in: Reviews | June 11, 2020 | by: Friska

(VIDEO) Preview Realme X3 SuperZoom: Kenapa Pakai Layar dengan Refresh Rate Tinggi 120Hz?

Dalam pembahasan kali ini, Tim Jagat Gadget akan membahas lebih ke pada layar dengan refresh rate tinggi yang kerap ditemui di sejumlah smartphone terbaru masa kini, terutama apa efek dari refresh rate hingga 120Hz itu sendiri dengan menggunakan realme X3 SuperZoom terbaru yang akan mengusung layar 120Hz tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut, sesungguhnya hal apa saja yang umumnya diperhatikan ketika mencari sebuah smartphone baru? Kebanyakan pasti akan membahas soal spesifikasi utamanya, seperti chipset yang digunakan, besar RAM dan kapasitas storage, dan tidak ketinggalan juga besar kapasitas baterainya. Hal lain yang juga menjadi perhatian utama adalah dari segi kameranya, di mana aspek ini umumnya sering ditanyakan ketika seseorang ingin membeli smartphone baru belakangan ini.

Tidak ketinggalan juga, banyak orang yang memperhatikan beragam detil kecil lainnya yang menjadi unggulan sebuah smartphone, seperti misalnya fitur fast charging, konektivitas NFC, hingga slot Dual SIM. Dan beberapa waktu belakangan ini juga, layar nampaknya semakin sering diperhatikan oleh para pengguna samrtphone, terutama dari segi ukurannya, panel yang digunakan, brightness, color gamut, dan lain sebagainya.

Nah, berbicara soal layar, semakin banyak juga yang mulai memperhatikan satu aspek dari layar sebuah smartphone, yaitu refresh rate. Tapi refresh rate itu sendiri apa?

Apa Itu Refresh Rate?

Pengertian dari refresh rate ini sendiri bisa dijabarkan sebagai berapa kali layar “digambar ulang” dalam satu detik. Umumnya diukur dengan satuan Hz/Hertz. Jadi, semakin tinggi refresh rate yang dimilikinya, berarti layar lebih sering “digambar ulang” dalam satu detik tersebut, dan efek yang mungkin dirasakan dengan refresh rate yang tinggi ini adalah bagaimana pergerakan atau motion yang dimiliki sebuah layar tersebut menjadi lebih mulus atau smooth.

Standar yang dianggap “umum” selama ini, refresh rate layar smartphone itu 60 Hz, di mana ini artinya layar “digambar ulang” sebanyak 60x dalam satu detik. Sementara sekarang, sudah semakin banyak bermunculan smartphone dengan refresh rate 75 Hz, 90 Hz, bahkan 120 Hz.

Kenapa Refresh Rate Ini Penting?

Refresh rate ini menjadi semakin penting untuk hadir di dalam smartphone karena memungkinkan gerakan di layar menjadi terasa lebih smooth, teks atau obyek bergerak juga akan mudah dilihat karenanya motion blur berkurang. Dan yang penting bagi gamer, refresh rate ini akan membuka kemungkinan sebuah game dijalankan di framerate yang lebih tinggi.

realme X3 SuperZoom

Salah satu smartphone terbaru yang akan rilis tidak lama ini, yang memiliki layar dengan refresh rate 120Hz, adalah realme X3 SuperZoom. Smartphone flagship selanjutnya yang merupakan seri selanjutnya dari realme X series ini mengusung chipset Snapdragon 855+ dengan kamera periscope SuperZoom 60x.

 

Mau tahu lebih lanjut seperti apa bedanya layar 120Hz dengan 60Hz? Simak untuk informasi selengkapnya di video berikut ini:

: , ,

COMMENTS