in: News | October 1, 2020 | by: Irham

Pixel 5 Resmi Meluncur, Bawa Spesifikasi Ponsel 5G Kelas Menengah

Google akhirnya resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka yaitu Google Pixel 5. Meski tidak hadir bersama model XL, seperti pada generasi-generasi sebelumnya, namun Pixel 5 menjadi debut pertama Google untuk ponsel pintar yang mengusung spesifikasi jaringan 5G.

Google juga telah membekali Pixel 5 dengan OS terbaru mereka yaitu Android 11. Dan smartphone ini sepertinya membawa cukup banyak perubahan dari generasi sebelumnya.

Spesifikasi Pixel 5

Pixel 5 tampil sebagai smartphone dengan desain body tahan air, yaitu dengan sertifikasi iP68. Body perangkat menggunakan material Aluminium, namun memiliki tekstur pada bagian belakang, sehingga memberi grip yang baik di genggamaan pengguna.

Beralih ke spesifikasi, layar pada Pixel 5 juga masih dengan ukuran yang tidak begitu besar yaitu dengan diagonal  6,0 inci. Sedikit lebih besar dari Pixel 4 yang menggunakan layar 5,7 inci, namun tetap dengan resolusi 1080p. Layar ini juga sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz.

Baca Juga: Hands-On Samsung Galaxy Z Fold2: Mevvah.

Spesifikasi Pixel 5

Tak seperti seri sebelumnya yang menggunakan SoC kelas tertinggi dari Qualcomm Snapdragon, Pixel 5 datang dengan SoC 5G kelas menengah premium yaitu Snapdragon 765G. Tapi sepertinya SoC ini sudah cukup untuk mengakomodir aspek yang ditonjolkan oleh Google untuk Pixel 5, yaitu kamera.

Pixel 5 akhirnya juga meninggalkan sensor kamera telefoto, menggantikannya dengan kamera ultra wide 16MP dengan aperture f / 2.2 dan ukuran piksel 1.0um.

Akan tetapi Pixel 5 tetap dapat melakukan Zoom dengan baik menggunakan kamera utama 12,2 MP F/1.7 dengan ukuran piksel 1,4um, serta algoritma AI Google. Google juga tidak membawa sensor dengan megapiksel besar yang mungkin bisa menghasilkan fotografi malam lebih baik ataupun untuk lossless digital, akan tetapi sensor telah membawa dukungan OIS.

Untuk perekaman video, ini merupakan smartphone Pixel pertama yang mendukung perekaman 4K pada 60 fps. Meskipun saat ini sudah banyak smartphoen yang mendukung perekaman hingga 8K.

Spesifikasi Pixel 5

Chipset S765G mengemas modem X52 yang memungkinkan konektivitas 5G. 5G Sub-6 hadir Pixel 5, sementara di beberapa negara juga akan bekerja pada jaringan mmWave. Sayangnya pada koneksi WiFinya masih menggunakan Wi-Fi 5 (WiFi 802.11ac), bukan Wi-Fi 6.

Baca Juga: Berbasis Android 11, Ini Fitur-fitur Baru di ColorOS 11

Pada kapasitas baterainya, samartphone ini menggunakan kapasitas lebih besar yaitu  4.080 mAh pada 18W. Sebagai perbandingan, Pixel 4 XL memiliki baterai 3.700 mAh, yang memiliki efisiensi daya cukup baik. Kapasitas ekstra bersama dengan chip S765G akan membantu ponsel ini bertahan lebih lama.

Perangkat ini juga didukung dengan fitur lain seperti pemindai sidik jari, face recognition dan pengisian daya wireless.

Harga dan Ketersediaan

Pixel 5 datang dengan warna baru di tahun ini yaitu Sorta Sage, disamping varian warna andalannya yaitu Just Black.

Pre-order untuk Google Pixel 5 mulai hari ini, sebelum tersedia di delapan negara pada 15 Oktober dan pada 29 Oktober di AS.  Untuk harganya sendiri, Pixel 5 dibanderol dengan harga $ 700 atau sekitar Rp 10 juta.

Google menawarkan bonus pre-order berupa headphone nirkabel Bose QC 35 II gratis. Penawaran ini hanya berlaku di Jerman, Prancis, Irlandia, dan Inggris Raya, dan hanya selama persediaan masih ada.

Sayangnya Google hingga saat ini belum menjual resmi produk ponsel Pixel mereka di tanah air. Dan untuk Pixel 5 ini, hampir dipastikan juga tidak akan tersedia secara resmi di Indonesia.

: , ,

COMMENTS