Review Samsung Galaxy J7 Duo: Kamera Bagus, Desain Lawas

Author
Irham
Reading time:
August 9, 2018

Di meja review kami, kami kembali berhadapan dengan smartphone kelas menengah kebawah  terbaru dari Samsung yaitu Galaxy J7 Duo. Selama ini kami belum merasa terkesan dengan seri smartphone Galaxy Samsung kelas bawah. Entah mengapa, kelas menengah ke bawah yang dimiliki Samsung masih saja kurang kompetitif. Apalagi secara spesifikasi dan harga yang ditawarkan, dibandingkan brand-brand lain di kelas harga yang sama. Lain halnya dengan produk kelas flagship mereka yang selalu diatas angin, fitur, harga dan spesifikasinya selalu jadi jawara.

Galaxy J7 Duo hadir dengan keunggulan dual kamera dan ditujukan untuk menyasar segmen anak muda masa kini. Lalu apakah Galaxy J7 Duo bisa memuaskan ekspektasi kami? Atau kembali memberi kesan yang sama sebagai perangkat smartphone yang masih kurang bersaing? simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Dari awal kami akan langsung menyatakan kecewa dengan desain dari Galaxy J7 Duo. Jujur saja perangkat ini terlihat ketinggalan jaman karena masih menggunakan layar dengan rasio 16:9 disaat smartphone lain bahkan dari brand lokal sudah menghadirkan smartphone dengan layar lebar rasio 18:9. Meskipun secara built quality perangkat ini terlihat sangat kokoh. Penampang depan dilapisi dengan kaca pelindung 2,5D. Galaxy J7 Duo memiliki frame dengan material metal, sementara body bagian belakang memiliki material polycarbonate dengan konsep non unibody. Pengguna bisa membuka bagian belakang untuk memasang baterai, kartu SIM serta memory card.

2 Galaxy J7 Duo 3 Galaxy J7 Duo

Bagian bezel Galaxy J7 Duo juga masih terlihat tebal, ditambah lagi dengan navigasi yang berada di luar layar. Tombol home dan fingerprint terletak di bagian tengah, diapit dengan tombol back dan recent seperti smartphone Galaxy lawas pada umumnya. Kecuali bagi pengguna yang secara fungsional senang dengan fingerprint dibagian depan, secara desain smartphone ini secara estetika benar-benar jauh dari tren terkini smartphone jaman sekarang. Tombol power terletak di bagian sisi kanan sedangkan tombol volume terletak di sisi bagian kiri. Di bagian bawah terdapat lubang jack 3,5mm, dan slot MicroUSB untuk pengisian daya.

5 Galaxy J7 Duo 6 Galaxy J7 Duo 7 Galaxy J7 Duo

Body perangakat tidak terlalu tebal, secara persisi dimensinya 153.5mm x 77.2 mm dengan ketebalan 8.2 mm. Bobotnya yaitu sekitar 174g yang membuatnya terasa kokoh saat digenggap. Mengintip ke bagian belakang saat cover dibuka, terdapat baterai removable, dua slot SIMCard serta satu slot MicroSD. Kamera dengan dua sensor terpasang dengan posisi vertikal yang diapit dengan lampu LED Flash serta speaker.

9 Galaxy J7 Duo

Tidak banyak hal yang menarik dibahas dari Galaxy J7 Duo dari segi desain, apalagi dengan desain yang terbilang lawas yang diusungnya. Lalu bagaimana dari sisi spesifikasi?

Spesifikasi

Perangkat ini memiliki spesifikasi antara lain yaitu layar SuperAMOLED 5,5 inci dengan resolusi HD, namun masih menggunakan rasio 16:9. Ini yang membuat Galaxy J7 Duo terlihat agak ketinggalan jaman jika dibandingkan dengan smartphone lain yang telah mengusung layar lebar dengan rasio 18:9. Namun sedikit menjadi kelebihan karena perangkat ini akan lebih hemat daya, terutama juga karena resolusi yang digunakan pun masih sebatas HD.

