Review Samsung Galaxy J5: Low-End Samsung Jagokan Layar AMOLED

Author
Irham
Reading time:
September 15, 2016

Di tahun 2016, samsung menghadirkan line-up terbaru dari setiap seri produk smartphone mereka. Mulai dari kelas menengah keatas yaitu seri Galaxy A, dan juga seri menengah kebawah yaitu Galaxy J. Produk-produk yang mereka luncurkan uniknya memiliki nama yang sama dari produk sebelumnya, dan hanya ditambahkan angka (6) dibagian belakang yang menandakan produk tersebut adalah versi tahun 2016. Tentunya beragam peningkatan telah dihadirkan termasuk sepesifikasi dan fitur tambahan.

j5-2016-gambar-11

Produk berikutnya yang akan kami ulas adalah produk menengah kebawah dari Samsung yaitu Samsung Galaxy J5 2016. Dimana perangkat ini merupakan varian yang ditujukan untuk kalangan usia muda, yang cukup aktif dengan aktivitas seperti browsing internet dan sosial media.

Untuk produk Galaxy J5 2016 ini, Samsung memberikan paket penjualan yang unik dan khusus untuk pengguna di tanah air. Bukan cuma itu, fitur yang dimilikinya juga sangat pas dan sesuai dengan kebutuhan penguna di Indonesia.

Ingin tahun lebih lengkap tentang produk Samsung Galaxy J5 2016, yuk kita simak reviewnya berikut ini.

Desain

Samsung cukup konsisten menghadirkan desain premium yang simpel pada setiap produknya. Bukan soal estetika, tapi secara build quality apa yang dihadirkan oleh Samsung pada desain smartphonenya memang terasa kokoh. Jika dilihat secara tampilannya terbilang sederhana, bahkan banyak yang bilang kalau Samsung sering membuat orang bingung dengan line-up produk mereka karena sekilas semua tampak mirip, apalagi pada penampang bagian depan. Sementara perbedaan yang jelas biasanya hanya terlihat di cover bagian belakang saja.

j5-2016-gambar-1
Tampak Depan
j5-2016-gambar-2
Tampak Belakang

Galaxy J5 2016 memiliki desain terbuka, dengan penutup bagian belakang yang dapat dilepas. Galaxy J5 2016 tersedia dalam beberapa varian warna, termasuk diantaranya adalah putih, hitam dan emas. Produk yang kami uji saat ini adalah varian bewarna hitam. Cover bagian belakang terbuat dari bahan polycarbonate, dengan tekstur metal brushed. Ini membuatnya terasa kokoh ditangan sehingga pengguna tak perlu khawatir terjatuh karena licin. Selain itu frame metal yang menjadi rangka dari produk juga terlihat menjanjikan durabilitas yang tinggi.

j5-2016-gambar-6
Modul Kamera

Secara presisi, perangkat ini memiliki dimensi berukuran 145.8 x 72.3 x 8.1 mm dengan berat 153g. Layar yang dimilikinya adalah berukuran 5,2 inci dengan bezel tipis membingkai. Terdapat logo Samsung di bagian atas depan, dan di tengah belakang. Modul kamera belakang terlihat sedikit menonjol, diapit oleh LED Flash dan juga speaker.

j5-2016-gambar-5
Sisi kanan
j5-2016-gambar-3
Sisi kiri
j5-2016-gambar-4
Bagian bawah

Sementara untuk tombol, seperti biasa Samsung tetap setia dengan tombol home fisik dibagian tengah yang diapit dengan dua tombol kapasitif yaitu menu dan back. Tombol power berada di bagian sisi kanan dan tombol volume berada di bagian kiri. Lubang jack dan MicroUSB diletakan bersama di bagian bawah perangkat.

j5-2016-gambar-7
Home button dan tombol kapasitif

Spesifikasi

Secara spesifikasi, Galaxy J5 2016 tampaknya akan sangat mengandalkan panel layar display yang digunakannya. Dimana perangkat ini menggunakan layar super AMOLED berukuran 5,2 inci dengan resolusi HD 1280x720p dengan kepadatan pixel 224ppi. Layar AMOLED ini tentunya memberikan kecerahan warna yang sangat tinggi tapi tetap nyaman di pandangan. Tidak ada mode auto untuk pengaturan layar, melainkan mode ‘outdoor.’ Sehingga ketika pengguna mengoperasikan smartphone di luar ruangan, layar tetap terlihat terang dan jelas. Di kelas produk yang sama, cukup sulit menandingi teknologi layar  pada smartphone Samsung yang satu ini.

Dapur pacunya dilengkapi dengan SoC yang terbilang standar, tapi cukup powerfull untuk kebutuhan sehari-hari. Yaitu Snapdragon 410 (Quad-Core 1,2GHz + Adreno 306), dan kini juga telah menggunakan RAM berkapasitas 2GB. Internal memori yang dihadirkan juga cukup besar yaitu 16 GB dengan Slot MicroSD untuk ekspansi memori tambahan.

cpu-z-j5

Tentunya perangkat ini telah mendukung jaringan 4G LTE, dimana terdapat dua slot SIM Card dengan tipe Micro yang dapat standby digunakan bersamaan tanpa harus bergantian dengan slot MicroSD. sayangnya kelengkapan sensor terbilang minim, tidak ada sensor Gyroscope pada Samsung Galaxy J5 2016.

j5-2016-gambar-9
Baterai, slot SIM, & Slot MicroSD

Samsung menyematkan kamera dengan sensor 13 MP Auto-Focus lengkap dengan LED flash dibagian belakang. Sensor ini juga memiliki aperture yang kecil yaitu F/1.9. Untuk melengkapi kebutuhan selfie para pengguna, kamera depan dibekali sensor beresolusi 5MP juga dengan aperture F/1.9, dengan lampu LED Flash. Lebih lengkapnya lagi soal kamera akan kami bahas pada halaman berikutnya.

Galaxy J5 2016 berjalan menggunakan sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1 dengan UI TouchWiz khas milik Samsung. Galaxy J5 2016 dibekali dengan baterai berkapasitas 3100mAh yang terpasang removable. Ini terbilang cukup besar, melihat ukuran layarnya hanya 5,2 inci dan resolusinya pun hanya HD. Ulasan lebih lanjut untuk kemampuan baterai juga akan kami bahas di halaman berikutnya.

j5-2016-gambar-8
Paket penjualan

Pada paket penjualannya, Galaxy J5 2016 dilengkapi dengan aksesori charger, kabel USB, headset, buku panduan, kartu garansi dan juga sticker NFC Sbike.

Load Comments

Reviews

May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…
April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…