Review Galaxy Tab S4: Tablet Android Terbaik Yang Tak Punya Lawan

Author
Irham
Reading time:
November 29, 2018

Di bulan Agustus silam, Samsung kembali merilis produk tablet flagship mereka yaitu Galaxy Tab S4. Perangkat ini melenggang tanpa aral di pasar tablet yang belakangan ini memang tidak terlalu ramai oleh brand-brand teknologi. Bahkan Samsung bisa dibilang menjadi satu-satunya produsen yang menelurkan produk tablet secara konsisten, khususnya untuk tablet kelas premium.

Galaxy Tab S4 menjadi suksesor dari generasi sebelumnya yaitu Galaxy Tab S3, yang tentunya membawa beberapa peningkatan. Didapuk sebagai perangkat tablet yang mampu melibas segala kebutuhan pengguna baik untuk komunikasi, kerja hingga hiburan, Galaxy Tab S4 yang tak punya lawan tandingan ini dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi yaitu kisaran Rp. 10 jutaan. Apakah harga tersebut pantas untuk sebuah perangkat Galaxy Tab S4. Simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Secara desain Galaxy Tab S4 ini tidak berubah jauh dari pendahulunya yaitu Galaxy Tab S3. Tablet premium tertinggi Samsung ini kembali mengusung material desain dengan kaca unibody dan frame metal yang kokoh. Namun perangkat ini terlihat memiliki bezel yang lebih kecil dibandingkan produk pendahulunya. Tablet ini juga terlihat sangat ramping, dan kini mengusung ukuran layar yang sedikit lebih besar, yaitu 10,5 inci.

9 Galaxy Tab S4

Perangkat ini memiliki kesan premium sejak pandangan pertama berkat material kaca yang diusungnya, namun disisi lain membuat perangkat terasa licin dipegang. Apalagi ini adalah sebuah perangkat tablet, yang tak akan mudah dipegang cukup dengan menggunakan satu tangan. Sangat disarankan menggunakan aksesoris cover tambahan.

Di sisi bagian bawah terdapat slot USB Type C dan juga lubang jack 3,5 mm. Disisi kanan atas terdapat tombol power yang berada diatas tombol volume. Sedangkan untuk tray SIM Card tersedia di sisi kanan bagian bawah.

20 Galaxy Tab S4 8 Galaxy Tab S4

Pada bagian sisi kiri terdapat konektor pogo pin, yang berfungsi sebagai konektor keyboard. Konektor Pogo berfungsi sebagai konektor ke perangkat keyboard, dan juga aksesoris Charging Dock untuk pengisian daya dan

6 Galaxy Tab S4 Galaxy Tab S pogo standalone 500x359

Terdapat Quad Speaker stereo yang menjadi salah satu keunggulan dari tablet yang satu ini. Grill speaker berada di bagian sisi bawah dan atas bejumlah empat. Suara speaker berteknologi AKG ini terbilang sangat memuaskan. Untuk kebutuhan entertainment seperti memutar audio, film maupun game, akan tablet ini sangat terasa nyaman didengar.

7 Galaxy Tab S4 5 Galaxy Tab S4

 

Penampang bagian belakang terlihat simple dengan balutan kaca berwarna hitam. Terdapat single sensor kamera di bagian tengah atas, logo Samsung dan juga logo AKG dibagian bawah, yang menandakan teknologi speaker yang disematkan pada perangkat tersebut.

3 Galaxy Tab S4

Tak lengkap jika tak membahas aksesoris pendukung Tab S4 yaitu stylus S-Pen dan Keyboard. Aksesoris S-Pen untuk Galaxy Tab S4 sudah termasuk di dalam box paket penjualan Galaxy Tab S4. Bentuk S-Pen untuk Tab S4 ini terlihat lebih mirip dengan pulpen atau pena biasa. Yaitu dengan body berbentuk bulat dan panjang sekitar 15 cm, membuatnya terasa nyaman di dalam genggaman. Pengguna akan merasa seperti memegang pulpen sungguhan ketimbang sebuah stylus. Tentunya ini akan meningkatkan pengalaman pengguna saat menulis ataupun menggambar. Mata pena memiliki ukuran 0.7mm dengan sensitivitas sebanyak 4096.

14 Galaxy Tab S4

Untuk Keyboard, merupakan aksesoris yang terpisah dari paket penjualan Galaxy Tab S4. Keyboard terkoneksi dengan perangkat Tab S4 menggunakan pin pogo yang berada di sisi perangkat. Tombol keyboard memiliki susunan yang cukup familiar dengan keyboard pada perangkat laptop, sehingga memudahkan pengguna untuk beradaptasi pada perangkat saat bekerja. Di bagian sisi kiri keyboard terdapat S-Pen cap, dimana pengguna bisa meletakan aksesoris S-Pen dengan aman.

