Review realme 7 Pro: Alternatif Baru di Kelas Menengah

Author
Irham
Reading time:
October 14, 2020

realme kembali menghadirkan smartphone terbaru dari seri angka mereka yaitu realme 7 pro. Ini merupakan varian tertinggi dari seri angka (Number) terbaru realme, setelah sebelumnya realme merilis realme 7 dan realme 7i.

realme 7 pro disebut-sebut membawa beragam keunggulan yang akan menjadi standar lebih tinggi untuk smartphone kelas menengah. Salah satu keunggulan paling menonjol yang ditawarkan adalah teknologi pengisian cepat SuperDart 65W.

Penasaran dengan kemampuan realme 7 Pro secara keseluruhan, simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Desain yang ditampilkan di realme 7 Pro ini mirip dengan realme 7 series lainnya, yaitu realme 7 maupun realme 7i. Perangkat ini membawa tampilan glossy, realme menyebutnya terinspirasi dari ruang kaca di alam.

Pemrosesan AG yang populer dengan tekstur CD klasik membuat smartphone terlihat lebih premium. realme 7 Pro menawarkan dua varian warna menarik, Mirror Silver dan Mirror Blue.

 

Untuk ukurannya sendiri, perangkat ini memiliki dimensi 160.9 x 74.3 x 8.7 mm. Bobotnya yaitu sebesar 182 gram. Untuk ukuran diagonal layarnya yaitu sebesar 6,4 inci, sedikit lebih kecil dari generasi sebelumnya yang menggunakan layar 6,6 ini.

Layar ini menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi 2400 x 1080 px. Layar ini memiliki warna yang sangat baik yaitu dengan Color Gamut 98% NTSC. Namun demikian, untuk refresh ratenya masih menggunakan 60 Hz. Layar dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3+. Layar realme 7 Pro juga dilengakapi fitur eye protection, OSIE dan juga tiga mode Dark Mode.

Baca Juga: Review realme 6 Pro: Tetap Murah, Spesifikasi Tinggi, dengan Fitur ala Premium

Selain itu layar perangkat ini juga memiliki punch hole di bagian kiri atas. Namun Realme 7 Pro tak lagi menggunakan dual kamera selfie seperti pada realme 6 Pro. Sehingga nampak hanya ada satu lubang punch hole pada layar. Di bagian atas layar juga tentunya terdapat earpiece speaker.

Akan tetapi peningkatan lainnya juga ada pada realme 7 Pro, dimana smartphone ini telah menggunakan fingerprint di bawah layar (In Display Fingerprint). Berbeda dengan realme 6 Pro yang menggunakan side mounted fingerprint.

realme 7 Pro juga cukup tahan akan cipratan air, karena dirancang dengan sedemikian rupa dengan tiga lapisan kedap air. realme melapisi komponen-komponen kecil dengan lem anti air, gel silikon pada bagian port-port, serta memberikan waterproff ring pada celah-celah seperti slot SIM, tombol dan konektor.

Untuk port dan tombol, di sebelah kanan dapat ditemukan tombol power. Lalu dibagian kiri terdapat SIM Tray (2 Nano SIM + Micro SD), dan Tombol Volume Up/Down. Di bagian atas terdapat Microphone, lalu di bagian bawah terdapat Audio Jack, Microphone, USB Type C, serta grill Speaker.

realme 7 Pro diklaim sebagai smartphone pertama yang lulus Verifikasi Tahan Uji Smartphone TÜV Rheinland. Verifikasi Tahan Uji Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil, yang mencakup banyak skenario penggunaan umum. realme telah meningkatkan uji kualitas untuk lebih meningkatkan keandalan smartphone, membuat pengguna realme bebas menikmati kesenangan yang dibawa oleh teknologi lompatan maju dan trendsetting design.

