in: News | May 12, 2020 | by: Friska

Smart Speaker Karya Anak Bangsa, Widya Wicara, Diperkenalkan

Pada hari Selasa (12/5), PT Widya Informasi Nusantara memperkenalkan sekaligus meluncurkan perdana kehadiran produk smart speaker besutannya, Widya Wicara, sebagai smart speaker yang dikembangkan oleh anak bangsa. Menggunakan AI dan NLP, Widya Wicara memiliki kemampuan smart speaker dengan beragam fitur unggulan.

Widya Wicara yang berbentuk kotak ini memiliki dimensi 95 x 95 x 180 mm dilengkapi dengan 12 buah lampu LED, 6 buah microphone, berkonektivitas Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi 2.4G IEEE 802.11 b/g/n. Speaker memiliki power sekitar 5W*2 dengan output 3W*2 dengan frekuensi 150Hz – 18Khz (±6dB). Sementara untuk kapasitasnya, memiliki storage internal 8 GB untuk dimasukan beragam lagu yang dapat diputar saat smart speaker offline dari internet, berdaya 12V/1.5A serta frekuensi 50 / 60Hz 0.6A. Saat ini, smart speaker hanya bisa menyala dengan kabel charging karena belum memiliki baterai tanam, walau juru bicara dari Widya Wicara, menyebutkan kemungkinan smart speaker selanjutnya yang menggunakan baterai tanam.

Selayaknya sebuah smart speaker yang beredar saat ini, Widya Wicara dibekali dengan Artificial Intelligence dan Neutral Language Processing yang memungkinkan smart speaker untuk dapat memproses pertanyaan serta perintah sura para penggunanya dalam bahasa Indonesia. Smart speaker ini memiliki berbagai fitur menarik seperti mendengarkan musik, radio yang terhubung dengan ribuan jaringan radio seluruh Indonesia, memutar podcast, informasi kesehatan, fitur religi, fitur berita, ramalan cuaca, kalender, audiobook, penunjuk jam, alarm, reminder, kalkulator, hingga fitur unik seperti bermain kuis, horoskop, hingga tanya jawab.

Smart speaker Widya Wicara ini dapat diaktifkan dengan perintah awal “Hai Widya” atau “Halo Widya”, dan saat ini hanya bisa dihubungkan dengan smartphone Android melalui aplikasi Widya Wicara yang bisa diunduh lewat Google Play Store. Versi iOS akan menyusul di masa mendatang.

Handlee Susanto sebagai Chief Marketing Officer dari PT Widya Informasi Nusantara menyebutkan bahwa kehadiran smart speaker ini bisa menjadi sahabat dekat untuk masyarakat secara luas, tanpa terbatasi oleh usia.

“Selain bisa menjadi sahabat, Widya juga selalu berusaha untuk membiasakan penggunanya untuk berinteraksi dengan teknologi berbasis suara. Hal ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem kegiatan sehari-hari yang bersinergi dengan Widya. Untuk itulah Widya berkolaborasi dengan beragam aplikasi digital untuk bisa menyajikan konten lokal yang kredibel dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Kami merancang Widya untuk semakin pintar seiring dengan waktu, dan berharap agar Widya mampu mencerdaskan bangsa dengan memberikan beragam akses informasi yang berguna.”

Widya Wicara ini sudah dijual secara online dengan harga Rp 1.499.000 dengan warna pilihan Hitam dan Putih.

: ,

COMMENTS