in: Reviews | March 25, 2020 | by: Friska

Review realme 6: Quad AI Camera 64MP di Harga 3 Jutaan!

Fitur Menarik Lainnya

Sama seperti halnya pada realme 6 Pro, realme 6 juga dibekali dengan Ultra Smooth Screen dengan refresh rat 90Hz. Selain mendukung refresh rate 90 Hz, 90 Hz Ultra Smooth Display ini juga menawarkan touch sample rate 120 Hz, yang seharusnya akan layar bisa lebih responsif saat menerima input sentuhan, yang bisa jadi akan banyak dirasakan manfaatnya di game.

OSIE Vision Effect ditawarkan realme di smartphone ini. Fitur ini bisa membantu meningkatkan kualitas tampilan konten di layar, mendekati apa yang ditawarkan oleh HDR. Namun, untuk saat ini, fitur ini baru didukung oleh beberapa aplikasi saja, di antaranya TikTok dan MX Player. Ada kemungkinan ke depannya, akan ada beberapa aplikasi lainnya yang turut mendapatkan dukungan yang sama.

Dark Mode tersedia di realme UI di realme 6 Pro ini, yang tentu saja berguna untuk mengubah color scheme tampilan UI menjadi warna gelap. Ada juga fitur Eye Care, yang akan membantu mengurangi intensitas cahaya biru dari layar, membuat mata tidak mudah lelah saat menggunakan smartphone ini. Eye Care ini bisa diatur agar aktif secara otomatis di waktu-waktu tertentu sesuai kebutuhan pengguna. realme juga menghadirkan realme Lab di smartphone ini, di mana pengguna bisa mencoba versi beta dari fitur yang baru dikembangkan oleh tim realme.

Sebagai kelengkapan lainnya, realme 6 dibekali dengan triple slot untuk 2 Nano SIM card dan microSD card, memiliki frekuensi 4G LTE, WCDMA, dan GSM, Wireless Network di 2.4/5GHz 802.11 a/b/g/g/n/ac, Bluetooth 5.0, serta GPS/AGPS/Glonass/Beidou. Sensor yang dimiliki realme 6 ini tergolong lengkap dengan terdiri dari sensor Magnetic Induction, Light sensor, Proximity, Gyro, dan Acceleration.

Untuk sekuritasnya, realme membekali perangkat ini dengan sensor fingerprint di sisi bodi yang merupakan pertama kalinya dihadirkan oleh realme, dengan kemampuan deteksi sidik jari hanya 0,29 detik saja untuk membuka kunci perangkat.

Realme 6 memiliki kapasitas baterai besar di 4300mAh dengan port USB Type-C, serta kemampuan Flash Charge hingga kecepatan 30W untuk pengisian ulang yang lebih cepat. Terakhir, realme 6 merupakan salah satu perangkat realme yang telah menggunakan realme UI berbasis Android 10 dengan ragam fitur dan keunggulan barunya, di mana telah didesain sedemikian rupa agar mampu memenuhi preferensi dan estetika konsumen muda.

Uji Performa

Setelah membahas tentang spesifkasi dan fitur dari realme 6, mulai dari paket penjualan, desain, spesifikasi, dan fitur menarik yang diusung, kali ini akan melanjutkan dengan pembahasan uji performa. Kami melakukan uji performa dengan menggunakan set aplikasi benchmark yang biasa kami gunakan, yaitu AnTuTu 8, Geekbench 5, 3DMark Sling Shot Extreme, dan GFXBench. Berikut ini adalah hasil benchmark dari realme 6:

Membandingkan realme 6 yang menggunakan Helio G90T dengan SoC sekelasnya, MediaTek Helio G90T mampu membuktikan bahwa SoC ini sangat mumpuni untuk bisa memberikan kinerja tinggi untuk smartphone kelas menengah. SoC ini unggul pada skor AnTuTu, walau sedikit tertinggal di Geekbench dengan perbandingan skor yang tidak jauh berbeda. Sementara untuk uji benchmark 3DMark dengan GFXBench, terlihat bahwa Helio G90T ini masih lebih dari cukup untuk bisa memberikan kinerja grafis dan performa untuk multimedia atau gaming yang mumpuni.

Performa Gaming

Setelah melihat skor hasil benchmark di atas, mari kita beralih ke uji performa untuk gaming yang sesungguhnya. Untuk tes kali ini, kami menggunakan aplikasi game PUBG Mobile, Call of Duty, Arena of Valor, dan Honkai Impact 3.

Di PUBG Mobile, konfigurasi graphics yang terbuka secara standar adalah Smooth – Ultra. Namun, karena kami yakin performa yang ditawarkan MediaTek Helio G90T bisa memberikan framerate di PUBG Mobile di atas 40 fps untuk konfigurasi Smooth, kami mencoba meng-unlock konfigurasi dan mengatur graphics di Smooth – Extreme. Hasilnya, PUGB Mobile bisa dijalankan di 56 – 60 fps dengan kondisi sensor Gyro mulus ketika dipakai bermain game ini.

Berikutnya di tes Call of Duty, konfigurasi yang kami gunakan adalah Very High, dengan frame rate kami atur pada Very High, dan semua efek dinyalakan (All Effect On). Hasil yang kami dapatkan dari konfigurasi ini, game mampu berjalan di 54 – 60 fps.

Di game Arena of Valor, konfigurasi yang kami gunakan untuk Display Quality berada di HD, dengan menyalakan Dynamic Cloud Shadow. Hasilnya, game bisa berjalan di 60 fps.

Untuk Honkai Impact 3 sendiri, realme 6 mampu berjalan di frame rate kisaran 30 – 40 fps dengan setting High.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS