iOS 10 Resmi Diumumkan, Ini dia Peningkatan Fiturnya

Author
Irham
Reading time:
June 14, 2016

Dalam event WWDC yang berlangsung di California, Apple memberikan pengumuman salah satunya adalah kehadiran OS mobile terbaru mereka yaitu iOS 10. iOS 10 membawa beberapa  fitur unggulan terbaru diantaranya.

1.User Interface

1

User interface pada iOS 10 ditingkatkan, salah satunya yaitu shortcut pada lock screen. Saat layar terkunci, menggeser layar ke kiri akan langsung membuka aplikasi kamera sedangkan menggeser ke kanan akan membuka widget aplikasi. Hmm, ini tentunya sudah familiar di OS Android. Notifikasi pesan kini ditampilkan dengan tampilan bubble dan widget. Control Center kini juga terbagi menjadi dua panel, satu dengan Toogles dan satu lainnya dengan kontrol musik. Kemudian peningkatan juga ada pada fitur 3D Touch. Kini pengguna bisa melihat sekilas informasi dari notifikasi atau juga aplikasi yang berada di home screen.

2.Siri

2

Secara kemampuan tak ada yang berubah, namun untuk membalas pesan kini tak hanya berfungsi untuk aplikasi pesan Apple saja. Anda bisa langsung membalas  pesan pada aplikasi pihak ketiga lain. Siri juga bisa digunakan untuk melakukan pemesanan Uber,melakukan panggilan VoIP dan juga mengirimkan payment.

3.Quick Keyboard

3

Keyboard telah ditingkatkan dengan intelegensi dari  Siri,  dimana keyboard seolah dapat  apa yang ingin Anda katakan atau jawab. Bisa digunakan saat membaca pesan, mengschedule  acara,  membagikan lokas, menyimpan alamat baru, dan yang paling penting adalah kini telah  mendukung mengetik multibahasa.

4.Photos

4

Aplikasi gallery foto pada iOS 10 juga memiliki fitur baru. Seperti menyusun foto dengan berdasarkan lokasi, waktu dan juga pengenalan wajah pada foto-foto. Lagi-lagi ini sebenarnya sudah familiar pada sistem operasi Android yang dihadirkan oleh Google.

5. Maps

5

Peningkatan pada Maps meliputi kecerdasan tambahan yang menjadikannya lebih proaktif. Maps bisa menyusun rute tercepat untuk aktivitas keseharian pengguna, serta dapat pula figunakan untuk membuat reservasi. Maps pada CarPlay kini juga dilengkapi dengan informasi arah untuk setiap tikungan pada dashboard mobil pengguna.

6. Apple Music

6

Apple Music memiliki perubahan interface yang lebih fresh. Juga memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian lagu serta menyusun playlist favorit.

7. News

7

Sama seperti Apple Music, News memiliki perubahan interface yang memudahkan pengguna mencari konten berita, bahkan secara otomatis bisa membuat kategori topik berita yang anda inginkan.

8. Home App

8

Home App adalah aplikasi yang disediakan tersedia di iOS untuk mengontrol perangkat-perangkat smarthome. Kini memiliki dukungan lebih banyak pada perangkat home automation yang populer. Home App kini juga mendukung fitur 3D Touch pada iPhone.

9. Panggilan Telepon

9

Untuk aplikasi telepon, Apple menawarkan update terbaru dimana semua panggilan VoIP dari apliaksi pihak ketiga seperti Skype, WhatsApp, Line, Viber dan lain-lain akan memiliki tampilan yang sama dengan panggilan telepon biasa. Sehingga saat ada panggilan telepon yang masuk, semua akan ditampilkan seperti panggilan telepon normal.

10. Message

10

Yang terakhir adalah perubahan pada apliaksi pesan. Kini aplikasi pesan telah mendukung untuk pengiriman multimemedia berupa GIF, videoplayback dan lain-lain. Pengguna juga bisa mengakses gallery secara langsung untuk memilih gambar yang ingin dikirim tanpa harus menutup aplikasi pesan terlebih dahulu. Selain itu aplikasi pesan juga menampilkan Emoji tiga kali lebih besar dari biasanya. Ini membuatnya seperti menampilkan sticker.

Penguna juga bisa menulis pesan menggunakan hand writing melalui fitur Digital Touch. Anda bisa membuat text atau doodle untuk dikirim secara langsung.

11

iOS 10 akan tersedia iPhone(minimal iPhone 5), iPad (minimal iPad 4), iPad Mini (minimal iPad Mini 2 dan iPod Touch (minimal iPod Touch 6) secara gratis. Sementara versi beta telah mulai tersedia di bulan Juli untuk para pengembang apliaksi .

 

Via: GSMArena

 

Load Comments

Reviews

July 19, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad SE 11: Tablet Terjangkau untuk Keluarga dari HUAWEI

Ini adalah tablet terjangkau HUAWEI yang dirancang untuk hiburan keluarga,…
July 15, 2024 - 0

Review Baseus Bowie E19: TWS Terjangkau, SUPERBASS KENCANG!

TWS Terjangkau ini tahan air IPX5, Fitting-nya mantep, baterainya awet,…
July 12, 2024 - 0

Preview Samsung Galaxy Z Flip6: Upgrade Signifikan! Smartphone Flip Terbaik 2024?

Selain Samsung Galaxy Z Fold6 yang diluncurkan dalam acara Samsung…
July 12, 2024 - 0

Samsung Galaxy Z Fold6: HP Lipat TERBAIK 2024?

Ya, Jagat Review lagi di Paris untuk membahas Samsung Galaxy…

Accessories

June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…