Review redmi 9A: Desain Fresh, Baterai Tetap Jagoan

Author
Irham
Reading time:
September 3, 2020

Bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke 10 tanggal 13 Agustus 2020 lalu, Xiaomi meluncurkan produk smartphone entry level terbaru mereka di tanah air yaitu redmi 9A, yang kali ini juga telah datang ke meja pengujian kami untuk di review.

Produk ini melengkapi line-up geng JaWaRa (Jagoannya Semua Orang), setelah merilis Redmi Note 9 series. Redmi 9A diklaim menghadirkan spesifikasi paling unggul untuk harga yang ditawarkan.

Lalu seperti apa spesifikasi dan performa keseluruhan smartphone ini. Apakah benar, redmi 9A benar-benar dapat diandalakan untuk kebutuhan para penggunanya. Simak review lengkap redmi 9A berikut ini!

Desain

Desain dari redmi 9A, secara konsep sedikit berubah dari generasi sebelumnya. Perangkat ini masih mengusung material Polycarbonate, namun dengan tampilan yang cukup elegan dengan finsihing matte. Dengan tekstur bergelombang pada bagian permukaan body belakang, ini memberikan grip yang lebih nyaman di tangan pengguna.

Review Redmi 9A Review Redmi 9A

Tiga varian warna yang ditawarkan yaitu Peacock Green, Granite Gray dan Sky Blue. Unit redmi 9A yang kami review kali ini yaitu berwarna Granite Gray. Namun entah mengapa, warna ini lebih terlihat seperti hitam matte daripada abu-abu.

Review Redmi 9A

Untuk diagonal layar datang ukuran 6,53 inci yang mengusung notch berbentuk dot drop. Bezel terlihat tipis kecuali pada bagian bawah, yang terlihat agak sedikit tebal. Di bagian belakang terdapat kamera di sudut kiri atas. Lalu ada aksen garis yang membentang dari atas kebawah, tepat pada posisi kamera. Digaris tersebut juga terdapat logo redmi.

Baca Juga: Review POCO F2 Pro: Snapdragon 865 dan 5G Aktif Termurah yang Resmi di Indonesia!

Review Redmi 9A Review Redmi 9A

Beralih ke tombol dan slot. Di bagian sisi kanan, seperti biasa terdapat tombol power dan volume. Lalu di bagian sisi terdapat tray SIMCard, dengan triple slot yang tersedia yaitu dual SIM card nano dan satu slot MicroSD.
Review Redmi 9A

Di bagian bawah terdapat grill speaker dan MicroUSB. Ya, di redmi 9A, sayangnya smartphone ini kembali menggunakan konektor microUSB, setelah pada seri redmi 8A menggunakan port USB Type C. Selain itu terdapat pula microphone.
Review Redmi 9A

Sementara di bagian atas, terdapat lubang jack 3,5mm untuk earphone. Agak jarang smartphone saat ini yang menempatkan lubang jack 3,5mm di bagian atas, karena agak sulit saat memasukan smartphone ke dalam kantong, jika earphone sedang terpasang.

Spesifikasi

Untuk spesifikasinya, redmi 9A mengusung layar berukuran 6,53 inci dengan resolusi HD+. Ini lebih besar dari generasi sebelumnya yang mengusung layar 6,22 inci. Sayangnya tidak disebutkan soal pelindung layarnya, padahal di generasi sebelumnya telah mengusung peindung layar Gorilla Glass di panel depan. Rasio layar 20:9, dengan tingkat kecerahan 400nits.

Di aspek dapur pacu, redmi berubah haluan dari SoC Snapdragon ke MediaTek. Kini redmi 9A menggunakan Helio G25 (12nm Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 + GPU PowerVR GE8320). CHipset ini diklaim memiliki performa grafis yang lebih baik, dengan HyperEngine 1.0. Selain itu untuk pilihan RAM dan Storage, redmi 9A menyediakan pilihan 2 GB/32 GB atau 3 GB/32 GB.

Review Redmi 9A

Kamera utama pada redmi 9A menggunakan sensor beresolusi 13 MP AI Camera, yang memiliki fitur salah satunya Kaleidoscope video yang tengah trending saat ini, juga memiliki opsi pengambilan foto menggunakan Palm Gesture/Palm Shutter. Sedangkan untuk kamera selfienya terdapat sensor 5MP F/2.2.

Review Redmi 9A

redmi 9A memiliki kapasitas baterai besar 5000mAh, dengan pengisian daya 10W. Ya, bagian ini juga mengalami penurunan dari versi sebelumnya di redmi 8A menggunakan output 18W.

MIUI 12

Berangkat ini berjalan menggunakan sistem operasi Android 10 dan antarmuka MIUI 12. Untuk konektivitasnya, tersedia jaringan selular 4GLTE, Wifi b/g/n, dan Bluetooth 5.0, serta FM Radio.

12. Review Redmi 9A

Pada paket penjualannya, redmi 9A hanya menyertakan unit smartphone paket dokumen, adaptor charger dan kabel MicroUSB . Tidak lagi ada jelly case seperti generasi sebelumnya.

Load Comments

Reviews

April 29, 2022 - 0

Review itel Vision 3: Baterai Besar + Charger 18W, Harga Rp 1,1 Jutaan

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal brand itel. Ini…
April 29, 2022 - 0

Membahas MediaTek Dimensity 9000: Chipset Terbaik MediaTek untuk Smartphone Kelas Premium!

SoC/prosesor/chipset ini memang sengaja dibangun untuk menjadi dapur pacu smartphone…
April 28, 2022 - 0

Gaming Pakai MediaTek Helio G96: Sekencang Apa? (feat. Redmi Note 11 Pro)

MediaTek Helio G96 dikenal sebagai SoC terbaik dari Helio G…
April 26, 2022 - 0

Review Samsung Galaxy M33 5G: Kamera 4K, Performa Lebih Tinggi

Kita sudah melihat ada banyak smartphone yang diluncurkan dalam 4…

Accessories

February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…
October 26, 2021 - 0

Review Vivo TWS 2 ANC & Vivo TWS 2e

Bertepatan dengan perilisan Smartphone Vivo X70 Pro, Vivo juga meluncurkan…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…

Wearables

October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…