in: News | October 1, 2020 | by: Irham

Spesifikasi Mirip Pixel 5, Pixel 4a 5G Bawa Layar Lebih Besar  

Tak hanya meluncurkan Pixel 5, Google juga meluncurkan smartphone 5G lainnya yaitu Pixel 4a 5G. Ya, ini adalah versi 5G dari Google Pixel 4a yang telah diluncurkan sebelumnya pada bulan Agustus lalu. Tak hanya urusan konektivitas saja yang ditingkatkan, Pixel 4a 5G juga membawa beberapa perubahan pada spesifikasi yang ditawarkan.

Bahkan spesifikasi dari Pixel 4a 5G tampak mirip dengan Pixel 5. Seperti ukuran layar dan juga SoC yang digunakan. Namun tentunya Pixel 4a 5G masih memiliki harga yang dibawah dari Pixel 5.

Spesifikasi Pixel 4a 5G

Pixel 4a 5G memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar dari versi standarnya yang memiliki ukuran 5,7 inci. Pixel 4a kini membawa layar dengan panel OLED berukuran 6,2 inci, dengan resolusi FHD+. Secara tak langsung ini menjadi semacam versi XL untuk Pixel 5, karena Google tak menghadirkan versi XL untuk seri tersebut.

Spesifikasi Pixel 4a 5G

SoC yang digunakan pada Pixel 4a 5G yaitu Snapdragon 765G, yang sama juga digunakan pada Pixel 5. Ini tentunya sangat baik, mengingat pada versi standarnya yaitu Pixel 4a masih menggunakan SoC Snapdragon 730G.

Tentu saja Google tak punya banyak pilihan untuk SoC 5G kelas menengah dari Qualcomm. Antara memilih menggunakan Snapdragon 765G atau Snapdragon 690 yang performanya masih dibawah Snapdragon 730G.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Fitur Snapdragon 750G

Belakangan ini, Qualcomm baru meluncurkan Snapdragon 750G yang perfromanya setara dengan Snapdragon 730G, akan tetapi tampaknya Google sudah tak punya waktu menunggu SoC tersebut saat mengembangkan Pixel 4a.

Berbekal SoC Snapdragon 765G ini, tentunya Pixel 4a akan memiliki dukungan 5G Sub 6GHz, meskipun untuk beberapa wilayah akan teredia pula dengan 5G mmWave. SoC ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 8GB serta storage 128GB.

Spesifikasi Pixel 4a 5G

Pada bagian kamera, Pixel 4a memiliki spesifikasi yang identik dengan Pixel 5.Dimana pengguna akan menemukan sensor kamera utama 12 MP, serta kamera ultra wide 16MP.  Sementara kamera selfie 8MP bersarang di dalam punch hole di bagian atas layar.

Baca Juga: Pixel 5 Resmi Meluncur, Bawa Spesifikasi Ponsel 5G Kelas Menengah

Pixel 4a 5G memiliki jack headphone 3.5mm, yang tidak dimiliki Pixel 5. Meski lebih besar, ponsel ini memiliki baterai yang sedikit lebih kecil, yaitu 3.Tidak ada dukungan pengisian wireless seperti Pixel 5.

Untuk bodynya menggunakan material polikarbonat, tanpa sertifiaksi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu seperti Pixel 5.

Harga dan Ketersediaan

Google Pixel 4a 5G dibanderol dengan harga USD 500 atau sekitar Rp 7,4 jutaan. Pre-order diperkirakan akan mulai digelar pada tanggal 5 November 2020 mendatang, sebelum ketersediaan pada tanggal 19 November tanggal 19 November 2020.

Sementara itu, Jepang akan lebih dahulu mendapatkan ketersediaan produk dimana pixel 4A mulai dijual pada 15 Oktober. Seperti perangkat Pixel 5, Google juga menawarkan bonus pembelian berupa sepasang headphone Bose QC 35 II secara gratis, namun untuk di wilayah negara Inggris, Jerman, Prancis, atau Irlandia .

: ,

COMMENTS