Review realme 6 Pro: Tetap Murah, Spesifikasi Tinggi, dengan Fitur ala Premium

Reading time:
March 24, 2020

Smartphone baru dari realme datang ke Indonesia! Menjelang akhir Maret 2020 i, realme membawa smartphone realme 6 Pro masuk secara resmi ke Indonesia. realme menjanjikan berbagai hal menarik di smartphone andalan baru mereka tersebut. Kali ini, kami akan membahas realme 6 Pro tersebut dalam artikel review kali ini!

KV LP reamle6pro 01 1

Sekilas Mengenai realme 6 Pro

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh realme, smartphone baru ini merupakn penerus dari realme XT. Memang, dari sisi penamaan, realme 6 Pro ini terkesan memiliki pola nama menyerupai smartphone realme lain yang juga hadir secara resmi di Indonesia, yaitu realme 5 Pro. Namun, dari sisi fitur, spesifikasi, dan lain sebagainya, realme 6 Pro ini justru diposisikan sebagai upgrade dari realme XT.

Hal yang menarik di realme 6 Pro, smartphone ini merupakan yang pertama yang hadir dengan mobile platform baru Qualcomm, Snapdragon 720G. Namun, bukan cuma itu saja hal menarik yang ditawarkan realme di smartphone baru mereka ini. Mereka juga menghadirkan berbagai fitur menarik lain, termasuk untuk kamera dan layar, sesuai slogan smartphone ini, “6 Cameras. Pro Display”, serta beberapa hal lain lagi.

Paket Penjualan realme 6 Pro

DSCF9710R

realme 6 Pro yang kami gunakan dalam review kali ini datang ke lab. Jagat Gadget beserta dengan paket penjualan lengkapnya. Kemasan paket penjualan smartphone ini hadir dengan warna dasar kuning, yang membuatnya terlihat cukup berbeda dengan varian smartphone realme sebelumnya yang masuk ke Indonesia. Warna kuning ini baru digunakan realme di realme C3 yang dirilis di awal tahun 2020 ini. Beberapa perlengkapan pendukung penggunaan disertakan realme di dalam kemasan tersebut, yaitu:

  • 30W Flash Charger
  • Kabel USB Type C
  • Case
  • Screen protector (sudah terpasang di unit smartphone)
  • SIM Card ejector
  • Info booklet & kartu garansi
DSCF9445 DSCF9442DSCF9729

Terkait paket penjualan realme 6 Pro, hal yang menurut kami paling menarik adalah hadirnya 30W Flash Charger. Memanfaatkan charger ini, baterai di realme 6 Pro bisa diisi ulang dengan sangat cepat. Kami akan mencoba kemampuan 30W Flash Charger ini di pengujian kami, dan hasilnya akan kami tampilkan di bagian lain dari artikel review ini.

Desain realme 6 Pro

Mari kita mulai pembahasan smartphone baru realme ini dengan membahas desainnya. realme menyebut desain yang mereka gunakan untuk realme 6 Pro sebagai Real Design yang terinspirasi dari kilat. Desain ini mereka klaim menonjolkan aspek seni yang inovatif, dengan dua pilihan warna yaitu Lightning Blue dan Lightning Red. Untuk mendukung desain tersebut, realme menggunakan teknik cetak offset gradient UV-curing pertama kalinya di smartphone mereka.

DSCF9475

Bodi realme 6 Pro ini dibangun dengan frame metal, 3D-glass untuk sisi belakang, dan layar dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5. Smartphone ini memiliki dimensi 163.9 x 75.8 x 8.9 mm. Sementara untuk berat, smartphone ini memiliki berat sekitar 195 gram.

Di sisi kanan bodi terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai fingerprint scanner. Sementara untuk tombol kontrol volume (volume up dan volume down), realme menempatkannya di sisi kiri bodi. Masih di sisi kiri bodi, terdapat akses ke SIM Tray dari smartphone ini. SIM Tray di realme 6 Pro ini memiliki desain non-hybrid, dengan dukungan untuk dua Nano SIM dan satu Micro SD.

DSCF9722
Tombol power, sekaligus fingerprint scanner.
DSCF9726

Beralih ke sisi bawah, terdapat jack audio 3.5 mm, microphone, USB Type C, serta speaker. realme juga menghadirkan satu microphone lagi untuk smartphone ini, yang ditempatkan di sisi atas bodi. Di sisi belakang smartphone, terdapat 64 MP Quad Camera dengan 20x Hybrid Zoom yang merupakan bagian dari Ultra Six Camera yang dimiliki realme 6 Pro ini. Pembahasan mengenai kamera ini akan kami berikan di bagian lain artikel review ini.

DSCF9724 DSCF9736

Untuk layar, realme menawarkan 90 Hz Ultra Smooth Display dengan ukuran 6.6″. Layar tersebut menggunakan panel IPS, dengan resolusi 2400 x 1080 piksel, yang berarti smartphone ini menawarkan rasio 20:9, kekinian untuk smartphone di era saat ini. Sesuai namanya, layar tersebut menawarkan refresh rate hingga 90 Hz! Layar ini dikelilingi bezel dengan ukuran yang cukup tipis di sisi kiri, atas, dan kanan layar, yang diklaim realme memungkinkan mereka menawarkan screen-to-body ratio sekitar 90.6%. Terdapat earpiece di bezel atas layar, yang tentu saja digunakan saat pengguna realme 6 Pro ini menerima panggilan suara.

DSCF9746

Satu hal yang menarik, walaupun tidak disebutkan secara detail mengenai rating proteksinya, realme menyebutkan bahwa realme 6 Pro ini dilengkapi dengan tiga lapisan tahan air. Ini dimaksudkan untuk mencegah air masuk ke dalam smartphone, yang berpotensi menimbulkan kerusakan. Tiga lapisan tahan air tersebut adalah lem tahan air untuk perekat bodi, silikon gel tahan air untuk mencegah air masuk lewat lubang audio dan USB, serta cincin tahan air untuk pelindung di slot SIM card serta beberapa komponen di bagian dalam smartphone.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…