in: Reviews | October 2, 2017 | by: Irham

Review Samsung Galaxy Tab S3

Samsung tampaknya menjadi satu-satunya brand yang konsisten menghadirkan produk tablet, baik secara global maupun di tanah air. Kali ini Samsung muncul dengan tablet kelas flagship andalan mereka yaitu Samsung Galaxy Tab S3.

Adapun Galaxy Tab S3 kali ini hadir dengan fitur yang lebih menunjuang. Selain hadir dengan fitur S-Pen seperti Galaxy Note, kini Galaxy Tab S3 juga memiliki dukungan stereo Quad speaker AKG, dan juga dukungan Wireless Keyboard dengan konektor Pogo. Dengan semua fitur tersebut, Galaxy Tab S3 diharapkan mampu memenuhi kebutuhan kerja professional kerja modern yang membutuhkan mobilitas kerja tinggi.

Seperti apa kemampuan Galaxy Tab S3 sesungguhnya, simak reviewnya berikut ini.

Desain

front

Galaxy Tab S3 mengusung desain kaca “Signature Glass” unibody yang tampak solid dan dibingkai dengan frame berbahan metal. Solid karena kaca yang digunakan pun tahan gores, baik pada panel depan maupun belakang, sayangnya kami tidak memiliki informasi lebih lanjut mengenai apa jenis kaca yang digunakan, namun kami mencoba menggoresnya menggunakan benda keras dan tajam seperti obeng, dan Galaxy Tab S3 dapat bertahan dengan hal tersebut. Tentu jika menggunakan material kaca, maka prioritas utama yang akan dinilai konsumen adalah soal durabilitas.

back

Sementara dari segi tampilannya, Galaxy Tab S3 sebenarnya terihat biasa-biasa saja, tak ada yang terlalu istimewa, kecuali tampilan desain kaca dan bentuk yang sangat ramping memang membuatnya jauh lebih elegan. Perangkat ini memiliki ukuran dimensi 237.3 x 169.0 x 6.0 mm. Tampak Tab S3 tidak mau kalah saing soal ketipisan dengan smartphone terkini. Sementara bobotnya yaitu sebesar 434 gram.

Galaxy-Tab-S3-1

Ukuran layar pada Galaxy Tab S3 adalah sebesar 9,7 inci, sama seperti generasi sebelumnya yaitu Galaxy Tab S2. Fingerprint terletak di bagian depan, yaitu di bagian tengah bawah yang juga dikombinasikan sebagai tombol home. Sementara tombol back berada di sebelah kanan dan tombol recent app di sebelah kiri, yang dilengkapi dengan lampu backlit.

Galaxy-Tab-S3-2

Galaxy-Tab-S3-4

Galaxy-Tab-S3-3

Galaxy-Tab-S3-5

Galaxy Tab S3 memiliki konektor USB Type C yang terletak di bagian bawah, berdekatan dengan lubang Jack 3,5mm yang juga berada di bagian bawah. Di sisi sebelah kiri, terdapat konektor pogo yang digunakan untuk  koneksi ke portable keyboard. Tombol power dan volume berada di sisi bagian kanan, begitu pula dengan slot SIMCard serta MicroSD. Yang menarik, Galaxy Tab S3 menggunakan empat buah speaker stereo by AKG Harman. Suaranya cukup megah dan sangat cocok bagi pengguna yang senang memutar multimedia.

Cukup disayangkan, Samsung tidak menyediakan tempat atau slot khusus untuk aksesoris S-Pen, sehingga agak sedikit mengkhawatirkan apabila S-Pen terjatuh atau hilang. Tidak seperti perangkat Galaxy Note yang memiliki slot S-Pen di bagian sisi.

Spesifikasi

Galaxy Tab S3 memiliki layar AMOLED dengan resolusi QXGA berukuran 9,7 inci, SoC Snadpragon 820 Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo+ GPU Adreno  530). Untuk RAM, perangkat ini dibekali dengan memori berkapasitas 4GB sedangkan internal storage sebesar 32 GB. Layar Galaxy Tab S3 terlihat tampak sangat terang, tentunya berkat panel AMOLED yang digunakan. Tab S3 ini terasa nyaman dipandang, dan juga memiliki visbilitas yang sangat baik.

Galaxy-Tab-S3-9

Untuk fitur kamera, Galaxy Tab S3 mempunyai sensor berukuran 13 MP pada kamera bagian utama, sedangkan kamera depan memiliki sensor beresolusi 5MP. Adapun sensor yang dimiliki cukup lengkap termasuk diantaranya Accelerometer, Proximity, Gyro Sensor, Ambient light,  Compass dan juga fingerprint sensor. Namun, tidak seperti smartphone kelasflagship Samsung, untuk tablet flaghsip mereka ini tidak dibekali dengan fitur tahan percikan air maupun debu.

Untuk konektivitas, Galaxy Tab S3 telah mendukung jaringan 4G , Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, sistem navigasi A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, serta USB Type C v 1.0. Perangkat ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 6000mAh dan berjalan menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.0. Untuk pengisian, Galaxy Tab S3 juga telah dibekali dengan pengisian Adaptive Fast Charging. Sayangnya perangkat ini tidak mendukung konektivitas NFC.

Pada paket penjualannya, Galaxy Tab S3 dibekali dengan aksesoris diantaranya adaptor charger, kabel USB Type C, buku panduan dan kartu garansi serta S-Pen. S-Pen tentunya juga menjadi keunggulan utama dari Samsung Galaxy Tab S3, dimana S-Pen dapat digunakan untuk berkreasi dengan beragam fitur yang dimilikinya.

tab-s3-1

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS