in: News | August 25, 2020 | by: Irham

Chipset 5nm TSMC Segera Hadir di iPhone 12, 3nm Bakal Meluncur di 2022

TSMC baru saja menggelar Simposium Teknologi Tahunan, dan telah membeberkan roadmap selama dua tahn kedepan. Perusahaan chipset tersebut menyebutkan bahwa mereka telah memproduksi chipset dengan teknologi fabrikasi 5nm, yang diberi nama kode N5.

Adapun teknologi fabrikasi 5nm tersebut nantinya akan diadopsi pertama kali oleh Apple, yaitu pada seri terbaru iPhone, iPhone 12. Adapun teknologi 5nm ‘N5’ dari TSMC ini akan menggunakan teknologi EUV “secara ekstensif” dan menawarkan manfaat penskalaan node penuh.

Baca Juga: MediaTek Umumkan Dimensity 800U, Dukung 5G+5G Dual SIM Dual Standby

TSMC mengklaim bahwa proses N5 menawarkan kinerja hingga 15% lebih baik dengan daya yang sama atau bahkan lebih efisien hingga 10% dibandingkan dengan proses 7m. Peningkatan logic density mencapai 1,8x lipat dibandingkan dengan proses 7nm.

Selain mengumumkan teknologi proses 5nm, TSMC juga mengumumkan teknologi proses 3nm yang menjadi pengembangan berikutnya. Adapun untuk chipset 3nm, TSMC berencana akan memproduksinya secara massal di semester kedua 2022.

Chipset 3nm akan dibangun dengan transistor FinFET, dengan menghadirkan peningkatan kinerja 10-15% dengan konsumsi daya lebih rendah hingga 30%. Sedangkan untuk logic densitynya akan meningkat 1,7 kali lipat dari generasi 5nm. Sehingga ukuran chip 3nm akan lebih kecil lagi dari chip 5nm.

Baca JugaBerniat Jual SoC ke Huawei, Qualcomm Minta Izin Ke Pemerintah AS

Untuk chipset 3nm ini, TSMC belum mengumumkan secara detail siapa yang akan menjadi klien pertama mereka. Apalagi proses 3nm ini juga masih dalam tahap pengembangan.

: , , , , , , , ,

COMMENTS