CPUZ

Untuk SoC, Galaxy J7 Duo dipersenjatai dengan SoC kelas menengah terbaru dari Samsung yaitu Exynos 7885 (Octa-Core 1,6GHz), dimana ini adalah sensor yang sama dengan saudaranya dari seri Galaxy A yaitu Galaxy A8. Kami cukup senang, kini Samsung mulai menggunakan seri SoC menengah keatas mereka di seri J yang notabene merupakan seri menengah kebawah mereka. SoC ini, berdasarkan pengalaman kami merupakan salah satu SoC paling hemat daya, dan performanya juga cukup mumpuni. Untuk harga kelas 3 jutaan seperti Galaxy J7 Duo ini harusnya sudah cukup optimal. Sebaliknya penggunaannya di seri Galaxy A8 yang merupakan kelas menengah keatas, masih butuh yang lebih baik lagi dari ini. Sementara dari sisi RAM, perangkat yang kami review ini memiliki RAM berkapasitas 3GB dan juga internal storage sebesar 32GB. Pengguna bisa menambahkan penyimpanan melalui slot MicroSD hingga 256 GB.

Keunggulan utama yang ditawarkan Galaxy J7 Duo terdapat pada sensor kamera yang digunakan yaitu kamera utama 13MP dengan kamera sekunder 5MP dengan aperture F/1.9 dan lampu LED flash. Sementara untuk kamera depan dibekali dengan sensor 8 MP dengan bukaan F/1.9 dengan lampu LED Flash. Beberapa fitur yang ada pada kamera Galaxy J7 Duo antara seperti Focus Live dan Selfie Bokeh, serta juga sticker animasi. Sayangnya pada kamera belum ada dukungan stabilizer baik OIS ataupun EIS.

8 Galaxy J7 Duo

Adapun kapasitas baterai yang tersedia pada Galaxy J7 Duo yaitu 3000mAh. Tidak begitu besar, namun diklaim cukup untuk pemakaian selama seharian. Apalagi perangkat ini juga dilengkapi mode power saving untuk lebih menghemat daya. Tipe baterai Galaxy J7 Duo yaitu removable atau dapat dilepas. Sehingga apabila sewaktu-waktu baterai mengalami kerusakan, pengguna cukup memebeli ganti baterai baru tanpa harus membawa ke service center. Namun jika anda mengharapkan perangkat ini sudah didukung fast charging, sayangnya itu belum.

Dari sisi konektivitas, smartphone ini tentunya sudah mendukung semua provider selular di tanah air. Galaxy J7 Duo juga sudah mendukung jaringan Wi-Fi 5GHz. Sayangnya perangkat ini masih menggunakan slot MicroUSB untuk konektivitas kabelnya. Belum juga ada konektivitas NFC yang ditawarkan oleh Galaxy J7 Duo. Terdapat dua slot SIMCard dengan tipe micro yang tersedia secara dedicated, sehingga pengguna bisa memanfaatkan kedua slot SIMcard tanpa harus bergantian dengan MicroSD.

Kami cukup kecewa dengan sensor yang dimiliki oleh Galaxy J7 Duo. Untuk smartphone kelas 3 jutaan, perangkat ini bahkan belum memiliki sensor Gyroscope. Sementara smartphone 1 jutaan saat ini saja sudah memiiliki sensor tersebut. Adapun sensor yang tersedia di Galaxy J7 duo hanyalah sensorFingerprint, Acceleration dan Proximity. Compas, dan ambience light bahkan belum tersedia.

Perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android Nougat 8.0 dengan UI Samsung Experience 9.0. Fitur personal asisten Bixby telah tersedia, dan beberapa fitur unggulan lain seperti AR Emoji dan juga iris unlocked

Paket penjualan yang ditawarkan Galaxy J7 Duo cukup lengkap. Mulai dari kartu garansi, buku panduan, adaptor charger, kabel MicroUSB dan juga headset. Sayangnya belum ada aksesoris cover atau jelly case tambahan untuk produk yang satu ini.

10 Galaxy J7 Duo
Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…