Review Oppo Reno2 F: Penerus Oppo F Series, Tak Cuma Jago Selfie

Author
Irham
Reading time:
November 1, 2019

Oppo akhirnya telah menggantikan seri smartphone selfie expert mereka yaitu Oppo F series, dengan hadirnya Oppo Reno series. Oppo Reno2 F menjadi smartphone kelas menengah premium dari Oppo, yang hadir dengan kecanggihan fitur kamera secara keseluruhan dan tak lagi berkutat pada kamera selfie seperti seri Oppo F.

Namun demikian, Oppo Reno2 F juga harus bersaing ditengah pasar smartphone kelas menengah yang kini semakin ramai. Apakah Reno2 F akan mampu bertahan ditengah persaingan tersebut. Simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Desain

Cukup diakui, Oppo selalu  menghadirkan desain yang jempolan untuk perangkat-perangkat smartphone mereka. Dan itu juga kembali hadir pada perangkat Reno2 F. Smartphone ini hadir dengan layar berukuran 6,5 inci dengan menggunakan panel AMOLED beresolusi 1080x2340p. Tentunya dengan panel AMOLED memberikan kesan premium sejak pandang pertama. AMOLED tentunya memilki visibiltas yang lebih baik ketimbang layar IPS, terutama untuk kontras dan ketajaman gambar. Tingkat kecerahannya mencapai 450 nits dengan kepadatan piksel 394ppi.

2 Oppo Reno2 F

Layar smartphone ini hadir tanpa notch. Karena untuk kamera selfie menggunakan sistem pop-up. Uniknya pada bagian pop-up kamera terdapat bagian transparant di bagian pinggir, dan akan menyala berwarna hijau. Lampu tersebut akan menyala hanya ketika kamera selfie naik keatas, saat diaktifkan.

9 Oppo Reno2 F

Untuk material body yang digunakan, smartphone ini menggunakan material kaca Gorilla Glass 5. Tak hanya pada bagian depan layar tetapi juga pada permukaan body belakang. Untuk polesan warna pada body, Oppo menyebut desainnya kali ini yaitu Three-layer stripping technology dan radiant nano textures. Terlihat motif garis-garis vertikal di bagian body, bercampur dengan gradasi warna yang terlihat begitu elegan. Body belakang perangkat juga terlihat sedikit melengkung dengan bentuk 3D. Dua warna yang dihadirkan Oppo Reno2 F antara lain yaitu Sky White dan Lake Green. Untuk varian yang kami uji adalah warna Lake Green.

1 Oppo Reno2 F

Perangkat ini memiliki ukuran yaitu 162.4 x 75.8 mm dengan ketebalan 8,7 mm. Adapun bobotnya yaitu sebesar 195 gram. Body Oppo Reno2 F terasa besar digenggaman, dan juga terasa licin. Namun Oppo juga telah membekalinya dengan aksesoris tambahan berupa Jelly Case yang membuatnya lebih aman di genggaman.

Di bagian belakang terdapat empat buah kamera yang tersusun vertikal. Logo Oppo terdapat di bagian tengah dengan posisi vertikal keatas. Di bagian atas dari formasi empat kamera tersebut, terdapat tonjolan berbentuk bulat yang disebut O Dot.

7 Oppo Reno2 F

O Dot berfungsi melindungi lensa kamera saat smartphone diletakan dipermukaan datar, sehingga lensa kamera tidak langsung menyentuh permukaan. O dot memiliki durabilitas tinggi yang hampir sama dengan berlian dengan tingkat kekuatan sebesar 8,5Mhos. Mhos adalah tingkat kekuatan pada batu permata, dan yang tertinggi saat ini adalah berlian dengan tingkat kekuatan sebesar 10 Mhos.

3 Oppo Reno2 F 6 Oppo Reno2 F 5 Oppo Reno2 F 4 Oppo Reno2 F 8 Oppo Reno2 F

Untuk posisi tombol dan slot, dibagian kanan terdapat tombol power dan juga tray SIMCard. Tray SIM Card tersedia dengan dua slot SIMCard ditambah slot microSD yang terpasang dedicated. Sementara di bagian kanan terdapat tombol volume up/down. Sedangkan di sisi bagian bawah terdapat slot Jack 3,5mm, slot USB Type C dan grill speaker.

