in: News | August 14, 2020 | by: Irham

Dihapus di App Store dan Google Playstore, Bagaimana Nasib Pemain Fortnite

Baru saja beberapa waktu lalu Fortnite tersedia secara resmi di Google Playstore untuk pengguna Android, namun kini salah satu game bergenre battle royale terpopuler itu harus harus ditendang dari pasar aplikasi Google tersebut.

Bahkan ini hanya selang beberapa jam setelah sebelumnya Fortnite didepak dari layanan pasar aplikasi milik Apple yaitu App Store. Melalui akun Twitter resminya, Fortnite mengumumkan hal tersebut secara resmi.

Baca Juga: GoPlay Hadirkan Layanan Rental Film, GoPlay Rental

Pangkal dari permasalahan ini yaitu lantaran Epic Games selaku developer pembuat game Fortnite, meluncurkan layanan terbaru yang bernama Mega Drop. Melalui fitur ini, para player Fortnite bisa mendapatkan diskon senilai 20%, jika mereka melakukan pembelian V Bucks di aplikasi dan dengan pembayaran langsung ke pihak Epic Games.

Misalnya jika untuk V Bucks senilai 1000 yang biasanya dapat dibeli melalui layanan App Store dan Google Play dengan harga 10 USD, pemain bisa membelinya dengan harga hanya 8 USD jika melakukan pembayaran langsung ke Epic Games.

Hal ini dianggap melanggar perjanjian antara Epic Games dengan pihak pasar aplikasi yaitu App Store dan juga Google Play. Apple pun pertama kali mendepak Fortnite dari App Store, yang kemudian disusul oleh Google Playstore yang juga menghapus Fortnite dari daftar aplikasi.

Nasib Para Player Fortnite

Buntut dari drama antara Epic Games dengan Apple dan Google ini justru memakan korban disisi pemain. Pasalnya, para pemain Fornite akhirnya harus menganggung berapa kerugian.

Diantaranya yaitu pengguna tidak dapat mengisntal aplikasi Fortnite versi terbaru. Karena aplikasi game tersebut tidak lagi tersedia di App Store maupun Google Playstore. Akan tetapi pengguna masih tetap dapat menjalankan game yang telah terinstal pada smartphone mereka.

Untuk pengguna Android, sebenarnya para player masih bisa melakukan instalasi aplikasi yaitu dengan mengakses langsung ke website resmi Fortnite Epic Games. Namun hal tersebut tidak tersedia bagi pengguna iOS, karena pengguna tidak bisa menginstal aplikasi secara langsung, seperti APK pada android.

Baca Juga: LINE Meeting Resmi Meluncur, Bisa Panggilan Video Sampai 500 Orang

Selain itu, pemain yang menginstal aplikasi game Fortnite dari App Store (untuk pengguna iOS) dan Google Playstore (Android), kini tidak dapat lagi melakukan pembelian V Bucks. Saat melakukan pembelian, akan muncul informasi error.

Sementara itu, hingga saat ini Epic Games belum dapat berbuat apa-apa terkait masalah dengan Apple dan Google ini. Akan tetapi Epic Games membuka layanan refund bagi pengguna yang merasa dirugikan akibat kasus tersebut.

: , , , ,

COMMENTS