Upaya Kementrian Kesehatan RI dan Halodoc Jadikan Telehealth sebagai Ekosistem Kesehatan Masa Depan

Author
Friska
Reading time:
October 22, 2021
Diskusi Hari Dokter Nasional Kemenkes IDI Halodoc

Pada hari Jumat (22/10), Halodoc bersama dengan Kementrian Kesehatan RI dan Ikatan Dokter Indonesia mengadakan webinar terkait pentingnya telemedis atau telehealth yang tengah berjalan dan cukup populer untuk digunakan oleh masyarakat di masa pandemi ini sebagai salah satu solusi transformasi digital di bidang dan industri kesehatan untuk masa depan. Webinar ini sendiri diadakan sebagai salah satu bentuk penyambutan Hari Dokter Nasional yang jatuh di tanggal 24 Oktober 2021 mendatang.

Dalam penjelasan yang diungkapkan oleh pihak Kementrian Kesehatan RI, pemerintah telah mengeluarkan roadmap transformasi digital dengan telehealth sebagai peranan dalam membantu mewujudkan layanan kesehatan yang merata dan inklusif, juga termasuk di dalam ekosistem kesehatan masa depan.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI, Setiaji, ST, M.Si. mengatakan, “Saat ini Kemenkes telah membentuk Digital Transformation Office dalam rangka mempersiapkan masa depan sistem kesehatan di Indonesia. Dalam beberapa tahun kedepan, masyarakat diharapkan bisa mengakses layanan kesehatan digital mulai dari dalam kandungan hingga menghadapi kondisi kritis, dimana semua rekam medis akan terintegrasi pada satu sistem, sehingga masing-masing orang nantinya akan memiliki personal health record. Teknologi seperti telehealth ini tidak hanya membantu para dokter meningkatkan skill, namun juga memperluas jangkauan layanannya.”

Halodoc sendiri merupakan aplikasi telehealth yang kerap digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa, di mana layanan Chat pada aplikasi ini menjadi yang paling diminati dengan terdapat sekiatr 20 juta pengguna bulanan aktif.

“Dengan bantuan dari 20.000 mitra dokter, pengalaman pengguna dan kualitas pelayanan konsultasi tetap terjaga meskipun terdapat lebih dari 10x pertumbuhan permintaan dalam platform kami, termasuk dukungan untuk program isolasi mandiri bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala ringan bersama Kementerian Kesehatan RI. Tak kalah penting, kami juga melihat perluasan sebaran pengguna yang telah memanfaatkan layanan Halodoc dengan 25% berasal dari daerah luar Pulau Jawa, seperti Sulawesi, Papua, Aceh, Bengkulu,” ujar Chief Business Officer & Co-Founder Halodoc, Doddy Lukito.

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Daeng M. Faqih, SH, MH turut menuturkan bahwa keberadaan Halodoc sebagai enabler dari telehealth ini sejalan dengan himbauan untuk mengurangi konsultasi tatap muka di masa pandemi, tetapi tetap bisa menjalankan peranannya sebagai dokter untuk melayani masyarakat.

“Sejak awal pandemi, IDI terus menghimbau para dokter untuk mengurangi praktik tatap muka, namun pelayanan pasien harus tetap berjalan dengan menggunakan APD lengkap. Layanan telemedis ini sangat luar biasa perkembangan dan manfaatnya, termasuk dalam mempercepat layanan vaksinasi hingga membuka akses pelayanan isoman. Tanpa bantuan teknologi, hal ini hampir mustahil dikerjakan, apalagi dengan pasien COVID-19 yang banyak, tenaga kesehatan terbatas, dan fasilitas RS yang serba kekurangan. Indonesia juga wilayahnya sangat luas, sehingga akses kesehatan harus dibuka selebar-lebarnya, dan telemedis adalah jawabannya”

 

Tags:

Load Comments

Reviews

April 29, 2022 - 0

Review itel Vision 3: Baterai Besar + Charger 18W, Harga Rp 1,1 Jutaan

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal brand itel. Ini…
April 29, 2022 - 0

Membahas MediaTek Dimensity 9000: Chipset Terbaik MediaTek untuk Smartphone Kelas Premium!

SoC/prosesor/chipset ini memang sengaja dibangun untuk menjadi dapur pacu smartphone…
April 28, 2022 - 0

Gaming Pakai MediaTek Helio G96: Sekencang Apa? (feat. Redmi Note 11 Pro)

MediaTek Helio G96 dikenal sebagai SoC terbaik dari Helio G…
April 26, 2022 - 0

Review Samsung Galaxy M33 5G: Kamera 4K, Performa Lebih Tinggi

Kita sudah melihat ada banyak smartphone yang diluncurkan dalam 4…

Accessories

February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…
October 26, 2021 - 0

Review Vivo TWS 2 ANC & Vivo TWS 2e

Bertepatan dengan perilisan Smartphone Vivo X70 Pro, Vivo juga meluncurkan…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…

Wearables

October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…