Spesifikasi

Untuk spesifikasinya, smartphone ini ditenagai dengan SoC Helio P70 12nm Octa Core (4X 2.1 GHz A73 + 4X 2.0 GHz A53 + GPU Mali G72). SoC ini mungkin terbilang agak lawas, mengingat P70 sudah digunakan sejak tahun lalu. Dibandingkan beberapa smartphone lain yang sudah menghadirkan SoC keluaran terbaru, secara performa tentunya, Helio P70 akan menjadi kurang menarik. Namun sebenarnya performanya masih sangat cukup untuk kebutuhan di smartphone kelas menengah. Apalagi yang menjadikan kamera sebagai keunggulan utamanya ini, Berbeda dengan smartphone yang lebih menonjolkan fitur gaming, mungkin SoC ini terasa kurang.

AIDA 64 1

Namun untuk urusan memori, Reno2 F cukup sesuai dengan kebutuhan dengan kapasitas RAM dan internal storage yang besar. Yaitu dengan RAM 8GB dan internal storage sebesar 128GB. Sebagai smartphone yang unggul untuk fotografi, tentunya kapasitas memori yang besar akan menguntungkan saat menyimpan foto dan video.

Untuk kamera, Reno2 F dibekali dengan Quad Camera dengan kamera utama 48MP F/1.7 ditambah dengan kamera  8MP Ultra Wide F/2.2 serta kamera 2MP BW F/2.4 dan kamera 2MP F/2.4 Depth Sensor. Fitur kamera yang tersedia antara lain seperti AI Scene Recognition, Auto HDR, Dazzle Color, Potrait Mode, Night Mode, Time Lapse, dan Slow Mo. Untuk perekaman video, smartphone ini mendukung hingga 1080p @30FPS.

Color 6 OS

Sedangkan untuk kamera selfienya, smartphone ini hadir dengan kamera selfie Pop-Up 16MP F/2.0. Fitur yang tersedia untuk kamera selfie tentunya adalah AI Beauty, yang masih menjadi keunggulan utama untuk kamera selfie Oppo saat ini.

Pada sisi baterai, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh. Sedangkan untuk pengisian daya, smartphone ini sudah ditenagai dengan pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0, dengan output mencapai 20W (5V/4A).

Di bagian konektivitasnya, smartphone ini sudah dilengkapi dengan jaringan 4GLTE, Wi-Fi ac (2,4GHz & 5GHz), Bluetooth 4.2 dan tersedia FM Radio. Sayangnya belum tersedia NFC untuk smartphone yang satu ini. Selain itu untuk mendukung multimedia, tersedia dukungan Dolby Atmos yang akan menghadirkan suara yang lebih megah.

Sensor yang tersedia cukup lengkap mulai dari Acceleration, Proximity, Ambience Light, compass dan juga Gyro Scope. Pada aspek keamanannya, smartphone ini dibekali dengan under display fingerprint. Respon under display fingerprint ini cukup baik, dapat membuka smartphone kurang dari 1 detik.. Fingerprint sensor ini dapat digunakan baik saat layar menyala maupun dalam keadaan mati.

12 Oppo Reno2 F e1572436838576

Pada paket penjualannya, smartphone ini dibekali dengan Adapter Charger, Kabel USB Type-C, Headset, Soft Case, Buku Manual, Kartu Garansi,dan SIM Ejector.

Load Comments

Reviews

June 12, 2024 - 0

Review vivo X100 Pro: Smartphone Flagship vivo Terbaik 2024

Akhirnya Flagship vivo hadir resmi lagi di Indonesia! Ini adalah…
June 11, 2024 - 0

Review ASUS Zenfone 11 Ultra: Smartphone Flagship Non Gaming ASUS 2024

Ini adalah Zenfone 11 Ultra, smartphone kelas flagship dari ASUS…
June 5, 2024 - 0

Review vivo V30e: Baterai 5500 mAh, Tipis, Ringan, Kencang dan Terjangkau

Ini adalah vivo V30e, smartphone V Series paling terjangkau dari…
May 30, 2024 - 0

Review TOZO Open Buds: TWS Outdoor dengan Suara Mantap & Murah

TWS Open-Ear dari TOZO ini sepertinya cocok nih buat kaum…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…