in: Featured - Reviews | January 12, 2018 | by: Irham

Review Redmi 5A: Susah Dilawan!

Xiaomi menutup tahun 2017 dengan cukup fenomenal saat meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Redmi 5A. Bagaimana tidak, smartphone ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp. 999.000. Redmi 5A disebut-sebut sebagai entry level killer dengan menawarkan spesifikasi tertinggi dibandingkan produk sekelas.

Dengan penuh percaya diri, Xiaomi menyebut Redmi 5A sebagai smartphone terbaik di kelasnya. Xiaomi memang lebih mementingkan harga yang lebih terjangkau ketimbang spek yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya yaitu Redmi 4A. Mengusung spesifikasi yang overall hampir mirip, sebenarnya kita tidak terlalu penasaran untuk kemampuannya performa. Tapi meskipun harganya jauh lebih murah, Redmi 5A rupanya tetap memiliki peningkatan dibandingkan Redmi 4A.

Apa saja peningkatan yang dihadirkan oleh Xiaomi di Redmi 5A, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain

Perangkat ini memang terlihat memiliki desain yang lebih mewah di bandingkan generasi sebelumnya. Karena perangkat yang satu ini kini hadir dengan konsep unibpody. Meskipun masih menggunakan material yang sama yaitu polycarbonate, namun body Redmi 5A terlihat lebih kokoh dengan frame berbahan aluminium.

Varian yang kami pegang berwarna Dark Grey. Dimana pada panel depan atau bezel memiliki warna hitam sedangkan penampang bagian belakang berwarna abu-abu atau silver. Paduan warna antara hitam dan silver ini membuat Redmi terlihat lebih mewah. Panel bagian depan juga sudah dilengkapi dengan proteksi layar Gorilla Glass. Meski kami tak tahu Gorilla Glass versi apa yang digunakan, tapi setidaknya layar depan sudah cukup aman dari goresan tanpa perlu menggunakan screen protector tambahan.

Tombol navigasi berada di bezel bagian bawah dengan posisi khas Xiaomi yaitu recent app di kiri, home di tengah dan back di sebelah kanan. Sayangnya tombol navigasi ini tidak dilengkapi dengan lampu backlit. Maklum, harga yang ditawarkan pun sudah sangat murah. Tapi untuk lampu indikator masih tetap tersedia, yaitu di bagian tengah atau tepat di tombol home. Sensor kamera depan berada di bezel atas, tepat di speaker telepon.

Beralih ke bagian belakang, Redmi 5A memiliki penampang yang polos dengan modul kamera di sudut kiri atas, serta logo Mi di tengah. Selain itu terdapat pula grill speaker di bagian bawah. Berbeda dengan Redmi 4A yang terlihat berbentuk kotak, Redmi 5A memiliki bentuk yang tampak lebih ramping.

Tombol power dan volume terdapat disisi sebelah kanan sementara disisi kiri terdapat slot SIMCard dan MicroSD. Disisi bagian atas terdapat terdapat lubang jack 3,5mm IR Blaster, sementara bagian bawah terdapat slot MicroUSB.

Yang menarik adalah kini Redmi 5A kini dibekali dengan dua Slot SIMcard+ MicroSD dedicated.  Sehingga pengguna tidak perlu menggunakan slot SIMcard 2 dan MicroSD secara bergantian. Slot SIM1 dan Micro SD digabung dalam satu slot, sementara slot SIMCard 2 terpasang sendiri. Dan juga menjadi kelebihan tersendiri bagi Xiaomi, dimana selalu tersedia IR Blaster yang dapat digunakan sebagai remote control pada perangkat elektronik di rumah.

Spesifikasi

Pada dasarnya, spesifikasi dari Xiaomi Redmi 5A mirip dengan generasi sebelumnya yaitu Redmi 4A. Spesifikasi lengkap dari Xiaomi Redmi 5A antara lain layar 5 inci dengan resolusi HD, SoC Snapdragon 425 (Quad-Core Corex A53 1,4GHz + GPU Adreno 308), RAM 2GB serta internal storage 16GB. Pengguna bisa menambahkan media penyimpanan menggunakan slot memori eksternal yang tersedia.

Kamera utama yang tersedia yaitu 13MP dan kamera depan 5MP. Ini pun juga sama dengan generasi sebelumnya yaitu Redmi 4A. Kami tak berekspektasi banyak untuk kemampuan kamera dari Redmi 5A melihat tidak ada perubahan dari segi sensor maupun resolusi yang dihadirkan. Tapi seperti apa kemampuan kamera sesungguhnya, dapat anda simak di halaman ketiga.

Perangkat ini juga dibekali baterai berkapasitas 3000mAh. Melihat ukurannya yang kini makin ramping, namun rupanya Xiaomi masih mampu menghadirkan kapasitas baterai yang cukup besar untuk perangkat ini. Jangan tanyakan apakah perangkat ini sudah dibekali dengan fitur quick charge, karena untuk harga yang ditawarkan anda tentu sudah tahu jawabannya.

Beralih ke konektivitas, kedua slot yang tesedia telah mendukung 4G. Namun pengguna tentunya harus memilih slot SIMcard mana yang dijadikan sebagai koneksi utama untuk internet 4G. Selain itu perangkat ini juga telah didukung dengan koneksi Bluetooth 4.2, GPS/Glonas, dan Wi-Fi  b/g/n.

Dari segi sensor, perangkat ini dilengkpai sensor acceleration, ambience light, proximity dan juga compass. Tidak ada sensor Gyroscope, karena tampaknya Xiaomi juga cukup mengerti jika perangkat entry level miliknya ini pun juga belum memadai untuk kebutuhan VR. Bagusnya, Xiaomi lebih memilih menyediakan compass yang tenunya sangat dibutuhkan untuk navigasi pada aplikasi pemetaan seperti Google Maps atau Waze.

Redmi 5A berjalan menggunakan MIUI 9 berbasis Android Nougat 7.1. Beberapa fitur yang tersedia termasuk diantaranya antara lain, micloud, mi drop, security, Applock dan dual apps.

Pada box penjualan Redmi 5A, didalamnya terdapat unit handset, charger dengan output 5V 1A, kabel USB, kartu garansi dan buku petunjuk, paket kartu perdana dari Indosat serta pin ejector SIMCard.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS