in: News | September 16, 2020 | by: Friska

Apple Umumkan iPad Generasi ke-8 dan iPad Air Terbaru

Apple baru saja menggelar acara peluncuran dan pengumuman produk terbarunya secara online, di mana dalam ajang tersebut tablet terbaru Apple iPad Air dan iPad Generasi ke-8 diumumkan secara resmi bersama dengan seragaman produk lainnya.

iPad Air dengan Chipset A14 Bionic

iPad Air terbaru dari Apple yang diumumkan dalam Apple Event kemarin malam merupakan tablet iPad dengan desain lebih fresh dan terinspirasi dari lini produk iPad Pro. Layarnya memiliki bingkai yang lebih tipis dengan menggunakan port USB Type-C alih-alih port Lightning seperti tablet Apple pada umumnya. Dalam paket, konsumen sudah langsung mendapatkan charger dengan daya 20W.

iPad Air iPad Air

Tablet yang memiliki pilihan warna yang cukup beragam ini memiliki besar layar 10.9″ dengan display Liquid Retina dan resolusi 2360 x 1640 piksel. Dapur pacu utamanya menggunakan chipset A14 Bionic fabrikasi 5nm yang merupakan chipset terbaru dari Apple, di mana chipset yang sama ini akan mempersenjatai perangkat lini produk Apple 12 nantinya. Inti dari chipset sebanyak 6 buah dengan 2 inti merupakan inti high performance dengan 4 sisanya merupakan inti high efficiency. Performanya disebutkan naik hingga 40% dibandingkan dengan iPad Air sebelumnya, dengan performa GPU meningkat 30%.

Kamera yang diusung oleh iPad Air terbaru ini hampir sama dengan yang dimiliki iPad Pro, dengan mengusung sensor 12 MP f/1.8 yang bisa merekam video hingga kualitas 4K di 60 FPS dan Slow Motion di 240 FPS. Sementara kamera selfie menggunakan sensor 7 MP f/2.0 yang bisa digunakan untuk merekam video 1080p di 60 FPS.

iPad Air

iPad Air terbaru ini memiliki dukungan Wi-Fi 6, dual speaker, dan Apple Pencil yang dapat ditempelkan pada sisi tablet untuk melakukan pairing, charging, dan storage. Sebagai salah satu aksesoris tambahan, Apple juga berencana akan memberikan floating keyboard case. iPad Air berjalan di iPadOS 14 dan akan tersedia mulai dari harga USD 599 (Wi-Fi Only) atau USD 729 (Wi-Fi + Cellular). Tablet iPad Air ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas storage, yakni 64 GB dan 256 GB.

iPad Generasi ke-8 untuk Entry Level

Selain iPad Air, Apple juga turut mengumumkan kehadiran tablet entry-level miliknya, iPad Generasi ke-8 (Gen 8 2020) yang kini menggunakan chipset A12 Bionic dengan 6-core CPU dan 4-core GPU.

iPad 8th Generation 2020

iPad Gen 8 ini sendiri kurang lebih sama dengan pendahulunya, dengan mengusung layar 10.2″ Retina Display dan mendukung Apple Pencil serta full-sized smart keyboard. Chipset A12 Bionic yang diusungnya sendiri disebut memiliki performa CPU 40% lebih tinggi dan graphics 2x lebih cepat.

Dukungan lainnya yang dimiliki oleh iPad Gen 8 ini termasuk di antaranya teknologi Apple Neural Engine, Smart Connector, kamera 8 MP, Gigabit-class LTE, USB-C Power Adapter dan daya tahan baterai lama hingga 10 jam pemakaian. iPad entry level terbaru dari Apple ini juga akan berjalan di iPadOS 14.

iPad Gen 8 ini akan dipasarkan mulai USD 329 dengan opsi storage 32 GB atau 128 GB.

: , ,

COMMENTS