in: News | August 26, 2020 | by: Friska

Fitbit Sense dengan Sensor EDA Pertama di Dunia Resmi Dikenalkan

Dengan semakin sadarnya masyarakat masa kini terhadap kesehatan fisiknya, maka semakin banyak juga brand yang memproduksi beragam jenis perangkat pintar seperti wearable atau smartwatch sebagai alat bantu mereka dalam melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Fitbit sebagai salah satu brand yang populer dengan produk smartwatch miliknya, baru saja mengumumkan kehadiran Fitbit Sense yang memiliki sensor EDA (Electrodermal Activity) pertama kali di dunia.

Sensor ini berfungsi untuk bisa mengecek tingkat stres penggunanya dengan melakukan pindai terhadap telapak tangan si pengguna. Cara kerjanya cukup sederhana, pengguna hanya perlu meletakkan telapak tangan mereka di atas permukaan smartwatch, dan aplikasi EDA Scan pun akan mengukur tingkat stres berdasarkan dari deteksi listrik ringan yang terdapat pada tingkat keringat pada kulit pengguna.

Untuk hasil yang lebih maksimal, pengguna bisa mengintegrasikan sensor EDA ini dengan aplikasi baru pada Fitbit, Stress Management Score, untuk melakukan kalkulasi bagaimana tubuh di pengguna merespon tingkat stres berdasarkan dari detak jantung, aktivitas tidur serta data lainnya. Aplikasi pada Fitbit ini kemudian akan melakukan kalkulasi skor stres mulai dari 1-100, di mana semakin tinggi angkanya maka semakin rendah tingkat stres yang terdeteksi dari tubuh penggunanya.

Sementara untuk spesifikasi utamanya, Fitbit Sense memiliki seluruh fungsi smartwatch yang umum digunakan saat ini seperti notifikasi, panggilan, music player, alat bantu olahraga dan lain sebagainya. Fitbit Sense ini memiliki GPS receiver, lebih dari 20 mode olahraga, built-in speaker dan microphone untuk bisa memberikan voice command untuk virtual assistant yang terhubung dengan perangkat mobile. Smartwatch ini juga memiliki fungsi untuk contact-less payment.

Layar utamanya menggunakan panel AMOLED dengan lapisan Corning Gorilla 3 serta memiliki fitur Always-On Mode. Daya tahan baterainya bisa mencapai lebih dari 6 hari dengan fitur fast charging yang mampu bertahan seharian hanya dengan mengisi ulang selama 12 menit. Selain itu, Fitbit Sense juga memiliki resistansi air hingga kedalaman 50 meter.

Fitbit Sense ini akan dibanderol dengan harga USD 330, dan akan dijual resmi pada 25 September 2020.

: ,

COMMENTS