Review Samsung Galaxy Note FE: Smartphone Premium Murah Terbaik

Author
Irham
Reading time:
January 16, 2018

Kamera

Beralih ke fitur kamera, Galaxy Note FE memiliki kamera utama dengan sensor beresolusi 12 MP dengan bukaan F/1.7, dan ukuran piksel 1.4 µm yang notabene sama dengan yang digunakan pada kamera Galaxy S8. Jadi untuk kualitas gambar tentunya tidak diragukan lagi. Hasil tangkapan gambar memiliki detail yang maksimal serta tingkat kontras yang sangat baik. Berkat aperture yang besar, pengambilan gambar dalam kondisi gelap sekalipun akan tetap menghasilkan gambar yang minim noise. Namun sedikit kekurangannya yaitu tidak pada perangkat seri Galaxy S8 atau Note 8, dimana software kamera telah memiliki peningkatan fitur seperti Filter Mask. Berikut beberapa gambar yang diabadikan menggunkan kamera utama Galaxy Note FE.

Sementara pada kamera depan, Galaxy Note FE masih menggunakan sensor dengan resolusi 5MP. Sehingga gambar yang dihasilkan masih terbilang belum terlihat maksimal jika dibandingkan dengan seri flagship terbaru mereka yang telah menggunakan sensor  8 MP, dimana kualitasnya bisa dibilang mengalahkan smartphone-smartphone selfie. Hasil kamera depan pada Galaxy Note FE memiliki detail gambar tidak setinggi penerusnya. Meski demikian kamera depan Galaxy Note FE masih cukup optimal digunakan mengambil gambar bahkan dikondisi terang. Selain itu, angle kamera juga cukup luas untuk mengabadikan momen selfie bersama teman-teman. Berikut beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera depan Galaxy Note FE.

Untuk perekaman video, kami memperoleh hasil yang nyaris tidak berbeda dengan Note 8 dan S8. Kualitas hasil video dari kamera utamanya tergolong sangat prima. Dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer dan Electronic Image Stabilizer, hasil video pun terlihat sangat stabil. Sementara itu, bukaan F/1.7 membuat perekaman di ruangan berpencahayaan rendah pun tergolong sangat baik. Tentu saja, sistem autofokusnya pun termasuk yang terbaik dan tercepat yang pernah kami uji.

Baterai

Kapasitas baterai yang tersedia di Galaxy Note FE yaitu sebesar 3200mAh. Kami melakukan pengujian dengan melakukan tes browsing dan looping video. Pengujian browsing yang baru kami lakukan menggunakan setup server secara lokal. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah.

Untuk tes browsing, perangkat ini mampu bertahan selama 10 jam 48 menit. Angka ini cukup baik, kemampuannya tak jauh beda dengan seri terbarunya yaitu Galaxy Note 8 yang menggunakan baterai berkapasitas 3300mAh, bahkan sedikit lebih baik. Namun tentu saja ukuran layar yang lebih kecil juga mempengaruhi hasil tes.

Sedangkan ada pada tes video looping, smartphone ini mampu bertahan dengan waktu yang cukup signifikan, yaitu selama 17 jam 19 menit.

Untuk pengisian baterai, Galaxy Note FE juga sudah dibekali dengan adaptor pengisian adaptive charger. Pengisian baterai dari kondisi kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu selama 1 jam 48 menit. Tentu saja, kondisi pengisian baterai yang berbeda akan bisa menghasilkan kecepatan pengisian yang berbeda pula.

Secara keseluruhan, manajemen daya dari Galaxy Note FE terbilang cukup baik. Meskipun kapasitas baterai yang ditawarkan kini lebih kecil, namun rupanya manajemen daya yang diberikan tetap maksimal

S-Pen Stylus

Sama seperti teknologi S-Pen terbaru di Galaxy Note 8, S-Pen di Galaxy Note FE juga telah dilengkapi dengan fitur air command. Perangkat ini juga memiliki sensitifitas dan akurasi  yang tinggi sebesar 4096 pressure level dengan ujung mata pena berdiameter 0,7mm.

Menu-menu S-Pen pada Galaxy Note FE juga cukup lengkap. Mulai dari Smart Select, Screen Write, Translate, Magnify dan Glance telah tersedia. Sayangnya masih ada beberapa fitur yang belum tersedia seperti Live Message dan integerasi Bixby.

Load Comments

Reviews

April 13, 2021 - 0

Review vivo X60 Pro: Performa Kencang, Kamera Keren!

Uji Performa Seperti biasa, untuk pengujian review Vivo X60 Pro…
April 13, 2021 - 0

(VIDEO) Review realme 8 Pro: 108MP, Tipis, Ringan, Baterai Awet, Performa Kencang

Realme baru saja menghadirkan generasi terbaru dari lini angkanya, yaitu…
April 12, 2021 - 0

Benchmark Snapdragon 860: HP Murah Jadi Super Kencang

Bulan Maret 2021 kemarin, Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset kelas atas…
April 9, 2021 - 0

(VIDEO) Preview Video 4K60 vivo X60 Pro: Stabil dan Detail Tinggi

Vivo baru saja mengumumkan secara resmi kehadiran dari dua produk…

Accessories

April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 29, 2021 - 0

Review 1More Stylish BT Pro: Earphone Neckband, Suara Oke

Kesimpulan Dari pengujian review yang kami lakukan untuk perangkat 1More…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Kesimpulan Berdasarkan pengalaman kami selama review TWS QCY T7 ini,…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Pengalaman Penggunaan Secara default, saat pertama kali dinyalakan maka mode yang…

Wearables

April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

Harga & Kesimpulan realme Watch S Pro dibanderol dengan harga…
March 9, 2021 - 0

(Video) Review TWS Panasonic RZ-S500W / RZ-S300W

Di antara sekian banyak merk TWS, siapa menyangka jika nama…