Review Smartphone Android: Asus ZenFone 4 Selfie Lite

Author
Friska
Reading time:
February 23, 2018

Tahun lalu, Asus kembali mengeluarkan produk smartphone terbaru mereka, yakni Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro. Kedua perangkat ini, sesuai dengan nama yang diusungnya, memang memfokuskan terhadap sisi kamera depannya dengan spesifikasi dan beragam fitur menarik. Namun di penghujung akhir tahun 2017 kemarin, sesungguhnya Asus juga turut meluncurkan satu produk lagi yang akan menemani jajaran lini produk Zenfone 4 Selfie tersebut, yang diberi nama Asus Zenfone 4 Selfie Lite.

Dari namanya sendiri, sudah bisa dipastikan bahwa smartphone ini akan menjadi versi lebih “rendah” dari Asus Zenfone 4 Selfie lainnya yang lebih dulu beredar. Selain memiliki perbedaan kecil dari segi desain, Asus Zenfone 4 Selfie Lite juga memiliki spesifikasi dan jeroan yang juga berbeda jika dibandingkan dengan Zenfone 4 Selfie biasa. Namun demikian, smartphone ini masih mengusung keunggulan dari segi kamera depan yang memiliki resolusi cukup tinggi, serta berkapasita baterai yang juga tak kalah besarnya di angka 4100mAh. Seperti apa perbedaan-perbedaan lain yang dimilikinya?

Desain

Dimensi smartphone ini sebesar 150,5 x 8,73 x 73,3 mm, dengan layar utamanya memiliki besar 5,2 inch IPS beresolusi 1280 x 720 pixel dan berat sekitar 156 gram. Secara keseluruhan, desain dari Asus Zenfone 4 Selfie Lite ini tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan dua produk Zenfone 4 Selfie lainnya. Hanya saja kali ini, alih-alih posisi kamera utama berada di sisi atas tengah di bagian bodi belakang, kameranya kini berada di sudut kiri smartphone di bagian belakangnya bersamaan dengan LED flash. Untuk kamera depannya sendiri, seri kali ini tidak menyematkan keunggulan kamera selfie ganda, tetapi hanya memiliki satu buah sensor saja.

Desain keseluruhannya sendiri juga terkesan sedikit “kotak” jika dibandingkan dengan produk sebelumnya, walau masih memiliki desain layar frameless 2.5D curved glass. Namun, bodinya sendiri masih terlihat cukup elegan, terutama untuk varian warna Deepsea Black, dan nyaman untuk digunakan. Hanya saja, bodi belakangnya masih terasa sedikit licin sehingga disarankan untuk melapisinya dengan softcase bawaan paket atau setidaknya casing tambahan lainnya di luar paket.

Sama seperti Zenfone 4 Selfie, posisi tombol volume dan power dari Asus Zenfone 4 Selfie Lite berada di sisi sebelah kanan smartphone. Sementara di sebelah kiri merupakan posisi tray untuk dua buah SIM card dan microSD card. Tray ini memiliki tiga slot terpisah, sehingga pengguna tak perlu khawatir untuk bisa memasukkan dua buah SIM sekaligus dengan microSD card secara bersamaan.

Tombol operasi utama seperti biasa berada di permukaan bawah layar, di mana merupakan posisi untuk on screen button sebagai kontrol utamanya serta tombol Home yang kini berfungsi ganda sebagai sensor Fingerprint. Sementara untuk bagian bawahnya merupakan posisi untuk speaker utama dan port microUSB, dan bagian atasnya merupakan posisi jack audio 3.5mm.

Untuk paket penjualannya sendiri, Asus Zenfone 4 Selfie Lite tergolong sederhana, dengan hanya memasukkan kabel USB beserta adapternya, petunjuk penggunaan, kartu garansi dan soft case. Agak disayangkan kami tidak melihat adanya earphones yang turut diberikan dalam paket yang sama, akan tetapi dengan diberikannya soft case tambahan, sepertinya lebih dari cukup untuk bisa membuat paket penjualan ini sederhana tapi sedikit lengkap.

Spesifikasi

Asus Zenfone 4 Selfie Lite dipersenjatai dengan SoC Qualcomm Snapdragon 425 quad core 64-bit yang juga dilengkapi dengan GPU Adreno 308, RAM 3GB dan internal storage 32GB, yang bisa ditambahkan sendiri menggunakan microSD card hingga kapasitas 256GB.

Seperti perangkat sebelumnya, Asus Zenfone 4 Selfie Lite masih mengunggulkan kemampuan kameranya, terutama kamera depan. Kamera selfie kali ini tidak menggunakan kamera ganda, tetapi menggunakan sensor resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0 serta panjang fokus 25,95mm yang kurang lebih setara dengan kamera film 35mm. Sebagai dukungan terhadap kamera depannya, Asus juga membenamkan teknologi SelfieMaster di mana aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan beautification terhadap foto atau videonya, mengaktifkan mode Beauty ketika menggunakan kamera untuk livestreaming, membuat collage hingga slideshow. Softlight LED flash juga turut diberikan pada kamera depan untuk memaksimalkan hasil foto yang lebih terang di dalam kondisi pencahayaan gelap.

Sementara untuk kamera belakangnya, menggunakan sensor beresolusi sama yakni 16 MP yang sudah dilengkapi dengan PDAF dan juga Pro Mode untuk pengambilan foto yang lebih maksimal. Dalam mode Pro ini, kamera juga memiliki beragam mode lainnya seperti Panorama, Time Lapse hingga Super Resolution untuk hasil foto resolusi 64 MP.

Asus Zenfone 4 Selfie Lite telah mendukung slot non-hybrid dengan pengguna bisa memasukkan dua buah SIM card bersama dengan microSD card secara terpisah. Perangkat ini juga telah mendukung konektivitas 4G LTE Cat. 4 dan mendukung FDD-LTE dan TDD-LTE sesuai dengan operator seluler di Indonesia, dukungan WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, serta Wi-Fi direct. Namun sayangnya, kami tidak menemukan adanya dukungan fitur NFC maupun Wi-Fi 5GHz pada perangkat yang satu ini. Sensor yang terdapat dalam perangkat ini juga tergolong lengkap, dengan di antaranya terdapat sensor Fingerprint, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light, serta Indicator light.

Asus Zenfone 4 Selfie ini menggunakan ZenUI versi terbaru 4.0 yang berbasis Android 7.0 Nougat, serta memiliki kapasitas baterai 4100mAh yang telah didukung dengan teknologi Asus PowerMaster untuk pengisian ulang yang lebih cepat.

Load Comments

Reviews

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 14, 2020 - 0

Review Smartphone Vivo Y51: Solusi Smartphone Serba Bisa!

Vivo baru saja meluncurkan salah satu produk terbarunya yang berada…
December 11, 2020 - 0

Review Mi 10T Pro: Murah, Tapi Beneran Flagship

Di pertengahan awal tahun 2020 lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone…
December 2, 2020 - 0

Review realme Narzo 20: Murah, Kencang dan Irit

Kapasitas baterai yang besar pada sebuah perangkat smartphone memang akan…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…