Review ASUS Zenfone 3 ZE520KL

Author
Irham
Reading time:
September 26, 2016

Hi guys, tentu kalian sudah lihat preview yang kami hadirkan untuk produk ASUS Zenfone 3  ZE520KL. Disana mungkin anda sudah melihat bagaimana impresi pertama kami saat menggunakan produk tersebut. Kami juga sudah mengulas sedikit tentang fitur-fitur yang tersemat, serta beberapa kecanggihan dari perangkat yang satu ini. Mulai dari kamera, performance dan pengalaman penggunaan sehari-harinya.

zenfone-3-ze520kl

Tapi masih banyak lagi hal-hal yang perlu kami bahas lebih lanjut melalui artikel review kali ini. Bagi anda yang penasaran seperti apa kemampuan ASUS Zenfone 3  ZE520KL, yuk simak bahasannya berikut ini.

 

Desain

ASUS Zenfone 3 memiliki peningkatan yang cukup signifikan secara desain dibandingkan semua produk Zenfone sebelumnya. Dimana material yang digunakan kini adalah paduan Metal & Glass, dengan konsep unibopdy yang sangat ramping. Sekilas perangkat ini nampak seperti kombinasi antara produk asal negeri gingseng dan produk yang berlogo buah-buahan. Yang jelas kesan premium di produk yang satu ini sangat menonjol ketimbang seri  Zenfone terdahulu.

zenfone-3-ze520kl-2
Tampak depan

Perangkat yang kami uji adalah model ZE520KL dengan ukuran layar 5,2 inci. Perangkat ini memiliki dimensi 146.9 x 74 x 7.7 mm dengan berat 144g. Bezelnya pun terlihat cukup tipis dengan lebar 2,1mm, membuatnya memiliki rasio screen-to-body sebesar 77%. Perangkat ini dibingkai dengan frame berbahan metal yang terasa sangat kokoh dan finishing yang sangat halus pada tiap sudutnya.

zenfone-3-ze520kl-1
Tampak belakang

Penampang bagian depan dan belakang dilapisi dengan kaca Gorrila Glass 3. Ini membuatnya terasa sangat licin ditangan. Jadi pengguna harus berhati-hati saat memegangnya. Bahkan saat diletakan di permukaan yang rata di bidang miring pun, perangkat ini bisa saja terjatuh. Sangat disarankan menggunakan casing tambahan untuk memberi grip yang kokoh saat dipegang. Meskipun material yang digunakan secara keseluruhan cukup tahan akan benturan dan goresan. Selain itu juga, perangkat ini juga  mudah terlihat kotor dengan bekas-bekas tapak tangan pengguna, sehingga akan lebih baik bila tertutup casing ekstra.

zenfone-3-ze520kl-8
Modul Kamera dan fingerprint

Yang cukup unik terlihat pada perangkat ini bentuk sensor fingerprint yang terdapat di bagian bawah kamera utama. Bentuknya persegi dengan sudut yang oval, dengan posisi vertikal yang pas seperti ujung jari. Sayangnya modul kamera belakang nampak menonjol keluar, agak beresiko untuk tergores saat perangkat diletakan dalam keadaan telentang. Modul kamera diapit oleh lampu LED flash Dual-Tone, dan sensor Laser Auto Focus. Logo ASUS hanya terdapat dibagian belakang.

Sementara itu, ASUS tetap memberikan peletakan tomobl kapasitif diluar layar. Ini memberikan kelebihan sekaligus kekurangan bagi pengguna. Kelebihannya yaitu konten pada layar smartphone ditampilkan secara penuh, tanpa sebagian dimakan oleh peletakan tombol. Namun sayangnya posisi tombol back yang berada di sebelah kiri agak sulit dijangkau oleh jempol pengguna.

zenfone-3-ze520kl-7
Tombol kapasitif

 

zenfone-3-ze520kl-3
Sisi kanan
zenfone-3-ze520kl-4
Sisi kiri

Tombol fisik untuk power dan volume berada di sisi bagian kanan. Zenfone 3 telah menggunakan slot USB type C sebagai koneksi charger dan data, yang diletakan dibagian bawah. Sementara itu slot Jack 3,5 mm untuk headphone diletakan dibagian atas.

zenfone-3-ze520kl-6
USB Type C di sisi bawah
zenfone-3-ze520kl-5
Jack 3,5 mm di sisi atas

Spesifikasi

Untuk Zenfone 3 versi standar, ASUS memberikan dua model yaitu ZE520KL dengan layar 5,2 inci dan ZE552KL dengan layar 5,5 inci. Untuk versi  ZE520KL, perangkat ini memiliki spesifikasi lengkap antara lain layar IPS Full HD 1920x1080p. SoC yang digunakan adalah Snapdragon 625 (Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 +GPU Adreno 506). Kapasitas RAM yaitu sebesar 3GB dengan internal memori sebesar 32 GB (eMCP.).

Untuk kamera utama ASUS menyematkan sensor kamera Sony IMX298 dengan resolusi 16 MP F/2.0 lengkap dengan Dual Tone LED,  teknologi OIS dan EIS, PDAF dan Laser Auto Focus. Sementara untuk kamera depan, ASUS membekalinya dengan sensor beresolusi 8MP f/2.0.

Komponen sensornya juga begitu lengkap mulai dari Accceleration, Ambient Light, Proximity, Compas, Gyroscope, hingga fingerprint. Perangkat  ini tentunya sudah mendukung jaringan 4G LTE dimana tersedia dua Slot SIM card SIM satu type Micro dan SIM2 Type Nano. Anda bisa menambah media penyimpanan dengan MicroSD card hingga 256 GB.

zenfone-3-ze520kl-9
Slot SIM Card & MicroSD

Zenfone 3 berjalan dengan sistem operasi Android Marshmallow 6.01 serta menggunakan antar muka ZenUI 3.0. Sekilas tidak ada perubahan yang menonjol dari tampilan UI  ini, namun ASUS menjanjikan performa yang lebih baik pada UI versi terbaru yang baru tersedia untuk seri Zenfone 3. Salah satunya seperti fitur Game Genie, untuk boost performance saat digunakan bermain game. Pengguna juga bisa mengkustomasi tema, serta mematikan beberapa aplikasi bawaan yang tidak dipakai. Peningkatan fitur lain ada pada menu kamera yang nanti akan dibahas lebih lanjut dihalaman berikutnya.

zenfone-3-ze520kl-11
Paket penjualan

Zenfone 3 menggunakan baterai berkapasitas 2650mAh. Terbilang kecil jika dibandingkan dengan perangkat smartphone kebanyakan saat ini yang menggunakan baterai berkapasitas 3000mAh. Pada paket penjualannya, ASUS melengkapi Zenfone3 ZE520KL dengan adapter charger standard dan kabel USB type C serta kartu garansi dan buku manual. Untuk kategori smartphone premium cukup disayangkan tidak tersedia paket headset dan juga casing pelindung tambahan.

Load Comments

Reviews

February 15, 2021 - 0

Review Infinix Hot 10 Play: Baterainya Jagoan!

Memasuki tahun 2021, Inifnix kembali merilis produk terbaru mereka Yaitu…
February 4, 2021 - 0

Review Oppo Reno5 5G: Smartphone 5G Termurah Saat Ini

Kali ini tim Jagat Review telah kedatangan smartphone Oppo Reno5…
January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…