in: News | August 28, 2020 | by: Irham

Xiaomi Demonstrasikan Under Display Camera

Wacana mengenai teknologi kamera under display mungkin sudah banyak dibahas dalam beberapa tahun belakangan. Namun teknologi tersebut belum benar-benar terealisasikan dalam produk komersil. Dan kali ini giliran Xiaomi yang mendemonstrasikan teknologi udner display camera.

Xiaomi Under display Camera

Dalam sebuah video yang diunggah oleh VP Xiaomi melalui akun Weibo, Xiaomi mengungkap bahwa mereka tengah mengembangkan smartphone dengan teknologi kamera under display. Dan produk ini akan segera diproduksi massal dalam waktu dekat.

Baca Juga: 10 Tahun Berkomitmen, Xiaomi Hadirkan Beragam Produk Smart Living dan IoT di Indonesia

Perusahan asal tiongkok menyebutkan bahwa ini merupakan teknologi ketiga yang dibuat setelah dua versi prototype yang dikerjakan namun belum memberikan hasil terbaik. Dan versi ketiga ini akhirnya siap untuk diluncurkan untuk smartphone komersial dengan ketersediaan yang lebih luas.

Dalam postingan terpisah Xiaomi menjelaskan bagaimana teknologi tersebut bekerja. Bagian sensor kamera yang terdapat dibawah panel layar tertutupi oleh piksel transparan.

Saat kamera selfie tidak diaktifkan, piksel yang berdekatan akan menggandakan jumlah piksel di atas lingkaran kecil untuk memberikan kerapatan piksel dan akurasi warna yang sama dengan bagian yang transparan. Sementara saat kamera diaktifkan, piksel akan kembali menjadi transparan.

Xiaomi nampaknya juga telah menemukan solusi agar cahaya dari layar tidak terlalu memberikan intensitas yang terlalu tinggi pada sensor kamera, sehingga membuat kamera menjadi overeksposure.

Baca Juga: Redmi 9A Hadir Melengkapi Jajaran “Geng Jawara”

Diperkirakan teknologi ini akan diluncurkan oleh Xiaomi di tahun 2021 mendatang. Yaitu pada perangkat Mi 11 series. Namun nampaknya Xiaomi bukan menjadi yang pertama menghadirkan teknologi under display camera tersebut. ZTE dikabarkan bakal segera merilis smarpthone dengan kamera di bawah layar di tahun 2020 ini.

Perkembangan kamera selfie semakin banyak menghadirkan inovasi untuk menghadirkan layar yang lebih besar. Mulai dari notch, punch hole, hingga kamera flip. Dan yang terbaru ini adalah under display camera alias kamera di bawah layar. Semoga saja teknologi ini bisa menjadi tren terbaru dalam waktu dekat.

: ,

COMMENTS