in: News | September 9, 2020 | by: Irham

Android 11 Resmi Hadir, Ini Fitur-Fitur Unggulannya

Update sistem operasi terbaru dari Android yaitu Android telah resmi hadir. Beberapa smartphone telah mendapatkan update OS tersebut. Seperti diantaranya yaitu ponsel milik Google yaitu Pixel, dan juga brand asal China yaitu Oppo. Android 11 membawa fitur – fitur baru yang cukup penting, dan belum pernah tersedia sebelumnya.

Peningkatan Fitur di Android 11

Adapun peningkatan pengalaman yang ditawarkan seperti diantaranya tampilan baru untuk percakapan pesan, dimana Android 11 akan menyediakan satu ruang khusus dibagian notifikasi, sehingga pengguna bisa melakukan percakapan lebih mudah tanpa harus bolak balik membuka aplikasi.

Selain itu fitur perekaman layar kini juga tersedia secara langsung pada OS Android 11. Seperti yang kita ketahui, saat ini biasanya untuk merekam layar kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Menariknya pengaturan perekaman layar seperti merekam suara melalui microphone maupun melalui internal smartphone kini juga telah tersedia.

Baca Juga: Cara Instal Disney+ Hotstar di Smart TV Android

Fitur Android 11

Android 11 juga menambahkan fungsi untuk tombol, seperti tombol power. Dimana pengguna bisa memutar media ke perangkat smart TV/Smart TV yang terhubung, cukup dengan menekan tahan pada tombol power.

Android 11 juga meningkatkan fitur Android Auto, yang kini dapat berfungsi secara nirkabel , selama perangkat pada mobil pintar juga telah mendukung. Dengan demikian, pengguna dapat mengemudi, tanpa terganggu kabel saat mengoperasikan hal lain seperti mengaktifkan petunjuk arah dengan sekali ketuk, meminta ponsel mengirimkan pesan teks melalui perintah suara, memutar media favorit Anda, dan mendapatkan bantuan dari Asisten Google.

Dari sisi keamanan Goole juga meningkatkannya dengan akses Izin sekali pakai untuk terhubung ke komponen sensitif, seperti kamera, microfon, dan lokasi. Adapula fitur reset otomatis untuk aplikasi yang lama tidak digunakan, serta update keamanan pada Google Play.

Smartphone yang Akan/Sudah Dapat

Android 11 akan mulai diluncurkan bertahap hari ini untuk model ponsel tertentu dari Pixel, OnePlus, Xiaomi, OPPO, dan realme. Partner-partner lain akan meluncurkan dan mengupgrade perangkat mereka dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga: Review Snapdragon 460 di Oppo A53: Hape Murah Makin Kencang

Oppo tampaknya menjadi yang pertama, sebagai produsen selain Google yang telah mendapatkan update OS tersebut, meskipun masih dalam tahap beta. Para pengguna Oppo kini telah berkesempatan mendapatkan update OS Android 11 Beta version.

Untuk melakukan pendaftaran beta version dari ColorOS terbaru ini, pengguna dapat menuju ke opsi pengaturan, kemudian memilih opsi pembaruan perangkat lunak, dan memilih ikon berbentuk segi enam yang terletak di sebelah kanan atas. Kemudian, memilih opsi Android 11 x ColorOS.

Oppo Android 11

Pengguna akan diminta mendaftarkan nomer telefon atau email mereka dan menyetujui bagian trial version must-know and privacy policy. Setelah terdaftar, pengguna tinggal menunggu OPPO menggulirkan update ColorOS berbasis Android 11 secara Over The Air (OTA).

: , , , ,

COMMENTS