Review redmi 9A: Desain Fresh, Baterai Tetap Jagoan

Author
Irham
Reading time:
September 3, 2020

Bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke 10 tanggal 13 Agustus 2020 lalu, Xiaomi meluncurkan produk smartphone entry level terbaru mereka di tanah air yaitu redmi 9A, yang kali ini juga telah datang ke meja pengujian kami untuk di review.

Produk ini melengkapi line-up geng JaWaRa (Jagoannya Semua Orang), setelah merilis Redmi Note 9 series. Redmi 9A diklaim menghadirkan spesifikasi paling unggul untuk harga yang ditawarkan.

Lalu seperti apa spesifikasi dan performa keseluruhan smartphone ini. Apakah benar, redmi 9A benar-benar dapat diandalakan untuk kebutuhan para penggunanya. Simak review lengkap redmi 9A berikut ini!

Desain

Desain dari redmi 9A, secara konsep sedikit berubah dari generasi sebelumnya. Perangkat ini masih mengusung material Polycarbonate, namun dengan tampilan yang cukup elegan dengan finsihing matte. Dengan tekstur bergelombang pada bagian permukaan body belakang, ini memberikan grip yang lebih nyaman di tangan pengguna.

Review Redmi 9A Review Redmi 9A

Tiga varian warna yang ditawarkan yaitu Peacock Green, Granite Gray dan Sky Blue. Unit redmi 9A yang kami review kali ini yaitu berwarna Granite Gray. Namun entah mengapa, warna ini lebih terlihat seperti hitam matte daripada abu-abu.

Review Redmi 9A

Untuk diagonal layar datang ukuran 6,53 inci yang mengusung notch berbentuk dot drop. Bezel terlihat tipis kecuali pada bagian bawah, yang terlihat agak sedikit tebal. Di bagian belakang terdapat kamera di sudut kiri atas. Lalu ada aksen garis yang membentang dari atas kebawah, tepat pada posisi kamera. Digaris tersebut juga terdapat logo redmi.

Baca Juga: Review POCO F2 Pro: Snapdragon 865 dan 5G Aktif Termurah yang Resmi di Indonesia!

Review Redmi 9A Review Redmi 9A

Beralih ke tombol dan slot. Di bagian sisi kanan, seperti biasa terdapat tombol power dan volume. Lalu di bagian sisi terdapat tray SIMCard, dengan triple slot yang tersedia yaitu dual SIM card nano dan satu slot MicroSD.
Review Redmi 9A

Di bagian bawah terdapat grill speaker dan MicroUSB. Ya, di redmi 9A, sayangnya smartphone ini kembali menggunakan konektor microUSB, setelah pada seri redmi 8A menggunakan port USB Type C. Selain itu terdapat pula microphone.
Review Redmi 9A

Sementara di bagian atas, terdapat lubang jack 3,5mm untuk earphone. Agak jarang smartphone saat ini yang menempatkan lubang jack 3,5mm di bagian atas, karena agak sulit saat memasukan smartphone ke dalam kantong, jika earphone sedang terpasang.

Spesifikasi

Untuk spesifikasinya, redmi 9A mengusung layar berukuran 6,53 inci dengan resolusi HD+. Ini lebih besar dari generasi sebelumnya yang mengusung layar 6,22 inci. Sayangnya tidak disebutkan soal pelindung layarnya, padahal di generasi sebelumnya telah mengusung peindung layar Gorilla Glass di panel depan. Rasio layar 20:9, dengan tingkat kecerahan 400nits.

Di aspek dapur pacu, redmi berubah haluan dari SoC Snapdragon ke MediaTek. Kini redmi 9A menggunakan Helio G25 (12nm Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 + GPU PowerVR GE8320). CHipset ini diklaim memiliki performa grafis yang lebih baik, dengan HyperEngine 1.0. Selain itu untuk pilihan RAM dan Storage, redmi 9A menyediakan pilihan 2 GB/32 GB atau 3 GB/32 GB.

Review Redmi 9A

Kamera utama pada redmi 9A menggunakan sensor beresolusi 13 MP AI Camera, yang memiliki fitur salah satunya Kaleidoscope video yang tengah trending saat ini, juga memiliki opsi pengambilan foto menggunakan Palm Gesture/Palm Shutter. Sedangkan untuk kamera selfienya terdapat sensor 5MP F/2.2.

Review Redmi 9A

redmi 9A memiliki kapasitas baterai besar 5000mAh, dengan pengisian daya 10W. Ya, bagian ini juga mengalami penurunan dari versi sebelumnya di redmi 8A menggunakan output 18W.

MIUI 12

Berangkat ini berjalan menggunakan sistem operasi Android 10 dan antarmuka MIUI 12. Untuk konektivitasnya, tersedia jaringan selular 4GLTE, Wifi b/g/n, dan Bluetooth 5.0, serta FM Radio.

12. Review Redmi 9A

Pada paket penjualannya, redmi 9A hanya menyertakan unit smartphone paket dokumen, adaptor charger dan kabel MicroUSB . Tidak lagi ada jelly case seperti generasi sebelumnya.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…