Review Moto E4: Build Quality Terbaik dan Hemat Daya

Author
Irham
Reading time:
August 29, 2017

Moto E4 menjadi produk entry level terbaru dari Motorola di tanah air. Sebagai penerus dari Moto E3 Power yang terlebih dulu hadir di tanah air, Moto E4 kembali hadir dengan layar berukuran 5 inci beresolusi HD dan baterai berkapasitas 2800mAh.

Tapi yang membuatnya berbeda kali ini adalah desain dan juga penambahan beberapa fitur. Moto E4 hadir dengan desain bermaterial metal, dan juga telah dilengkapi dengan fitur fingerprint di bagian depan.

Apakah perubahan Moto E4 terbilang cukup signifikan dari generasi sebelumnya? simak ulasannya berikut ini.

Desain

Desain Moto E4 cukup jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Kali ini Moto E4 jauh lebih elegan terlihat, berkat material metal yang digunakan. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan material polycarbonate. Namun tetap memiliki kesamaan, karena keduanya tetap menggunakan konsep non unibody dan juga menggunakan baterai removable.

Pada panel bagian depan, Moto E4 juga tampak lebih cantik, karena telah menggunakan pelindung layar 2,5D. Terdapat lampu flash, speaker dan kamera serta logo ‘Moto’ di bagian bezel atas, sedangkan pada bezel bagian bawah terdapat sensor fingerprint. Sensor fingerprint sendiri merupakan fitur baru yang disematkan oleh Moto pada seri E mereka yang bisa dibilang dalam kategori Entry Level.

2-Moto-E4 3-Moto-E4

Moto selalu menghadirkan desain yang terlihat sangat kokoh dan memiliki durabilitas tinggi pada setiap produknya. Begitu pula dengan Moto E4. Moto E4 memiliki bobot yang terasa padat dan kokoh dalam genggaman. Walaupun smartphone ini dikatakan sebagai smartphone entry level, dari segi build quality terlihat seperti smartphone kelas menengah keatas. Perangkat ini secara presisi memiliki ukuran 144.7 x 72.3 x 9.3 mm, serta bobot 151 g.

13-Moto-E4 11-Moto-E4

Back cover dengan material metal dipoles dengan finishing bertekstur mate. Untuk produk yang kami review kali ini adalah varian berwarna abu-abu. Terdapat logo ‘M’ dibagian belakang dan modul kamera yang sedikit menonjol. Seperti telah menjadi konsistensi bagi Motorola di setiap produknya, selalu menghadirkan modul kamera yang dikelilingi dengan bezel bulat besar, melingkupi sensor dan lampu flash. Selain itu di bagian belakang tampak pula grill speaker di sudut kanan bawah.

8-Moto-E4

Berada di sisi sebelah kanan, terdapat tombol power dan juga volume. Di sisi bagian atas terdapat lubang jack 3,5mm, sedangkan di bagian bawah terdapat slot microUSB.

6-Moto-E4 4-Moto-E4 5-Moto-E4 7-Moto-E4

Untuk navigasi pengguna bisa menggunakan dua metode. Metode pertama yaitu dengan menggunakan tombol virtual berada di dalam layar, dengan posisi back di kiri, home di tengah dan recent app di bagian kanan.

Navigasi

Metode lainnya bisa menggunakan One Button Navigation, yaitu dengan menggunakan gesture pada fingerprint untuk fungsi back, home dan juga recent app. Untuk mengaktifkannya anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi Moto. Terdapat dua buah pilihan yaitu Moto Actions dan Moto Display. Pilih Moto Action, lalu aktifkan One-Button Nav seperti gambar di bawah ini, maka fungsi tombol navigasi virtual akan menghilang. Dan anda dapat mulai menggunakan sensor fingerprint sebagai navigasi.

Spesifikasi

Spesifikasi dari Moto E4 Power tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Dimana perangkat ini memiliki lain layar 5 inci resolusi HD, SoC Mediatek MT6735 (Quad-Core 1,25GHz+ GPU Mali T720MP2), RAM 2GB serta Internal memori 16 GB.

CPU-Z

Kamera pada Moto E4 diklaim jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Masih dengan kamera utama 8MP + LED Flash, serta kamera depan 5MP, memang tidak terlalu menggiurkan jika hanya dibahas secara spek. Tapi seperti apakah hasil sesungguhnya? Hasilnya tentu akan kita lihat pada pembahasan di halaman selanjutnya.

Moto E4 juga memiliki dua slot SIMCard yang telah mendukung kontektivitas jaringan 4G LTE. Slot SIM 1 menggunakan tipe Micro sedangkan sliot SIM2 menggunakan tipe nano, yang berada dibawah slot MicroSD. Tapi tenang saja, perangkat ini memiliki slot MicroSD dedicated sehingga pengguna tidak perlu menggunakannya secara bergantian dengan slot SIM 2. jika pengguna ingin menggunakan ekspansi memori tambahan.

Namun perangkat ini masih juga memiliki sensor yang terbilang minim, karena tidak tersedia sensor gyro pada perangkat. Tapi penambahan fingerprint cukup mengisi kelengkapan sensor yang lebih banyak dibutuhkan oleh pengguna smartphone saat ini.

Moto E4 memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dari pada generasi sebelumnya yang diluncurkan oleh Moto di tanah air. Karena kali ini Moto hanya tidak mengusung model ‘power’ seperti generasi sebelumnya, sehingga baterai yang tersedia hanya sebesar 2800mAh. Tapi rupanya Moto E4 power juga tetap memiliki kemampuan baterai yang terbilang impressive. Untuk lebih jelasnya akan kami bahas pada pembahasan baterai di halaman pengujian baterai.

Moto juga selalu menghadirkan paket penjualan yang lengkap pada produk-produk smartphone mereka. Di dalam Box Moto E4 Power terdapat berbagai kelengkapan termasuk diantaranya unit handset, kartu garansi, baterai, kabel USB, Adaptor Charger dan juga headset.

Load Comments

Reviews

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Tidak lama ini, Vivo baru saja mengumumkan smartphone Vivo Y20s…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…