in: News | May 26, 2020 | by: Friska

Chipset Samsung Exynos 880 5G Resmi Diumumkan

Setelah rumor soal chipset Exynos 880 untuk kelas menengah sempat beredar beberapa waktu yang lalu, kini Samsung resmi mengumumkan kehadiran dari chipset Exynos 880 yang telah memiliki dukungan terhadap teknologi 5G.

Dilansir dari halaman resmi Samsung, Exynos 880 ini didesain sebagai prosesor mobile untuk norma yang baru, di mana memiliki kapabilitas moden 5G serta teknologi AI yang mampu mendukung performa dan pengalaman para pengguna mobile generasi baru hanya dengan sebuah sentuhan saja.

Exynos 880 menggunakan Dual-core Cortex-A77 2.0GHz dan Hexa-core Cortex-A55 1.8GHz dengan GPU Mali-G76 MP5, NPU terintegrasi, serta memiliki modem 5G NR Sub-6GHz berkecepatan maksimal 2.55Gbps untuk download dan 1.28 Gbps untuk upload, dengan E-UTRA-NR Dual Connectivity di mana konektivitas menggabungkan antara 5G dan 4G LTE mampu mencapai hingga kecepatan 3.55Gbps untuk download dan 1.38Gbps untuk upload. Exynos 880 juga masih mampu bekerja untuk jaringan umum seperti 2G hingga 4G, juga menawarkan kecepatan download LTE hingga 1Gbps.

Selain itu, CPU octa-core serta GPU yang dimilikinya mendukung advanced graphics API untuk menawarkan proses grafis yang bertenaga tetapi juga tetap efisien. Selama performa CPU ditingkatkan, loading time juga dikurangi, render 3D memungkinkan untuk memberikan visual grafis yang memukai di framerate tinggi. Chipset ini sendiri mampu mendukung layar dengan resolusi FHD+ dengan maksimal resolusi 1080 x 2520 pixel.

Exynos 880 memiliki teknologi AI yang mampu membantu secara virtual dalam memberikan peningkatan di beberapa fitur, misalnya dari segi kamera. Chipset ini sendiri telah memiliki NPU (Neural Processing Unit) dan DSP (Digital Signal Processor) untuk AI on-device, artinya waktu respon akan jadi lebih cepat dan keamanan ditingkatkan. ISP (Image Signal Processor) pada chipset mampu mendukung setup tiga kamera beresolusi maksimal 64MP dioptimalisasikan dengan AI untuk bisa melakukan proses gambar terutama foto wajah seseorang. Sementara untuk video, Exynos 880 mendukung multi-format codec 4K 30fps dengan HEVC, H.264, dan VP9. Kelengkapan lainnya meliputi konektivitas Bluetooth 5.0, Wi-Fi, FM Radio, hingga dukungan 4-mode GNSS yang mendukung GPS, GLONASS, BeiDou, dan Galileo.

Belum diketahui perangkat Samsung mana yang nantinya akan menggunakan Exynos 880 tersebut untuk ke depannya, walau ada bocoran bahwa perangkat vivo Y70s yang diproduksi untuk pasar smartphone Tiongkok akan menggunakan chipset ini.

: ,

COMMENTS