in: Featured - Highlights - Reviews | October 21, 2018 | by: Irham

Review Honor 10: Flagship Murah Dengan Fitur Premium Lengkap

Honor terus memborbardir pasar smartphone tanah air dengan deretan smartphone terbaru mereka. Mulai dari yang paling terjangkau hingga kelas flagship, telah dihadirkan oleh Honor guna menjawab kebutuhan konsumen tanah air yang cukup beragam.

Honor 10 adalah pilihan flagship terjangkau yang coba ditawarkan oleh Honor. Meskipun saat ini pasar flagship smartphone di tanah air juga cukup ramai, Honor cukup pede produknya yang satu ini bisa bersaing, bahkan bisa salah satu pilihan terbaik yang dapat dipilih oleh konsumen.

Tapi kami tak akan percaya begitu saja sebelum menjajal sendiri produk yang mereka klaim sebagai flagship terjangkau tersebut. Apakah smarpthone ini benar-benar dapat diandalkan? Kami tentunya akan melakukan rangkaian tes review untuk membuktikan kehebatan Honor 10. Simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Desain

Secara bentuk, desain dari Honor 10 tidak terlalu banyak memberi kesan saat pandangan pertama. Hanya saja untuk ukuran, smartphone ini memang memiliki ukuran 5,8 inci yang sangat cocok untuk pengguna yang memiliki telapak tangan tidak begitu besar. Sehingga lebih pas didalam genggaman. Perangkat ini mengusung material kaca unibody dengan frame berbagan metal. Untuk varian yang kami uji yaitu warna Phantom Black. Honor 10 tersedia dengan dua warna lain yang sebenarnya akan lebih cantik, yaitu Phantom Blue dan Phantom Green.

Membahas desain bagian depan, untuk layar Honor 10 juga sudah mengikuti tren terkini dengan mengusung layar FullView berukuran 5,8 inci dengan notch dibagian atas. Ukuran notch tidak terlalu lebar, dimana pada bagian notch terlihat komponen seperti kamera, light sensor, LED notif dan juga speaker handset. Namun pada bagian bawah, masih tersisa bezel tebal dimana fingerprint disematkan disana. Sensor fingerprint hampir tidak terlihat karena tidak ada kesan menonjol atau cekung di bagian tersebut, hanya ada garis berbentuk oval yang menandakan sensor fingerprint di sana. Penampang bagian depan telah dilindungi dengan kaca pelindung Gorilla Glass, yang tidak disebutkan versi berapa.

 

Beralih ke bagian belakang, juga menggunakan material kaca Gorilla Glass, bentuk penampang bagian terlihat memiliki kontur yang melengkung pada bagian pinggir. Ini memberikan grip yang cukup nyaman ditangan pengguna, disamping permukaan kaca yang tentunya terasa licin dan beresiko tergelincir. Penampang kaca berkilau dengan pantulan cahaya yang memberikan aksen berbentuk garis-garis vertikal.

Di sudut kanan atas terdapat dua buah sensor kamera dengan posisi menyusun horizontal dan juga terdapat lampu LED Flash di sisi sebelah kanan. Di sudut kiri atas terdapat teks AI Camera, yang menandakan keunggulan fitur kamera pada smartphone yang satu ini. Selain itu terdapat pula logo Honor berada di bagian bawah.

Di sisi bagian bawah terdapat lubang konektor USB Type-C, lubang jack 3,5 mm untuk earphone dan juga grill speaker mono. Terdapat pula garis antena di kedua ujungnnya. Di sisi sebelah kanan, terdapat tombol power dan juga volume, sedangkan di sisi kiri terdapat tray SIMCard Dual Slot. Tidak ada slot microSD card pada smartphone ini. Disisi bagian atas terdapat sensor Infra Red, yang tampaknya juga menjadi keunggulan tersendiri bagi smartphone ini.

Spesifikasi

Spesifikasi Honor 10 cukup menarik untuk harga yang ditawarkan. Meski tidak serba paling tinggi untuk smartphone sekelas, tapi Honor 10 menawarkan spek yang terbilang komplek dan seimbang di setiap sisi. Smartphone ini menggunakan panel layar IPS LCD 5.8 inci FullHD+ (1080×2280) dengan kerapatan piksel 432 ppi, dengan rasioScreen-to-Body 80,01%, dan tingkat kecerahan maksimal 500 nits.

Beralih ke sisi SoC, smartphone ini dibekali dengan SoC Kirin 970 (Octa-Core 4x Cortex A53 + 4x Cortex A73 2.3GHz 64 bit + GPU Mali-G72 MP12) , SoC yang sama digunakan pada Huawei P20 Pro. Serta dibekali dengan RAM berkapasitas 4GB dan internal storage 128GB. Untuk baterai, smartphone ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 3400mAh, yang juga didukung dengan pengisian cepat Huawei/Honor yaitu Super Charge.

Sementara dari sisi kamera, Honor 10 hadir dengan dual sensor dimana sensor utama yaitu 16 MP, f/1.8, dan sensor sekunder 24 MP B/W, f/1.8, PDAF. Sedangkan kamera depan terdapat sensor yang juga cukup besar yaitu 24MP F/1.8. Beragam fitur kamera yang ada pada Honor 10 antara lain AI Camera, smart HDR, dan juga EIS untuk video.

Honor 10 berjalan menggunakan sistem operasi Android Oreo 8.1 dengan UX EMUI. Sensor yang tersedia cukup lengkap mulai dari Accelerometer, Proximity, Light Sensor, Compass hingga Gyroscope. Konektivitas yang tersedia mulai dari GSM/3G/LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, A-GPS, GLONASS, BDS Bluetooth 4.2 Aptx HD, NFC, USB Type C, dan juga OTG

Pada paket penjualan, smartphone ini dibekali dengan adapator charger, kabel USB Type C, buku panduan dan kartu garansi, SIM ejector, dan juga jelly case. Sayangnya, unit headset belum tersedia di perangkat yang satu ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS