in: News | June 8, 2020 | by: Friska

MicroSD untuk Smartphone: Makin Penting

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin pesat, dan bukan hal yang mengherankan lagi jika sebuah smartphone kini semakin canggih juga. Tidak sedikit juga brand yang akhirnya menawarkan smartphone tidak hanya untuk sekedar alat komunikasi saja, tetapi juga sebagai perangkat multimedia di mana pengguna bisa menikmati konten hiburan sekaligus menggunakannya sebagai sarana pengambilan foto dan video.

Biasanya, apa saja hal yang dilakukan oleh para pengguna smartphone saat ini dengan perangkatnya masing-masing? Secara garis besarnya, bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Social Media & Instant Messaging: ukuran aplikasi media sosial atau instant messaging relatif kecil, namun tetap membutuhkan ruang storage terutama karena banyaknya konten multimedia yang kita bisa dapatkan dari aplikasi-aplikasi tersebut.
  • Gaming: seiring dengan perkembangan jaman, banyak game yang menawarkan grafis kualitas tinggi sehingga kapasitas storage yang dibutuhkan untuk menampung seluruh data tersebut tidak bisa dibilang sedikit.
  • Foto & Video: fitur kamera dari smartphone saat ini sudah semakin canggih, dengan sudah mumpuni untuk merekam kualitas hingga 4K, tentunya akan membutuhkan kapasitas yang tidak kalah tinggi untuk bisa menyimpannya.
  • Multimedia: tidak hanya menyimpan file multimedia sendiri, sudah banyak juga berbagai layanan streaming online yang menawarkan fitur unduh file (musik atau video) untuk disimpan di dalam smartphone demi kemudahan akses secara offline. Hal ini, lagi, membutuhkan kapasitas yang tidak sedikit.
  • Produktivitas: menggunakan smartphone untuk mendukung produktivitas pekerjaan bukan hal yang jarang dilakukan, dan untuk kebutuhan yang satu ini, ruang storage besar pun diperlukan, karena adanya kemungkinan kita harus berurusan dengan file-file besar untuk mendukung pekerjaan

Mengandalkan Kapasitas Internal Smartphone, Cukup?

Tapi tentu saja, imbas dari berbagai aktivitas yang dilakukan di smartphone tersebut akan menyita begitu banyak kapasitas storage. Demi menanggulangi masalah ini, brand smartphone berbondong-bondong mengeluarkan produk smartphone dengan internal storage yang juga semakin besar, mulai dari 64 GB hingga mencapai 1 TB. Tapi perlu diingat, tidak semua pengguna bisa merogoh kantong demi membeli smartphone dengan kapasitas internal storage 1 TB tersebut, sehingga umumnya kapasitas 64 GB dan 128 GB yang sering menjadi incaran sebagian masyarakat.

Namun, apakah kapasitas tersebut tergolong cukup untuk menampung seluruh data foto, video, hingga beragam aplikasi media sosial dan gaming dengan ukuran size yang semakin besar? Untuk mereka yang sering mengambil foto dan video, dengan resolusi dan kualitas yang tinggi, pastinya kapasitas internal 128GB tersebut masih dinilai kurang cukup untuk bisa menunjang seluruh data tersebut.

Solusi: Menambahkan Kapasitas Storage dengan MicroSD Card

Jika kapasitas storage smartphone yang digunakan dirasa masih belum cukup untuk menunjang segala kebutuhan penyimpanan data, selain memindahkan foto dan video secara eksternal ke tempat penyimpanan lain, pengguna bisa memakai microSD card sebagai salah satu solusinya. Selain memiliki beragam jenis kapasitas, beberapa jenis dan kelas microSD card ada yang didesain untuk memiliki kecepatan Baca/Tulis (Read/Write) untuk akses data yang lebih cepat, terutama untuk para pengguna profesional yang membutuhkan akses foto atau video lebih cepat.

Salah satunya, MicroSD Kingston Canvas Go! Plus yang didesain untuk bisa menampung segala data tidak hanya untuk smartphone Android saja tetapi juga bisa dipasang di action cam, drones, hingga kebutuhan produksi video kualitas 4K. MicroSD yang merupakan kelas 10, UHS-I, U3, V30, A2 ini memiliki kecepatan transfer mencapai hingga 170MB/s untuk Read dan hingga 90 MB/s untuk Write, tentunya akan memudahkan para penggunanya dalam melakukan akses hingga pemindahan data tertentu ke microSD card, alih-alih masih menggunakan internal storage.

Besar kapasitas storage eksternal yang dibutuhkan untuk smartphone tentu saja akan bervariasi tergantung dari penggunaannya, jadi pastikan untuk selalu mengecek terlebih dahulu opsi dan varian dari brand microSD tertentu, dan lihat apakah smartphone yang digunakan sudah mendukung kapasitas yang besar tersebut. Untuk Kingston Canvas Go! Plus, terdapat pilihan kapasitas mulai dari 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Semakin besar kapasitas yang ditambah, tentunya akan semakin mempermudah pengguna dalam menyimpan data pada smartphone-nya.

Hal Lain yang Perlu Diingat Terkait Penyimpanan Data Smartphone

Setelah memiliki microSD card untuk penyimpanan kedua di smartphone, lalu apa lagi? Ya, tentu saja memindahkan data foto atau video ke microSD card yang sudah dipasang. Namun ada beberapa hal di mana pengguna masih lupa lakukan ketika sudah memakai microSD card untuk smartphone miliknya. Di antaranya sebagai berikut:

1. Mengubah Pengaturan Lokasi Simpan Hasil Tangkapan Kamera ke Storage Eksternal

Untuk mengatur fitur Kamera utama dari smartphone untuk menyimpan segala foto dan video yang dibuat untuk ditaruh di storage eksternal, bukan di internal lagi. Sehingga, salah satu tips yang bisa dilakukan supaya internal storage tidak cepat penuh adalah mengubah pengaturan penyimpanan data foto dan video yang diambil oleh kamera agar disimpan di storage eksternal.

2. Memindahkan Data Aplikasi dan Unduh ke Storage Eksternal

Berbagai aplikasi media sosial hingga gaming bisa juga dipindahkan datanya untuk disimpan di storage eksternal secara manual, karena tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke storage eksternal. Sebagai contoh, di smartphone Samsung Galaxy Note 10+, pemindahan aplikasi secara manual harus melalui pengaturan Apps, Storage dan kemudian memindahkan lokasi Storage ke SD Card. 

Untuk beberapa aplikasi penyedia layanan streaming video atau musik seperti Netflix atau YouTube, biasanya mereka memiliki opsi penyimpanan data unduh (download) ke storage internal atau ke SD card.

3. Mengubah Lokasi Simpan Hasil Unduh dari Google Chrome ke Storage Eksternal

Bagi mereka yang menggunakan browser Google Chrome sebagai browser utama mereka di smartphone, bisa juga mengatur fungsi “Download” pada browser agar menyimpan file yang diunduh selama proses browsing berlangsung bisa ditaruh ke storage eksternal untuk menghemat kapasitas storage internal yang digunakan.

Untuk data gaming dan aplikasi lainnya, memang lebih baik ditaruh di dalam storage internal ketimbang storage eksternal untuk mencegah akses dan loading game yang kelewat lama dari biasanya jika ditaruh seluruhnya secara eksternal.

Selamat mencoba!

: , , ,

COMMENTS