16. Galaxy Tab S4

Secara ergonomi, perangkat ini cukup nyaman digunakan karena selain berfungsi sebagai keyboard juga sebagai aksesoris cover untuk perangkat. Hanya saja, karena perangkat keyboard hanya dapat terhubung menggunakan pogo pin yang tersedia, sehingga pengguna hanya bisa menggunakan tablet dan keyboard di satu sudut saja. Fleksibilitas sudut antara keyboard dan layar tablet menjadi terbatas.

11 Galaxy Tab S4

1 Galaxy Tab S4 Keyboard tidak dibekali dengan baterai, dimana pengguna cukup menghubungkannya ke perangkat tablet. Namun pengguna tidak perlu khawatir daya pada perangkat tablet akan cepat habis, karena daya yang dibutuhkan untuk keyboard juga sangatlah efisien.

Spesifikasi

Pada dasarnya Galaxy Tab S4 menjadi tablet Android dengan spesifikasi tertinggi saat ini. Perangkat ini mengusung layar Super AMOLED 10.5 inci dengan resolusi maksimal 2,560 x 1,600p, dan rasio 16:9. Didukung dengan SoC Snapdragon 835 serta RAM berkapasitas 4GB dan internal storage sebesar 64 GB, perangkat ini sudah mampu mengakomodir beragam kebutuhan produktivitas pengguna. Namun pengguna juga bisa menambah kapasitas storage dengan menggnakan MicroSD melalui slot yang tersedia.

CPU Z

Pada fitur kamera, Galaxy Tab S4 dilengkapi dengan kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP. Kamera nampaknya tidak menjadi sebuah fitur unggulan pada Galaxy Tab S4, karena perangkat tablet seperti ini tampaknya memang kurang ideal untuk kebutuhan fotografi. Terutama karena ergonominya yang kurang nyaman digunakan dalam aktivitas berfoto ria. Galaxy Tab S4 lebih cenderung menonjolkan fungsi-fungsinya sebagai pengganti laptop/PC. Namun sekedar mengabadikan foto, mengambil dokumen dan merekam video 4K sudah mampu diakomodir kamera di Galaxy Tab S4.

4 Galaxy Tab S4 10 Galaxy Tab S4

Kapasitas baterai yang besar menjadi salah satu keunggulan dari Galaxy Tab S4. Tablet premium ini dibekali dengan baterai berkapasitas 7300mAh. Selain itu juga untuk pengisian daya dibekali dengan Adapative Fast Charging milik Samsung pada paket penjualannya.

Untuk sensor, semua telah tersedia mulai dari ambience light, accleration, porximity, compass, dan gyroscope. Untuk fitur otentikasi keamanan, perangkat ini hanya dibekali dengan pemindai wajah dan sensor iris scanner. Sepertinya Samsung sengaja menghilangkan fitur fingerprint yang pada seri sebelumnya ada pada bagian bawah layar, guna membawa layar yang lebih besar tanpa menambah ketebalan bezel, yang tentunya mengurangi screen-to-body ratio perangkat.

Agar pengalaman “mirip Laptop” lebih dapat dirasakan pengguna, Samsung menambahkan fitur Samsung DeX yang di Tab S4. Mode ini memungkinkan perangkat tampil dengan UI yang mirip dengan platform komputer desktop. Tujuannya yaitu agar pengguna bisa lebih familiar dengan tampilan yang biasa digunakan saat bekerja menggunakan laptop/PC.

Dengan mode ini multitasking dengan beberapa aplikasi kerja akan lebih mudah terlihat, karena aplikasi-aplikasi yang berjalan bisa ditampilkan dengan tampilan “window”. Berbeda dengan mode tampilan Android yang hanya memungkinkan pengguna melakukan multitasking dengan mode split screen.

Pada paket penjualannya, tablet ini dibekali dengan buku panduan dan kartu garansi, kabel USB Type, Adaptor Charger, headset, S-Pen, serta pilihan karet earbud untuk headset.

18 Galaxy Tab S4
Load Comments

Reviews

March 18, 2024 - 0

Review Tecno Spark 20 Pro+: Tipis, Ringan, AMOLED 120 Hz, dan tetap Kencang

Yang satu ini mungkin akan jadi smartphone dengan desain paling…
March 14, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad 11.5 PaperMatte Edition: Tablet HUAWEI Layar Unik dan Aksesoris Lengkap

Huawei Matepad 11.5 PaperMatte Edition, ini adalah varian dari Matepad…
March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…
June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…