in: Reviews - Wearables | September 24, 2020 | by: Irham

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya. Termasuk yang datang ke meja pengujian Jagat Review kali ini yaitu Huawei Freebuds 3i.

Freebuds 3i bisa dibilang adalah versi lebih terjangkau dari seri yang sebelumnya dirilis yaitu Freebuds 3. Uniknya, earphone TWS ini justru diklaim menawarkan kualitas audio yang lebih baik.

Seperti apa kemampuan dari Huawei Freebuds 3i sesungguhnya, simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Desain dari Huawei Freebuds 3i ini masih terlihat standar, yaitu dengan model in-ear, yang sekilas terlihat mirip seperi AirPods Pro. Yaitu dengan house driver di bagian atas, dan tungkai yang menjuntai kebawah. Tampilannya berwarna glossy, dengan pilihan warna yaitu hitam (Carbon Black) dan putih (Ceramic White). Meskipun jika diperhatikan seksama akan memiliki perbedaan pada bagian eartips.

review huawei freebuds 3i

Eartips pada huawei Freebuds 3i berbentuk pipih, yang nampaknya Huawei sengaja memberikan desain seperti ini guna meningkatkan kenyamanan saat dikenakan di telinga pengguna.

review huawei freebuds 3i

Selain itu penempatan konektor Pogo pin diletakan di bagian house bagian dalam, bukan di bagian pangkal seperti pada Airpods. Karena earphone diposisikan secara horizontal saat diletakan di dalam charging case.

Baca Juga: Review Sennheiser CX 400BT TWS: Harga Tak Bohong!

 

Di house bagian dalam juga terdapat sensor, yang berguna untuk mendeteksi apabila earphone tengah dipasang di telinga pengguna atau tidak. Karena earphone ini akan secara otomatis non-aktif saat dilepas dari telinga pengguna. Lalu di house bagian luar, terdapat touchpad yang berfungsi untuk navigasi perangkat earphone.

Sementara untuk microphone, terdapat tiga buah mic terdapat di bagian luar, pangkal ear[hone, dan juga dibagian dalam, sehingga dapat menangkap suara tanpa terhalang apapun. Di bagian pangkal, terdapat aksen berwarna chrome yang menambah kesan estetik pada perangkat.

Review Freebuds 3i Huawei

Masing-masing earbuds memiliki bobot sebesar 5,5 gram dengan dimensi 41,8 x 23,7 x 19,8 mm. Sementara charging casenya memiliki bobot sebesar 51 gram dengan dimensi 80,7 x 35,4 x 29,2 mm.

Freebuds 3i memiliki charging case berbentuk lonjong. Ini berubah dari versi sebelumnya yaitu Freebuds 3, yang memiliki charging case berbentuk bundar. Namun secara ergonomi, bentuk charging case Freebuds 3i ini terasa lebih nyaman untuk digenggam.

Review Freebuds 3i

Charging Case memiliki lampu indikator yang berada di bagian dalam dan di bagian luar. Lampu indikator luar berfungsi untuk memperlihatkan daya baterai charging case, apakah dalam kondisi penuh atau tidak. Sedangkan untuk lampu indikator dalam, berfungsi untuk memperlihatkan daya baterai pada kedua earphone.

Di dalam paket penjualannya, terdapat empat buah eartips yang dapat dipilih oleh pengguna. Yaitu dengan ukuran XS, S, M, dan L. Selain itu pada paket penjualannya juga terdapat kabel USB Type C untuk pengisian daya. Oh iya, earphone ini sudah memiliki sertifikasi IPX4, yang membuatnya cukup tahan akan cipratan air dan juga keringat pengguna.

Spesifikasi

Huawei Freebuds 3i memiliki spesifikasi yaitu dengan Dynamic driver berukuran 10mm. Ini cukup besar, sehingga diharapkan akan memberikan kualitas suara yang lebih baik dibanding earphone lain dengan driver 7mm. Tapi tentu saja ukuran driver saja tidak menjamin kualitas suara secara mutlak, ruang acoustic pada houseing juga memberi dampak pada kualitas suara.

Review Freebuds 3i

Fitur unggulan yang dihadirkan oleh Freebuds 3i yaitu Ultimate Active Noise Cancellation yang ada pada earphone, dan juga pada Microphone untuk panggilan suara. Untuk Active Noise Cancellation pada earphone, ini menggunakan frekuensi 32dB guna memblockir suara dari luar.

Baca Juga: Review ASUS AI Noise Cancelling Adapter: Langsung Senyap!

Sedangkan untuk Noise Cancellation pada microphone, ini menggunakan tiga buah micrphone yang saling terintegerasi untuk memblokir kebisingan dari luar saat melakukan panggilan telepon.

Review Freebuds 3i

Kapasitas baterai yang tersedia pada masing-masing earbuds ini yaitu 37mAh. Kapasitas ini terbilang standar untuk earphone TWS saat ini. Begitu pula dengan kapasitas daya pada charging case, yaitu sebesar 410mAh. Ini juga terbilang standar di berbagai earphone TWS saat ini.

Chipset audio yang digunakan masih sama dengan Freebuds 3, yaitu menggunakan Kirin A1.

Dukungan Codec audio yang tersedia yaitu SBC dan juga AAC untuk kualitas tinggi. Sayangnya perangkat ini belum didukung dengan Codec AptX Qualcomm yang memberikan kualitas transmisi audio yang lebih maksimal.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
: , , , ,

COMMENTS