Review Lenovo Vibe C

Author
Irham
Reading time:
August 5, 2016

Migrasi jaringan dari 3G ke 4G menjadikan tuntutan baru di masyarakat, dimana handset yang sudah terbilang canggih pun rasanya masih kurang ‘hebat’ jika belum mendukung jaringan 4G. Perlu diakui, teknologi jaringan 4G memang jauh lebih stabil dan cepat dalam mentransfer data jika dibandingkan dengan teknologi 3G apalagi 2G.

Vibe-C-1

Lenovo sempat menghadirkan smartphone 4G terjangkau yaitu A2010 di tahun 2015 silam. Smartphone ini merupakan salah satu handset yang dirakit Lenovo di tanah air, guna memenuhi regulasi TKDN. Lenovo kembali melanjutkan seri A2010 dengan seri terbaru yaitu A2020 alias Lenovo Vibe C.

Lenovo Vibe C masih berada disegmen yang sama, yaitu sebagai perangkat smartphone terjangkau dengan jaringan 4G. Namun kali ini membawa sedikit peningkatan dari produk sebelumnya. Peningkatan apa saja yang dimiliki oleh Lenovo Vibe C, simak ulasannya berikut ini.

Desain

Lenovo Vibe C merupakan perangkat  entry level yang di desain dengan ukuran layar 5 inci. Ukuran ini masih cukup banyak digemari banyak orang, karena alasan lebih nyaman dalam genggaman. Smartphone yang sedang kami bahas kali ini adalah varian berwarna hitam. Seluruh body perangkat berbalut warna hitam, dengan material yang digunakan adalah polycarbonate dengan finsihing glossy dibagian belakang.

Terdapat logo Lenovo dan VIBE di bagian belakang, dengan posisisi kamera berada di bagian sisi kiri atas berdekatan dengan lampu flash.  Modul kamera terlihat sedikit condong keluar, namun casing belakangnya terlihat lebih tinggi sehingga cukup aman dari goresan.

Vibe-C-3 Vibe-C-2

Perangkat ini tidak didesain dengan konsep unibody, dimana casing belakang dapat di lepas dengan mudah. Adapun komponen baterai yang terpasang juga removable, dimana anda bisa melepas atau menggantinya dengan mudah. Karena slot SIM card dan Micro SD juga terpasang di belakang, jadi anda harus melepas casing belakang saat ingin memasangnya.

Vibe-C-10

Pada bagian depan terdapat tiga tombol kapasitif (menu, back, home) yang berada di bagian bawah. Bezel layar terlihat tebal terutama pada bagian bawah. Tombol power dan volume terletak di bagian sisi kanan perangkat. Sedangkan slot MicroUSB dan lubang jack 3,5mm untuk earphone.

Vibe-C-4 Vibe-C-7 Vibe-C-5

Secara estetika, tidak ada yang tampak menonjol dari desain smartphone yang ditampilkan. Vibe C lebih banyak menampilkan unsur curve di setiap sudutnya. Namun ergonomisnya cukup nyaman, karena gripnya juga terasa kokoh ditangan. Meskipun menggunakan finishing glossy di bagian belakang, tapi tidak membuatnya licin dan cukup nyaman dipegang.

Vibe-C-8

Spesifikasi

Sebagai penerus dari generasi sebelumnya yaitu Lenovo A2010, Lenovo Vibe C membawa beberapa perubahan. Disamping layarnya yang menggunakan ukuran 5 inci dengan resolusi FWVGA,(854×480). Selain itu perangkat ini tidak lagi menggunakan SoC MediaTek MT 6735M,melainkan Snapdragon 210 Quad-Core 1.1 GHz. Untuk ukuran RAM, baik A2010 maupun Vibe C sama-sama menggunakan RAM dengan kapasitas 1 GB. Namun untuk internal memori yang digunakan mengalami peningkatan, jika pada A2010 menggunakan internal memori 8GB, pada Vibe C dibekali dengan internal memori sebesar 16 GB.CPU-Z-Vibe-C
Sedangkan pada fitur kamera, tidak ada yang jauh berbeda. Perangkat ini masih sama saja seperti produk yang sebelumnya, yaitu menggunakan kamera utama beresolusi 5 MP dan kamera depan 2 MP. Kamera utama menggunakan fix focus, dengan lampu LED Flash. Sedangkan kamera depan hanya memiliki fitur fix-focus saja.

Vibe-C-6

Sebagai smartphone terjangkau, salah satu fitur unggulannya adalah telah dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G LTE. Vibe C memiliki dual Slot SIM, dimana SIM 1 yang mendukung jaringan 4G menggunakan tipe micro, sedangkan pada slot 2 menggunakan tipe standar. Tersedia pula slot microSD untuk penyimpanan tambahan, yang mendukung hingga kapasitas 32 GB.

Sayangnya kelengkapan sensor dari Vibe C terbilang sangat minim. Perangkat ini tidak dilengkapi Gyroscope, yang cukup penting untuk kebutuhan smartphone saat ini terutama untuk urusan multimedia dan hiburan.

Pada paket penjualannya, Lenovo Vibe C dilengkapi dengan aksesoris charger, kabel USB, buku panduan, kartu garansi, serta aksesoris headset. Untukbonus pembeliannya, Lenovo juga menyertakan dengan aksesoris Nut Mini Tracker. Ini berguna untuk alat tracker pada barang-barang penting anda, seperti dompet, kunci dan lain-lain. Dengan alat yang terkoneksi dengan bluetooth ini anda bisa mencari perangkat anda dengan mudah.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…