in: Reviews | June 16, 2020 | by: Friska

Review realme X3 SuperZoom

Hasil Kamera

Kamera utama dari realme X3 SuperZoom, yang merupakan salah satu fitur yang diunggulkan dari smartphone ini, bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • 64 MP Ultra High Resolution Wide-Angle Camera (26 mm)
    Samsung Isocell GW1, 6P Lens, f/1.8, FoV 78.6°8 MP Ultra Wide Angle (16 mm) 5P Lens, f/2.3, FoV up to 119°
  • 8 MP Periscope Lens (124 mm)
    f/3.4, 5x Optical Zoom
  • 2 MP Macro Lens
    f/2.4, focus distance 4 cm

Kamera utama yang dilengkapi dengan LED Flash ini memiliki dukungan untuk perekaman video hingga resolusi  4K@30/60 fps, 1080p@30/60 fps, dan 720p@30 fps. Sementara untuk  Slow Motion, perangkat mendukung untuk kualitas 1080p@240 fps, 720p@480 fps, dan 720p@960 fps.

Fitur utama dari kamera utama realme X3 SuperZoom ini juga beragam, mulai dari Ultra Steady & Ultra Steady Max, Starry Mode untuk foto langit malam yang lebih maksimal menggunakan ultra long exposure & multi frame synthesis, Super Nightscape 4.0 dengan AI Super Nightscape, dan tentu saja Expert/Pro Mode dan 64 MP Mode.

Hasil tahapan kamera utama menggunakan persicope zoom hingga 5x optical zoom dan hybrid zoom 60x bisa dilihat sebagai berikut:

1x
2x
5x
10x
60x

Hasil Foto Kamera Macro:

Hasil foto malam hari:

Sementara untuk kamera selfie, realme X3 SuperZoom menyediakan dalam setup dual camera di mana memiliki resolusi 32 MP Dual In-Display Selfie menggunakan sensor Sony IMX616, 5P Lens, f/2.5, FoV 80.4° + 8 MP Ultra Wide Angle (5P Lens, f/2.2, FoV 105°). Kamera selfie ini bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080P@30 fps, dan 720p@30 fps,  di mana realme sudah menyediakan fitur Ultra Steady juga untuk kamera selfie tersebut. Beberapa contoh hasil tangakap kamera selfie dari realme X3 SuperZoom bisa dilihat di bawah ini.

Hasil kamera selfie biasa:

Hasil kamera selfie Ultra Wide:

Hasil kamera utama standar:

Hasil kamera utama ultra-wide:

Kesimpulan

Sebagai penerus dari realme X2 Pro, realme X3 SuperZoom menawarkan beragam peningkatan signifikan dan fitur yang menarik. realme X3 SuperZoom mengandalkan kemampuan kameranya dengan 5x optical zoom dan 60x SuperZoom, berdaya tahan baterai yang baik dipadukan charging yang cepat, dan layar refresh rate 120Hz didukung HDR. Walau sayangnya, realme X3 SuperZoom belum memberikan rating IP untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air, ketidak adaan slot audio jack 3.5mm, serta slot untuk microSD card tambahan kemungkinan akan menyulitkan beberapa penggunanya. Tapi dengan kapasitas internal yang cukup besar, seharusnya microSD card tambahan sendiri tidak menjadi sangat urgent sifatnya. Di rentang harga yang ditawarkan oleh realme, realme X3 SuperZoom bisa menjadi alternatif sangat menarik untuk dimiliki, terutama jika penggunanya ingin sebuah smartphone flagship lebih terjangkau dengan ragam fitur premium dan kamera sangat mumpuni.

(+/-)

  • Tidak ada IP Rating untuk ketahanan terhadap air/debu, tapi memang di kelas harga realme X3 SuperZoom ini sekarang jarang ada smartphone yang menawarkan IP Rating
  • Tidak ada jack audio 3.5 mm, mungkin akan disayangkan sebagian orang, tapi sekarang mulai banyak juga yang terbiasa dengan TWS
  • Tidak ada slot Micro SD, sehingga praktis tidak ada opsi menambah kapasitas storage smartphone. Tapi, perlu diingat kalau kapasitas yang ditawarkan sudah 256 GB, yang seharusnya sudah terbilang besar.
  • Spesifikasi layar tidak termasuk “mewah”, dengan pengecualian refresh rate 120 Hz, tapi tampilan yang diberikan sudah terbilang bagus, dan HDR pun sudah bisa dinikmati walaupun belum mencapai standar sertifikasi (HDR10), dll.

(+) Kelebihan

  • Performa tinggi, bahkan dengan SoC premium keluaran tahun lalu pun performanya masih terbilang sangat mumpuni untuk saat ini
  • Layar 120 Hz, dengan opsi pengaturan otomatis untuk refresh rate untuk mengurangi pemborosan baterai
  • Daya tahan baterai baik
  • Charging terbilang cepat, dengan charger 30W sudah tersedia di paket penjualan
  • Kamera memiliki kualitas yang terbilang baik
  • Kamera Periscope dengan 5x optical zoom dan 60x SuperZoom

Harga: Rp 7.999.000

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS