in: News | January 31, 2018 | by: Friska

Jagat Gadget Awards 2017: Best Smartphone Di Bawah Rp 1 Juta

Mengikuti kebiasaan kami setiap tahunnya, kini saatnya bagi kami untuk menyajikan beragam artikel penghargaan yang mungkin sudah ditunggu-tunggu oleh para pembaca setia sekalian, Jagat Gadget Awards 2017, di mana kami akan memberikan penghargaan untuk smartphone keluaran tahun 2017 kemarin yang menurut kami masih layak untuk digunakan di tahun 2018 ini.

Setelah beragam rentang harga mulai dari yang termahal dan premium, kini saatnya untuk memberikan penghargaan kepada Best Smartphone yang memiliki harga di bawah Rp 1 juta.

Di rentang harga ini, sesuai dengan tebakan Anda, akan terdiri dari beberapa jenis smartphone kelas entry yang spesifikasinya menang tidak signifikan tinggi dan hanya standar saja untuk digunakan sehari-hari seperti telepon atau SMS. Tapi dengan harga di bawah Rp 1 juta ini, sekarang Anda sudah bisa menemukan beberapa buah produk yang cukup mumpuni digunakan bahkan untuk keperluaan chatting atau media sosial sekalipun. Konektivitas 4G pastinya akan jadi yang utama, mengingat konektivitas ini merupakan yang paling dicari untuk bisa berselancar di internet sekaligus mulai menggeser posisi 3G yang masih digunakan di beberapa wilayah di Indonesia.

Dari berbagai smartphone yang dihargai di bawah Rp 1 juta, inilah yang kami pilih:

Gold Award – Xiaomi Redmi 5A

Sudah bukan jadi hal yang mengejutkan bahwa Xiaomi kerap hadir dengan membawa sejumlah produk smartphone yang lebih terjangkau, tetapi masih mampu menyajikan fitur dan spesifikasi yang cukup tinggi. Xiaomi Redmi 5A ini telah resmi hadir untuk pasar Indonesia dengan harga yang sangat mengejutkan, yakni Rp 999.000 saja!

Tak hanya itu saja, Redmi 5A ini bisa dibilang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi ketimbang beberapa smartphone kelas entry lainnya, dengan layar 5 inch resolusi HD dan RAM 2GB serta kapasitas storage 16GB. Smartphone ini juga dipersenjatai dengan SoC Qualcomm Snapdraon 425, kamera utama 13 MP dan kamera selfie 5 MP, konektivitas 4G LTE dengan baterai 3000mAh. Dan yang menariknya lagi, smartphone ini memiliki tiga tray terpisah untuk dual SIM card dan microSD card sekaligus. Memang tidak ada Fingerprint tersedia di smartphone ini, akan tetapi Xiaomi menyematkan fitur Infrared yang bisa digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik lainnya hanya dengan sentuhan smartphone saja.

Melihat dari fitur dan spesifikasi yang dimilikinya, rasanya sudah jelas bahwa Xiaomi Redmi 5A memang pantas untuk mendapatkan penghargaa Gold untuk Best Smartphone dengan harga di bawah 1 juta kali ini.

Kelebihan:

+ Konektivitas 4G LTE
+ Tiga tray terpisah untuk dual SIM+microSD card
+ Sensor Infrared dan Compass
+ Daya tahan baterai cukup baik

Silver Award – GenPro X

Smartphone dengan harga di bawah Rp 1 juta, jika melihat dari pasar dan toko retail smartphone, memang lebih banyak didominasi dengan beragam smartphone merk lokal yang sesungguhnya tidak kalah jika dibandingkan dengan merk luar. Salah satunya yang berhasil menarik perhatian kami untuk penghargaan ini adalah GenPro X.

Masih satu perusahaan dengan Evercoss, GenPro X hadir dengan layar 5 inch resolusi HD yang memiliki jeroan berupa SoC Qualcomm Snapdragon 212 dengan RAM 2GB dan storage 16GB. Konektivitas sudah mendukung 4G LTE, dengan memiliki sensor yang cukup lengkap di kelasnya termasuk sensor Gyroscope. Kameranya sendiri terdiri dari kamera utama resolusi 13 MP serta kamera depan 5 MP, sementara itu smartphone ini telah memiliki kapasitas baterai 2560mAh yang nampaknya lebih dari cukup untuk bisa digunakan sehari-hari.

Untuk sebuah smartphone yang ditargetkan untuk kelas entry, harus diakui bahwa GenPro X ini terbilang cukup ideal untuk dimiliki. Memang, akan sangat sulit untuk bisa melawan Xiaomi Redmi 5A yang terbilang hampir sempurna untuk smartphone kelas entry saat ini, akan tetapi GenPro X bisa jadi alternatif terbaik jika Anda menginginkan smartphone murah dan terjangkau, akan tetapi sulit untuk bisa mendapatkan Redmi 5A di pasaran karena masih tingginya permintaan akan smartphone tersebut hingga saat ini.

Kelebihan:

+ Spesifikasi lumayan
+ Konektivitas 4G LTE
+ Sensor cukup lengkap
+ Dukungan Dual SIM Standby
+ Paket penjualan lengkap

Honorable Mention – Andromax Prime

Kami bisa mengerti pertanyaan yang muncul di benak Anda ketika membaca nama produk ini, dan kami tahu bahwa “smartphone” ini tidak nampak seperti smartphone pada umumnya. Alih-alih berbentuk seperti smartphone pada umumnya, Andromax Prime ini memang tampil dengan bentuk feature phone yang sepertinya sudah mulai langka ditemukan di pasaran.

Mengesampingkan bentuk dan tampilannya seperti feature phone, fitur-fitur utama yang disajikannya sendiri sebenarnya hampir mendekati smartphone Android paling terjangkau saat ini, dengan berbekal konektivitas 4G LTE serta punya beberapa aplikasi chatting dan media sosial populer seperti WhatsApp, YouTube serta Facebook. Smartphone yang satu ini memang ditargetkan untuk mereka yang hendak beralih ke smartphone berkonektivitas 4G, tetapi belum bisa lepas sepenuhnya dari keypad numeric (T9).

Layar sentuh, performa tinggi maupun kamera yang bagus memang bukan jadi andalan utamanya, akan tetapi buat mereka yang memang memerlukan sebuah smartphone yang sudah bisa 4G, membuka aplikasi populer yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat, rasanya Andromax Prime ini bisa dilirik juga sebagai alternatif. Harganya? Tak perlu khawatir bikin dompet jebol, karena Andromax Prime ini dibanderol Rp 349.000 saja!

Kelebihan:

+ Dukungan konektivitas 4G LTE
+ Harga sangat terjangkau
+ Sudah disematkan aplikasi populer seperti WhatsApp, YouTube, dan Facebook

: , , ,

COMMENTS