in: News | April 29, 2020 | by: Friska

Qualcomm Kenalkan Teknologi Quick Charge 3+ untuk Snapdragon 765 dan 765G

Perkembangan smartphone masa kini tidak hanya melulu masalah chipset atau kameranya saja, beragam fitur menarik lainnya juga terus dikembangkan untuk bisa memberikan sebuah perangkat mobile yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya masing-masing. Untuk menunjang hal tersebut, baterai kerap menjadi salah satu faktor penentunya, di mana selain hadir dengan kapasitas yang besar, fitur pengisian ulang yang cepat juga menjadi salah satu keunggulan tersendiri.

Qualcomm sendiri telah menghadirkan fitur Quick Charge ini sejak lama, yang semakin saat kian dikembangkan agar manajemen baterai bisa lebih maksimal. Dan baru saja, Qualcomm memperkenalkan fitur Quick Charge 3+ yang merupakan fitur pengisian ulang baterai lebih cepat dan efisien, dan dihadirkan untuk perangkat di kelas yang lebih terjangkau.

Quick Charge 3+ ini sendiri hadir di perangkat yang menggunakan chipset Snapdragon 765 dan Snapdragon 765G, dengan perangkat Mi 10 Lite Zoom menjadi yang pertama memilikinya bersama dengan fitur Quick Charge 4+.

Fitur Quick Charge 3+ ini sendiri memberikan keunggulan pengisian ulang jauh lebih cepat di nilai atau harga yang lebih murah, di mana efisiensi pengisian baterai mencapai hingga 35% lebih cepat dan 9 derajat Celcius lebih dingin dari versi Quick Charge sebelumnya. Artinya, pengisian ulang baterai dari 0% hingga 50% hanya membutuhkan waktu 15 menit saja.

Quick Charge 3+ memiliki dukungan kabel USB Type-A dan Type-C, dan bisa bekerja dengan baik dengan aksesoris yang mendukung voltase berskala dari Quick Charge 4+. Quick Charge 3+ ini telah mendukung PMIC terbaru seperti SMB1395/SMB1396, di mana artinya memungkinkan perangkat untuk tidak membutuhkan tambahan komponen eksternal chip Over Volatge Protection, sense resistor, dan lain sebagainya. Arsitektur berskalan juga memungkinkan OEM untuk memberikan tenaga pengisian daya lebih tinggi dengan implementasi software yang sama, sekaligus memberikan persyaratan sistem yang berbeda dari segi desain PCB, lokasi IC pengisian daya, dan lain sebagainya. Dan menariknya, Quick Charge 3+ ini memungkinkan perangkat untuk diisi ulang baterai secara kabel maupun wireless.

: ,

COMMENTS