in: Reviews | June 18, 2020 | by: Friska

Review Redmi Note 9 Pro: Lengkap dan Kencang Di Harga Rp 3 Jutaan

Awal bulan Juni 2020, Xiaomi akhirnya merilis secara resmi perangkat smartphone barunya untuk pasar smartphone di kelas menengah, yaitu Redmi Note 9 Pro. Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang Redmi Note 9 Pro, di mana selain dilengkapi baterai yang besar, Redmi Note 9 Pro juga disertai NFC, Infrared, kamera 64 MP dan segudang fitur menarik lainnya.

Desain dan Spesifikasi

Xiaomi memberikan desain “Stylish Symmetrical” pada Redmi Note 9 Pro dengan terdapat pilihan warna berupa Glacier White, Interstellar Grey, dan Tropical Green. Bodi belakangnya bermaterial “kaca” dengan telah dilapis Corning Corilla Glass 5, sementara material untuk bingkainya adalah plastik.

Smartphone yang berdimensi 165,75 x 76,68 dan 8,8 mm dan memiliki bobot 209 gram memiliki tombol Volume Up & Down dan tombol Power yang berfungsi ganda sebagai fingerprint scanner pada bagian sisi kanannya, sementara sisi kirinya terdapat slot untuk SIM card yang terdiri dari triple slot tray untuk 2 SIM + 1 microSD card. Untuk sisi atasnya, terdapat microphone dan IR Blaster yang merupakan ciri khas smartphone Xiaomi sejak dulu, serta sisi bawahnya terdapat headphone jack 3.5mm, port USB Type-C, microphone, dan speaker.

Setup kamera utama dari Redmi Note 9 Pro ini terdiri dari empat buag kamera yang disusun dalam modul persegi yang sedikit menonjol dibandingkan permukaan bodi utamanya, sementara kamera selfie yang berada di sisi tengah atas layar utamanya berbentuk punch hole di mana ketika digunakan untuk membuka aplikasi video atau multimedia lainnya, terdapat pengaturan untuk menghilangkan notch agar tidak mengganggu aktivitas. Pada sisi atas layar dekat dengan speaker receiver untuk menelepon, terdapat LED notification yang berukuran kecil.

Layar utama dari Redmi Note 9 Pro ini berikuran 6,67 inch Dot Display dengan resolusi 2400 x 1080 piksel FHD+, panel IPS dengan refresh rate 60 Hz, color gamut NTSC 84% dan brightness 450 nits. Layarnya sendiri telah memiliki sertifikasi TUV Rheinland low blue light untuk melindungi mata para penggunanya, dan sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Spesifikasi dasarnya sendiri, Redmi Note 9 Pro dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 720G dengan fabrikasi 8nm FinFet, yang terdiri dari 2x Kyro 465 Gold 2.3 GHz (Cortex A76) dan 6x Kyro 465 Silver 1.8 GHz (Cortex A55), serta dilengkapi GPU Adreno 618. RAM sebesar 8 GB LPDDR4X, dengan storage internal 128 GB UFS 2.1, dan kapasitas baterainya sebesar 5020mAh yang telah didukung Fast Charging 30W.

Kamera utama yang terdiri dari empat buah kamera ini memiliki resolusi 64 MP f/1.89 + 8 MP f/2.2 Ultra Wide-Angle + 6 MP f/2.4 Macro + 2 MP f/2.4 Depth. Sementara kamera selfie-nya memiliki resolusi 16 MP f/2.48, 5P lens, Fixed Focus. Kamera utama dari Redmi Note 9 Pro mampu merekam video hingga kualitas 4K di 30fps, memiliki EIS dan bisa Manual Video.

Konektivitas yang didukung terdiri dari 4G LTE, WiFi 2.4 GHz/5 GHz, Bluetooth 5.0, IR Blaster, dan NFC. Sensor yang dimiliki oleh perangkat ini tergolong lengkap, dengan telah terdapat Accelerometer, Light, Orientation, Proximity, Gryo, dan lain sebagainya. Redmi Note 9 Pro ini sudah berjalan di MIUI Global 11.0.1 yang berbasis Android 10.

