Review Smartphone Android: Vivo V5

Author
Friska
Reading time:
December 28, 2016

Untuk sebagian pengguna, memiliki smartphone bukan berarti menggunakannya hanya untuk sekadar telepon atau mengirim pesan saja. Kini, fitur lain seperti kamera dan video sudah menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki oleh sebuah smartphone sebagai pendukung aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi, dewasa ini budaya “selfie” juga semakin merajalela, menjadikan smartphone dengan kamera depan beresolusi tinggi merupakan smartphone yang sering dilirik oleh para pengguna.

Vivo yang merupakan salah satu merk smartphone cukup terkemuka pun turut menghadirkan smartphone dengan kamera selfie beresolusi tinggi di pasar smartphone Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Vivo memberikan smartphone yang diberi nama V5 tersebut dengan fitur kamera depan resolusi 20 megapixel! Penasaran seperti apa performa dan kualitas foto yang dihasilkannya? Simak dalam artikel ulasan kami berikut ini!

vivo-v5-2

Desain dan Spesifikasi

Dibandingkan dengan desain-desain dari kebanyakan smartphone yang hadir saat ini, harus diakui bahwa desain Vivo V5 ini tidak berbeda dengan desain beberapa smartphone tersebut. Dari segi penampakannya sendiri, Vivo V5 akan terlihat cukup identik dengan smartphone iPhone terbaru bahkan Oppo F1s. Yang sedikit membedakannya adalah posisi tombol volume, serta tombol home yang terdapat di permukaan bawah layar.

vivo-v5-3 vivo-v5-4

Vivo V5 ini memiliki bodi dan bingkai yang harus diakui terlihat cukup elegan dan lux. Pilihan warna dari Vivo V5 ini sendiri terdiri dari warna White dan Gold. Tapi tak lama kemudian, pilihan warna akan bertambah dengan pilihan warna Rose Gold dan Space Grey dalam waktu dekat. Dari segi bentuknya, smartphone ini tergolong cukup ramping dan ringan, dengan tetap cukup kokoh secara keseluruhannya. Bodinya juga cukup nyaman untuk digenggam dan dioperasikan dengan mudah, walau mungkin pengguna butuh menggunakan casing bawaan dari paket penjualan agar bodi tidak terasa licin dan mudah selip.

vivo-v5-7
lokasi tombol volume dan power
vivo-v5-5
lokasi port SIM card/microSD cad
vivo-v5-6
lokasi port jack audio 3.5mm, mic, speaker, dan port microUSB

Sisi kanan dari Vivo V5 ini merupakan posisi tombol volume juga tombol power, di mana pada bagian sisi kirinya merupakan posisi slot SIM card dan microSD card. Jika slot microSD card tak digunakan, slot ini juga berfungsi sebagai slot kedua untuk SIM card (hybrid slot).

Untuk port jack audio 3.5mm, port microUSB serta mic dan speaker, semuanya berada di sisi bawah smartphone. Pada bagian permukaan atas, merupakan posisi kamera selfie bersama dengan speaker receiver. Sementara di bagian bawah smartphone merupakan posisi “tombol” home yang juga sekaligus menjadi sensor Fingerprint. Untuk posisi kamera utama, berada di bagian atas bodi belakang.

Vivo V5 memiliki layar 5.5 inch beresolusi 720 x 1280 pixel HD dengan layar IPS yang telah dilapisi Corning Gorilla Glass. Layarnya sendiri memiliki body-to-ratio 71,8% sehingga layar utama dari Vivo V5 ini sendiri akan terlihat cukup besar dengan bingkai yang tak terlalu tebal.

vivo-v5-8

Smartphone ini sendiri dipersenjatai dengan prosesor octa-core MediaTek MT6750 1.5GHz, dengan RAM 4GB, serta storage internal 32GB yang bisa ditambahkan hingga 128GB. Kamera selfienya beresolusi 20 megapixel dengan menggunakan sensor Sony IMX376 yang memiliki ukuran 1/2.78 inch dan aperture f/2.0, dan telah dilengkapi dengan fitur Selfie Softlight dan Face Beauty 6.0 untuk hasil foto selfie yang lebih natural. Sementara kamera utamanya memiliki resolusi 13 megapixel yang dapat merekam video kualitas 1080@30fps dan memiliki mode Professional untuk pengaturan kamera manual yang lebih baik.

Vivo V5 memiliki sensor Fingerprint untuk akses unlock lebih cepat hanya 0.2 detik. Selain itu, Vivo V5 juga memiliki teknologi audio Hi-Fi menggunakan chip AK4376 yang mampu menghasilkan kualitas suara terbaik. Dukungan lainnya yang hadir di Vivo V5 ini juga termasuk di antaranya konektivitas 4G LTE, sensor yang tergolong lengkap termasuk Gyro dan Accelerator, kapasitas baterai 3000mAh, serta menggunakan FunTouch OS 2.6 yang berbasis Android 6.0 Marshmallow.

vivo-v5-11
kelengkapan paket berupa user manual, kartu garansi, adapter & kabel USB, serta earphone
vivo-v5-9
ki-ka: slot SIM/microSD card dan Pin untuk membuka slot SIM
vivo-v5-10
terdapat softcase yang juga didapatkan dari paket penjualan

Paket penjualan dari Vivo V5 ini sendiri tergolong lengkap, dengan terdapat softcase yang tersedia langsung di dalam box, kartu garansi, user manual, kabel charger (USB) dan adapternya, serta earphone.

Load Comments

Reviews

March 18, 2024 - 0

Review Tecno Spark 20 Pro+: Tipis, Ringan, AMOLED 120 Hz, dan tetap Kencang

Yang satu ini mungkin akan jadi smartphone dengan desain paling…
March 14, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad 11.5 PaperMatte Edition: Tablet HUAWEI Layar Unik dan Aksesoris Lengkap

Huawei Matepad 11.5 PaperMatte Edition, ini adalah varian dari Matepad…
March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…
June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…