in: Reviews | October 8, 2020 | by: Irham

Review ColorOS 11: Oppo Mendengar Feedback Pengguna

Oppo terus berupaya untuk memahami pengguna, yaitu dengan mendengarkan feedback secara langsung. ColorOS yang merupakan antarmuka kustom dari Oppo berbasis sistem operasi Android terus mengalami perkembangan seiring berjalan waktu. Kali ini time Jagat Review akan membahas mengenai ColorOS terbaru yaitu ColorOS 11.

Kini di update sistem operasi terbaru yaitu Android 11, Oppo juga menyetarakan ColorOS mereka dengan penamaan ColorOS 11. Hal tersebut dilakukan Oppo guna menghilangkan kerancuan dari penyebutan generasi sistem operasi maupun antarmuka kustom mereka.

review ColorOS 11
review ColorOS 11

Dengan membawa sistem operasi terbaru ini, ColorOS 11 juga menghadirkan beragam peningkatan baik dari segi performa maupun tampilan. Apa saja peningkatan yang ditawarkan oleh ColorOS 11, simak review lengkapnya berikut ini.

Peningkatan Performa

Performa pada smartphone tentunya banyak dipengaruhi oleh SoC yang digunakan. Dengan prosesor pada SoC yang kencang serta dukungan refresh rate yang tinggi, akan membuat smartphone semakin seamless digunakan.

Namun seringkali juga terjadi stuttering dan micro lagging pada perangkat smartphone terbaru saat ini. Guna mengantisipasi masalah tersebut, di ColorOS 11 ini Oppo meningkatkan penggunaan resource agar sistem dapat berjalan lancar dan selalu optimal.

Banyak yang mengira bahwa menyisakan ruang pada RAM lebih banyak akan membuat performa menjadi lancar. Padahal seharusnya RAM dapat dimanfaatkan untuk  untuk membuat sistem bekerja lancar dan aplikasi jadi kencang.

Di ColorOS 11 ini, Oppo mengizinkan sistem untuk menggunakan RAM lebih banyak, yaitu hingga 45%. Dengan demikian, response rate saat menjalankan aplikasi bisa meningkat hingga 32%. Selain itu stabilitas frame rate juga bisa meningkat hingga 17%.

review ColorOS 11

Oppo juga menghadirkan fitur AI App Pre-Loading, guna mempercepat smartphone dalam membuka aplikasi. Sehingga aplikasi bisa dijalankan lebih cepat setelah dibuka. AI App Pre-Loading juga tentunya menggunakan Artificial Intelegent guna membaca kebiasaan pengguna dalam menjalankan aplikasi pada smartphone.

Baca Juga: Review Snapdragon 460 di Oppo A53: Hape Murah Makin Kencang

Untuk kelancaran lebih maksimal, ColorOS 11 juga sudah dilengkapi fitur SuperTouch. Ini juga fitur berbasis AI yang mengoptimalkan respon terhadap sentuhan.

Disamping itu, pada ColorOS 11 juga memiliki fitur HYPER BOOST 3.0 akan memastikan keseluruhan sistem bekerja dalam harmonisasi yang tepat. Sistem harus kencang saat dibutuhkan, irit daya secara keseluruhan, dan tidak boleh panas, agar nyaman dipakai. Ini semua dapat diupayakan pengaturannya dengan HYPER BOOST 3.0.

review ColorOS 11

Hasilnya, sistem bisa lebih optimal dalam penggunaan CPU (+ 30%) akan tetapi, konsumsi daya bisa ditekan sebesar 12%.

Dukungan Pengembang Aplikasi

Sering kali, selain menggunakan aplikasi kamera pre-install dari smartphone, kita juga membutuhkan aplikasi lain untuk mendapatkan pengalaman lebih. Misalnya seperti Open Camera ataupun Filmic Pro yang tersedia secara gratis.

Begitu pula dengan aplikasi lain seperti WhatsApp, Google Meet, Zoom, dan instagram, perlu membutuhkan akses ke kamera. Sayangnya, dengan aplikasi-aplikasi tersebut kita akan kehilangan beragam fitur yang ada di kamera kita.

review ColorOS 11

Nah ColorOS 11 ini, Oppo memberikan akses kepada pengembang aplikasi untuk memanfaatkan fitur kamera yang ada di smartphone secara menyeluruh. Sehingga kita bisa membuka fitur- fitur seperti Ultra Steady Video Shooting, Super Wide-Angle, dan Video HDR melalui aplikasi ketiga.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , , ,

COMMENTS