Review realme 6 Pro: Tetap Murah, Spesifikasi Tinggi, dengan Fitur ala Premium

Reading time:
March 24, 2020

Smartphone baru dari realme datang ke Indonesia! Menjelang akhir Maret 2020 i, realme membawa smartphone realme 6 Pro masuk secara resmi ke Indonesia. realme menjanjikan berbagai hal menarik di smartphone andalan baru mereka tersebut. Kali ini, kami akan membahas realme 6 Pro tersebut dalam artikel review kali ini!

Sekilas Mengenai realme 6 Pro

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh realme, smartphone baru ini merupakn penerus dari realme XT. Memang, dari sisi penamaan, realme 6 Pro ini terkesan memiliki pola nama menyerupai smartphone realme lain yang juga hadir secara resmi di Indonesia, yaitu realme 5 Pro. Namun, dari sisi fitur, spesifikasi, dan lain sebagainya, realme 6 Pro ini justru diposisikan sebagai upgrade dari realme XT.

Hal yang menarik di realme 6 Pro, smartphone ini merupakan yang pertama yang hadir dengan mobile platform baru Qualcomm, Snapdragon 720G. Namun, bukan cuma itu saja hal menarik yang ditawarkan realme di smartphone baru mereka ini. Mereka juga menghadirkan berbagai fitur menarik lain, termasuk untuk kamera dan layar, sesuai slogan smartphone ini, “6 Cameras. Pro Display”, serta beberapa hal lain lagi.

Paket Penjualan realme 6 Pro

realme 6 Pro yang kami gunakan dalam review kali ini datang ke lab. Jagat Gadget beserta dengan paket penjualan lengkapnya. Kemasan paket penjualan smartphone ini hadir dengan warna dasar kuning, yang membuatnya terlihat cukup berbeda dengan varian smartphone realme sebelumnya yang masuk ke Indonesia. Warna kuning ini baru digunakan realme di realme C3 yang dirilis di awal tahun 2020 ini. Beberapa perlengkapan pendukung penggunaan disertakan realme di dalam kemasan tersebut, yaitu:

  • 30W Flash Charger
  • Kabel USB Type C
  • Case
  • Screen protector (sudah terpasang di unit smartphone)
  • SIM Card ejector
  • Info booklet & kartu garansi

Terkait paket penjualan realme 6 Pro, hal yang menurut kami paling menarik adalah hadirnya 30W Flash Charger. Memanfaatkan charger ini, baterai di realme 6 Pro bisa diisi ulang dengan sangat cepat. Kami akan mencoba kemampuan 30W Flash Charger ini di pengujian kami, dan hasilnya akan kami tampilkan di bagian lain dari artikel review ini.

Desain realme 6 Pro

Mari kita mulai pembahasan smartphone baru realme ini dengan membahas desainnya. realme menyebut desain yang mereka gunakan untuk realme 6 Pro sebagai Real Design yang terinspirasi dari kilat. Desain ini mereka klaim menonjolkan aspek seni yang inovatif, dengan dua pilihan warna yaitu Lightning Blue dan Lightning Red. Untuk mendukung desain tersebut, realme menggunakan teknik cetak offset gradient UV-curing pertama kalinya di smartphone mereka.

Bodi realme 6 Pro ini dibangun dengan frame metal, 3D-glass untuk sisi belakang, dan layar dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5. Smartphone ini memiliki dimensi 163.9 x 75.8 x 8.9 mm. Sementara untuk berat, smartphone ini memiliki berat sekitar 195 gram.

Di sisi kanan bodi terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai fingerprint scanner. Sementara untuk tombol kontrol volume (volume up dan volume down), realme menempatkannya di sisi kiri bodi. Masih di sisi kiri bodi, terdapat akses ke SIM Tray dari smartphone ini. SIM Tray di realme 6 Pro ini memiliki desain non-hybrid, dengan dukungan untuk dua Nano SIM dan satu Micro SD.

Tombol power, sekaligus fingerprint scanner.

Beralih ke sisi bawah, terdapat jack audio 3.5 mm, microphone, USB Type C, serta speaker. realme juga menghadirkan satu microphone lagi untuk smartphone ini, yang ditempatkan di sisi atas bodi. Di sisi belakang smartphone, terdapat 64 MP Quad Camera dengan 20x Hybrid Zoom yang merupakan bagian dari Ultra Six Camera yang dimiliki realme 6 Pro ini. Pembahasan mengenai kamera ini akan kami berikan di bagian lain artikel review ini.

Untuk layar, realme menawarkan 90 Hz Ultra Smooth Display dengan ukuran 6.6″. Layar tersebut menggunakan panel IPS, dengan resolusi 2400 x 1080 piksel, yang berarti smartphone ini menawarkan rasio 20:9, kekinian untuk smartphone di era saat ini. Sesuai namanya, layar tersebut menawarkan refresh rate hingga 90 Hz! Layar ini dikelilingi bezel dengan ukuran yang cukup tipis di sisi kiri, atas, dan kanan layar, yang diklaim realme memungkinkan mereka menawarkan screen-to-body ratio sekitar 90.6%. Terdapat earpiece di bezel atas layar, yang tentu saja digunakan saat pengguna realme 6 Pro ini menerima panggilan suara.

Satu hal yang menarik, walaupun tidak disebutkan secara detail mengenai rating proteksinya, realme menyebutkan bahwa realme 6 Pro ini dilengkapi dengan tiga lapisan tahan air. Ini dimaksudkan untuk mencegah air masuk ke dalam smartphone, yang berpotensi menimbulkan kerusakan. Tiga lapisan tahan air tersebut adalah lem tahan air untuk perekat bodi, silikon gel tahan air untuk mencegah air masuk lewat lubang audio dan USB, serta cincin tahan air untuk pelindung di slot SIM card serta beberapa komponen di bagian dalam smartphone.

Load Comments

Reviews

November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…
November 24, 2020 - 0

Review MediaTek Helio P95: G Series Kalah Kencang?

Kali ini tim Jagat Review akan kembali membahas soal SoC,…
November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Tidak lama ini, Vivo baru saja mengumumkan smartphone Vivo Y20s…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…