Paket Penjualan

Isi dari paket penjualan yang ditawarkan oleh Redmi Note 9 Pro ini tergolong lengkap, dengan satu box penjualannya terdiri dari:

  • 1 unit Redmi Note 9 (sudah terpasang anti gores)
  • adapter charger 33W
  • kabel USB Type-C
    soft casing
  • dokumen dan petunjuk penggunaan
  • SIM ejector
  • kartu ucapan terima kasih dari Alvin Tse (Country Director Xiaomi Indonesia)

Tes Performa

Untuk menguji performa Redmi Note 9 Pro secara keseluruhan, kami menggunakan set benchmark yang biasa kami gunakan ketika menguji sebuah smartphone. Adapun benchmark yang kami gunakan terdiri dari AnTuTu 7/8, Geekbench 4/5, 3DMark Sling Shot Extreme, serta GFXBench. Hasil dari skor tersebut bisa disimak lewat screenshot berikut ini:

AnTuTu 7

AnTuTu 8

Geekbench 4

Geekbench 5

3DMark Sling Shot Extreme

GFXBench

Tes Gaming

Selain menguji performanya secara garis besar, kami juga turut menggunakan Redmi Note 9 Pro ini untuk memainkan game-game mobile dengan pengaturan yang spesifik. Untuk hasil yang kami temukan adalah sebagai berikut:

  • PUBGM (Graphics Smooth, Frame Rate Ultra): 55-60 fps
  • Call of Duty (Graphics Very High, Frame Rate Very High, All Effects On): 57-60 fps
  • Arena or Valor (HD Display Ultra, Display Quality Medium+, Particle Quality Medium): 60 fps
  • Honkai Impact 3 (Video High, All Effect Off): 27-45 fps
  • Black Desert Mobile (Effects High, Resolution Max Settings, Texture High): 38-45 fps
  • PES 2020 (Graphics Standard, Frame Rate 60 fps): 58-60 fps

Kamera

Aplikasi kamera bawaan yang diberikan pada Redmi Note 9 Pro tergolong cukup lengkap, dengan UI menu yang cukup sederhana sehingga tidak terlalu sulit untuk mempelajari kembali seperti apa fitur-fitur kamera yang diberikan oleh Xiaomi pada perangkat ini. Untuk hasil foto kamera utamanya, bisa dilihat pada galeri berikut ini:

Sementara untuk hasil kamera selfie, bisa dlihat berikut ini:

Tes Baterai

Salah satu hal yang diunggulkan dari Redmi Note 9 Pro adalah baterainya yang tergolong besar di 5020mAh. Tapi seberapa lama daya tahan baterainya untuk bisa digunakan nonstop? Pengujian baterai pertama dengan menggunakan Video Playback di kualitas 720p, hasilnya smartphone mampu bertahan hingga 27 jam 40 menit.

Tes berikutnya dengan menggunakan smartphone untuk bermain game selama 30 menit, yaitu bermain game PUBGM. Hasilnya, dalam penggunakan gaming selama 30 menit tersebut, baterai hanya berkurang sebanyak 6%.

Dan untuk chargingnya, Xiaomi sudah memberikan adapter charger 33W dengan smartphone Redmi Note 9 Pro ini sendiri sudah mendukung fast charging hingga 30W. Hasilnya, untuk mengisi ulang baterai 5020mAh miliknya, smartphone hanya membutuhkan waktu selama 1 jam 30 menit saja.

Suhu Kerja

Pengujian berikutnya adalah mengukur suhu kerja dari smartphone ketika digunakan. Kami memakai CPU Throttling Test selama 30 menit untuk melihat kisaran suhu smartphone dengan menggunakan alat bantu FlirONE. Dari hasil temuan kami, layar pada smartphone memiliki suhu kerja kisaran 39-45 derajat Celcius, sementara bagian bodi belakang sekitar 38-40 derajat Celcius. Sementara performa CPU ketika diuji menggunakan benchmark CPU Throttling Test menunjukkan angka stabil di 92% ketika berjalan selama 30 menit tersebut.

Harga

Redmi Note 9 Pro memiliki dua varian, di mana varian RAM 6 GB storage 64 GB dibanderol Rp 3.399.000, sementara RAM 8 GB storage 128 GB dihargai Rp 3.799.000.

Simak pembahasan lebih lengkap kami di video berikut ini:

: , ,

COMMENTS