Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Author
Irham
Reading time:
September 28, 2020

Pengalaman Penggunaan

Sebelum membahas mengenai fitur-fitur kebugaran, kami akan membahas salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Mi Smart Band 5 yaitu custom wallpaper. Sebenarnya fitur ini sudah tersedia sejak perangkat Mi Smart Band 3, dimana Pengguna bisa memilih sendiri wallpaper yang mereka inginkan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Mi Fit.

Review Mi Smart Band 5 - mi Fit

Seperti biasa, pengguna perlu memasangkan smartband ke smartphone dengan menggunakan koneksi bluetooth. Setelah itu instal aplikasi Mi Fit dan lakukan sinkronasi dengan perangkat. Untuk mengganti wallpaper, masuk ke menu “Store” lalu pilih opsi Custom yang ada di bagian atas. Ada beberapa tampilan jam dan notifikasi kebugaran yang bisa kita pilih sebelum memilih background wallpaper.

Setelah memilih tampilan, lalu tambahkan gambar background yang kalian suka dengan opsi yang ada di bagian bawah. Lalu kemudian lakukan kembali sinkronasi antara smart band dengan aplikasi Mi Fit pada smartphone, untuk mengubah tampilan wallpaper dan selesai.

Review Mi Smart Band 5

Selain itu, pada aplikasi Mi Fit kita juga melakukan pengaturan pada smartband. Salah satunya yang cukup penting yaitu fitur Wake Up, dimana pengguna hanya perlu mengangat pergelangan tangan untuk melihat info pada layar. Caranya yaitu masuk ke menu My Device, lalu piliha nama perangkat, dan klik opsi “Lift Wirst to View Info”.

Tracker

Untuk fitur tracker atau pelacakan, perangkat ini memiliki beberapa opsi baru diantaranya penambahan kategori Workout, Stress Level, dan Breathing. Smartband ini juga memiliki fitur aplikasi PAI, dimana pengguna bisa mengatur target-target dalam aktivitas kebugaran mereka.

Secara default fitur-fitur pelacakan yang tersedia ini diaktifkan secara manual, dimana pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan fungsi tracker sebelum memulai aktivitas. Misalnya untuk aktivitas workout, sebelum melakukan aktivitas bersepeda, pengguna harus membuka fitur dan memulai melakukan pelacakan.

Setelah aktivitas berakhir, pengguna juga harus menekan tombol end pada perangkat smartband. Namun pengguna bisa melakukan pelacakan secara otomatis, yaitu dengan mengaktifkan “Detect Activity” yang ada pada menu Settings. Dengan mengaktifkan fitur ini, smartband akan secara pintar mengenali aktivitas yang sedang dilakukan oleh pengguna.

Kami mencoba mode Workout>Walking, untuk menguji akurasi pelacakan perangkat ini. Kami membandingkan dengan smartband lain untuk mengetahui apakah jumlah pelacakan langkahnya cukup akurat.

20200924 081949

Ternyata diantara kedua smartband yang kami gunakan menunjukan jumlah langkah yang masih relatif tak jauh berbeda. Hanya ketiga smartband ini memiliki perbedaan sekitar 100 langkah, dan Mi Smart Band 5 menampilkan angka yang ada di pertengahan.

Fitur Stress Level tampaknya cukup dibutuhkan oleh pengguna apalagi disaat melakukan aktivitas WFH seperti sekarang ini. Jangan sampai bekerja berlebihan hingga stress yang nantinya bisa mengurangi daya tahan tubuh. Dengan memanfaatkan fitur stress level, kita bisa mengetahui kapan kita perlu berisitrahat.

review Mi Smart Band 5
HR
review Mi Smart Band 5
Stress level

Fitur ini mirip dengan Heart Rate, yaitu pengguna cukup menekan tombol Stress Level dalam kondisi berdiam untuk mengijinkan smartband melakukan pemindaian level stress pada pengguna. Fitur ini juga memanfaatkan sensor HR untuk mengambil data sekitar 1-2 menit, yang nantinya menentukan apakah stress level pengguna sedang tinggi atau tidak. Sedikit berbeda dengan pengukuran Heart Rate, yaitu hanya pada durasi yang mungkin lebih lama.

Baca Juga: Mi TV Stick Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp 400 Ribuan

Selain Stress level, ada juga fitur Breathing, yang berfungsi untuk merelaksasi pengguna. Setelah mengetahui stress level, kita tentunya perlu melakukan sesuatu agar mengurangi stress level kit. melakukan pernafasan secara teratur selama beberapa detik, cukup efektif menurunkan stress level. Dengan fitur ini, pengguna akan diberi instruksi untuk melakukan pernapasan inhale dan exhale secara berulang selama beberapa kali.

Mi Smart Band telah mendukung sertifikasi ketahanan air 5 ATM sehingga kita tidak perlu khawatir saat menggunakannya untuk aktifitas sehari-hari seperti mandi mencuci tangan dan lain-lain, karena perangkat ini bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 50 meter.

Baterai

Daya tahan baterai yang ditawarkan terbilang cukup awet. Untuk pemakaian sehari-hari dimana smartphone terkoneksi dengan smartphone, smartband ini bisa bertahan sekitar 10 hari. Yaitu dengan rata-rata konsumsi baterai sekitar 10% per-hari saat pengujian review Mi Smart Band 5 ini.

review Mi Smart Band 5

Sementara untuk pemakaian tanpa terhubung smartphone, smartband ini bisa bertahan dengan masa pakai sekitar 20 hari. Untuk penggunaan dengan mengaktifkan pendeteksi aktivitas, smart band ini akan memiliki konsumsi baterai yang lebih banyak.

review Mi Smart Band 5

Sedangkan untuk pengisian dayanya, smartband ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk pengisian daya. Pengisian ini terbilang standar untuk perangkat wearable. Tentunya karena belum didukung dengan modul pengisian daya cepat, untuk perangkat-perangkat yang ukurannya yang kecil seperti ini. Pengisian daya menggunakan pin pogo magnetik.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Pengoperasian Nah untuk pengoperasian, biasanya pengguna akan mulai dengan mengoperasikan…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Spesifikasi SoC: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Ya, smartphone ini…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Spesifikasi Internal Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm TSMC) RAM…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Spesifikasi SoC: MediaTek Helio G99 Ultimate Untuk yang bertanya-tanya, ini…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Pengalaman Penggunaan Pairing/Aplikasi Smartphone Untuk menghubungkan earbuds CMF Buds Pro…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Pengalaman Penggunaan Razer Kishi V2 membutuhkan aplikasi tambahan yang disebut…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Pengujian Wireless Charging Kita tes powerbank ini dengan iPhone 13…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…