphone di kisaran harganya.

 

 

Produk realme 6 Pro
Layar 6.6″, Full HD+ (2400 x 1080 px, rasio 20:9)
SoC/Processor Snapdragon 720G
CPU: Kryo 465
GPU: Adreno 618
RAM/Internal Storage 8GB/128GB
Baterai 4300 mAh (30 W Flash Charging)
Konektivitas 4G LTE Dual-Nano SIM, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1
Kamera Kamera utama: 64MP AI Quad Camera (64 MP f/1.8 + 8 MP Ultra Wide-Angle f/2.3 + 12 MP Tele f/2.5 + 2 MP Macro f/2.4)
Kamera selfie: Dual In-Display Selfie (16 MP f/2.0 + 8 MP Ultra Wide-Angle f/2.2)
Sistem Operasi realme UI (Android 10)
Harga Rp 4.499.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , , ,

COMMENTS