Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Author
Irham
Reading time:
January 22, 2021

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco X3 NFC sebagai “Midrange Killer”, kini Poco menghadirkan Poco M3 sebagai “Entry Level Killer yang disebut sebagai “The New Entry Level Killer”, produk di bawah brand Poco termurah saat ini yang masuk ke Indonesia. Dan Poco M3 pun telah melewati pengujian di Jagat Review.

Sebagai The New Entry Level Killer, Poco M3 disebut-sebut telah mendobrak standar spesifikasi dan fitur yang ditawarkan pada sebuah smartphone entry level saat ini. Mulai dari desain yang stylish, layar yang baik, performa kencang, kamera beresolusi tinggi hingga baterai berkapasitas besar. Dan tentunya Poco M3 ini juga hadir dengan harga yang sangat kompetitif.

Tak perlu panjang lebar, karena kalian semua tentunya sudah penasaran, langsung saja simak review lengkap Poco M3 berikut ini.

Desain

Poco M3 hadir dengan desain yang berani dan juga sangat unik. Dimana desain ini disebut oleh Poco “Daring and Cool” dengan sisi belakang memiliki tekstur mirip kulit, membuatnya tidak mudah terlihat kotor oleh bekas sidik jari.

Review Poco M3

Modul kamera ditempatkan di suatu area berwarna hitam yang menutup hingga hampir selebar smartphone itu sendiri. Memang desain seperti ini bukan pertama kalinya digunakan oleh Poco M3 ini, tapi ini akan membuatnya terlihat cukup berbeda.

Review Poco M3

Poco menghadirkan tiga opsi warna untuk smartphone ini , yaitu Poco Yellow, Cool Blue, Power Black. Untuk dimensinya, perangkat ini memiliki ukuran 162.3 x 77.3 x 9.6 mm, sementara bobotnya yaitu sebesar 198 gram. Ini cukup compact untuk smartphone yang memiliki baterai berkapasitas 6000mAh.

Beralih ke tombol dan port, smartphone ini memiliki :

  • Kanan: tombol power sekaligus fingerprint scanner, tombol volume up/down
  • Atas: microphone, audio jack 3.5 mm, speaker, IR blaster
  • Kiri: Tray SIM (2x Nano SIM + Micro SD)
  • Bawah: microphone, USB Type C, speaker

Smartphone ini memiliki speaker yang ada di bagian atas dan bawah, alias dual stereo speaker.  Ini menarik karena jarang ada smartphone di kelas harga ini yang punya fitur yang satu ini.

Untuk layarnya, smartphone ini menggunakan lauar dengan panel IPS berukuran  6.53 inci dengan desain Dot Drop Display. Untuk resolusinya yaitu Full HD+ (2340 x 1080 px), dan cakupan warna yaitu color gamut sekitar 70% NTSC.

Review Poco M3

Sementara untuk perlindungan layarnya, smartphone ini menggunakan Corning Gorilla Glass 3 dan juga sudah tersertifikasi TÜV Rheinland® Low Blue Light certification.

Pada paket penjualannya, Poco M3 dilengkapi dengan:

  • Charger 18Watt
  • Kabel USB Type C
  • SIM card ejector
  • Paket dokumen
  • Case
  • Screen protector

Spesifikasi

Spesifikasi utama dari Poco M3, smartphone ini mengusung SoC  Snapdragon 662 dari Qualcomm. SoC ini difabrikasi dengan proses 11 nm, dengan konfigurasi CPU Kryo 260 + GPU Adreno 610, serta disokong dengan ISP Spectra 340T dan DSP Hexagon 683.

Spesifikasi Poco M3

Pada aspek memori, Opsi RAM/Storage yang tersedia ada dua pilihan yaitu 4GB/64GB dan 6GB/128GB. Pengguna masih bisa menambahkan media penyimpanan dengan slot microSD up to 512GB yang tersedia, jika membutuhkan storage yang lebih besar.

Pada aspek kamera, Poco M3 menggunakan kamera utama beresolusi tinggi yaitu 48MP f/1.79. Ini sangat jarang ditemui pada smartphone dikelasnya. Sensor ini juga dipasangkan dengan sesnor macro 2MP f/2.4, fixed focus dan depth sensor 2MP f/2.4.

Review Poco M3

Dengan konfigurasi tersebut, kamera mampu merekam video hingga 1080p@ 30FPS. Poco M3 juga menghadirkan beberapa fitur unggulan seperti Color Focus, Movie Frame dan Timelapse. Sedangkan untuk kamera selfienya menggunakan sensor 8MP F/2.1.

Baca Juga: Review POCO X3 NFC: Smartphone Rp 3 Jutaan Terbaik!

Tak ketinggalan dari aspek daya, smartphone ini menawarkan kapasitas baterai yang sangat besar yaitu 6000mAh. Baterai besar tersebut diisi dengan adaptor charge dengan pengisian 18W USB Type C, yang tersedia pada paket penjualan.

Aspek daya pada Poco M3 disebut menawarkan High Charge Cycle, hingga 25% lebih panjang dari rata-rata smartphone lain. Dengan berat yang di bawah 200 gram, ini merupakan smartphone yang terbilang relatif ringan untuk kapasitas baterai yang diusung.

Baterai POCO m3

Di sisi kelengkapan sensor, Poco M3 hanya menyediakan sensor seperti Accelerometer, Proximity, Ambient Light. Sayangnya belum ada sensor Gyroscope untuk smartphone ini, melainkan hanya ada virtual Gyroscope, yang tentunya responnya tidak sekencang sensor Gyroscope hardware.

Lalu di sisi konektifitasnya, selain jaringan selular 4G LTE, juga tersedia Wi-Fi 5, Bluetooth 5.0, FM Radio, IR Blaster. Belum tersedia NFC, dan hal itu tentu wajar karena smartphone ini sendiri masih di kategori entry level.

Dibagian softwarenya, Poco M3 menggunakan MIUI 12 for Poco, dengan basis Android 10.  Poco M3 juga sudah mendukung Widevine L1, yang memungkinkan pengguna memutar Netflix atau konten lain di resolusi HD.

Load Comments

Reviews

February 15, 2021 - 0

Review Infinix Hot 10 Play: Baterainya Jagoan!

Memasuki tahun 2021, Inifnix kembali merilis produk terbaru mereka Yaitu…
February 4, 2021 - 0

Review Oppo Reno5 5G: Smartphone 5G Termurah Saat Ini

Kali ini tim Jagat Review telah kedatangan smartphone Oppo Reno5…
January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…