in: News | April 6, 2020 | by: Friska

Layanan Streaming Musik Meningkat 32% di 2019

The Spotify App is shown in an Apple iPad mini

Harus diakui, bisnis dan layanan streaming semakin terus berkembang setiap tahunnya, dengan kini terdapat berbagai jenis layanan yang bisa dinikmati oleh para penggunanya dengan biaya yang tidak begitu besar.

Tahun 2019 lalu, berdasarkan laporan dari Counterpoint, disebut bahwa bisnis layanan streaming musik menjadi salah satu yang terbesar, dengan meningkat sebanyak 32% dengan Spotify menjadi yang nomor satu digunakan dibandingkan dengan layanan lainnya di tahun tersebut.

Spotify bertumbuh pesat dengan total market share 35% di tahun 2019, mengalahkan Apple Music dengan 19% dan Amazon Music 15%. YouTube Music yang tergolong baru masuk di dalam hitungan perkembangan streaming musik ini dengan market share 6%, dan sisanya terdapat Tencent Music dengan 11% dan lain sebagainya sebesar 14%.

Analis untuk pasar streaming musik ini mengatakan bahwa Apple mendapatkan peningkatan di tahun 2019 berkat berbagai upgrade dan peningkatan yang signifikan, sehingga berhasil menarik target pasar tersendiri. Sementara Spotify tetap kuat dalam menghadirkan berbagai konten eksklusif serta promosi dalam berlangganan berbayar. Dan YouTube Music, mengingat layanan ini masih baru, sehingga tidak mengherankan jika angka pencapaiannya masih tergolong kecil dibandingkan dengan pemain besar lainnya.

Tahun 2019 lalu, jumlah pengguna streaming musik berbayar aktif mencapai hingga 350 juta pengguna, dan ada prediksi bahwa jumlah pengguna akan kian meningkat di tahun 2020 ini.

: ,

COMMENTS