Pada paket penjualannya, realme 7 Pro menyediakan:

– Charger 65W SuperDart

– Kabel USB Type C

– Soft case

– Screen protector (terpasang di layar)

– SIM Ejector

– Paket dokumen

Spesifikasi

Beralih ke bagian spesifikasi dapur pacu, realme 7 pro masih menggunakan SoC yang sama dengan realme 6 Pro. Yaitu dengan SoC Snapdragon 720G (11 nm) yang memiliki konfigurasi Octa Core CPU (2x Kryo 465 Gold 2.3 GHz (berbasis Cortex A76) + 6x Kryo 465 Silver 1.8 GHz (berbasis Cortex A55). SoC ini juga memiliki GPU Adreno 618, DSP Hexagon 692, ISP Spectra 350L serta Modem Snapdragon X15 LTE.

Untuk unit realme 7 Pro yang kami review, perangkat ini memiliki RAM 8 GB LPDDR4X, serta Storage 128 GB UFS 2.1. Model lainnya yang tersedia yaitu dengan RAM 6GB dan internal storage 128GB.

Kamera nampaknya masih menjadi salah satu fitur unggulan pada realme 7 Pro. Untuk Kamera Selfie menggunakan sensor 32 MP f/2.5, yang mendukung perekaman video dengan resolusi up to 1080p@30, slow-mo 720@120 fps. Fitur lain yang tersedia yaitu Time-Lapse Photo, Front Panorama, Nightscape, dan lain-lain.

Baca Juga: Review realme X50 Pro 5G: Flagship Mumpuni, Siap Untuk Era 5G

Sementara untuk kamera utamanya, masih menggunakan sensor main camera 64 MP Primary f/1.8. Untuk kamera ultra wide masih menggunakanmenggunakan sensor 8MP, akan tetapi tidak ada lagi sensor Tele 16MP seperti yang ada pada realme 6 Pro. Dua sensor lainnya masih mirip, yaitu dengan 2 MP B&W Portait Lens, f/2.4 dan 2 MP Macro Lens, f/2.4 (min. focus distance 4 cm).

Review realme 7 Pro

Kamera utama dilengkapi dengan LED flash, mendukung perekaman dengan resolusi hingga 4K30/1080p@60, dan juga Slow Mo 720p@240/1080p@120. realme 7 Pro tetap membawa beragam fitur kamera unggulan seperti Ultra Steady Video & Ultra Steady Max, Ultra Nightscape Video, Ultra Wide Angle Video, AI Color Portrait Video, Real-Time Bokeh Video, Ultra Macro, Expert Mode, 64 MP Mode, dan Pro Nightscape.

Di sisi dayanya, realme 7 Pro menggunakan baterai 4500mAh , tidak begitu besar dibandingkan kebanyakan smartphone saat ini yang mengusung baterai 5000mAh. Akan tetapi pengisian dayanya jauh lebih besar, yaitu dengan adaptor 65W SuperDart. Tak hanya sekedar dukungan fitur, adaptor ini telah tersedia pada paket penjualan realme 7 Pro.

Konektivitas yang tersedia antara lain 4G LTE, WiFi 5 (802.11 a/b/g/n/ac), Bluetooth 5.1.  NFC? Kali ini sudah tersedia di realme 7 Pro. realme memang berkomitmen untuk menghadirkan fitur NFC di seri ini sebagai jawaban atas permintaan konsumen khusus di Indonesia.

Untuk konten Netflix, realme 7 Pro sudah mendukung Widevine L1 dengan maskimal resolusi hingga FullHD. Dukungan lainnya untuk kebutuhan entertainment pengguna, yaitu tersedia dual speaker stereo untuk menghasilkan suara yang lebih megah.

Sensornya lengkap, ada Accelerometer, Gyro, Proximity Sensor, Light Sensor, Magnetic Induction Sensor dan lain-lain. Sementara untuk fitur otentikasi biometriknya terdapat fingerprint (in-display) dan face unlock.

Load Comments

Reviews

November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…
November 24, 2020 - 0

Review MediaTek Helio P95: G Series Kalah Kencang?

Kali ini tim Jagat Review akan kembali membahas soal SoC,…
November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…