in: News | February 21, 2019 | by: Dedy Irvan

Samsung Galaxy S10e: Spesifikasi, Harga dan Paket Pre-Order Smartphone Kecil yang Canggih

Samsung Galaxy S10e hadir sebagai pelipur lara bagi mereka yang menyukai smartphone dengan bodi relatif kecil. Ya, tidak semua orang menyukai layar besar. Bisa karena ukuran tangan yang kecil atau karena memang tidak suka mengantongi smartphone berukuran besar. Nah, mari kita lihat apa saja yang tersedia di dalam Samsung Galaxy S10e.

Galaxy S10e (kiri), bersama Galaxy S10 (tengah) dan Galaxy S10+ (kanan)

Tetap Andalkan SoC Canggih Terbaru Samsung

Meski Galaxy S10e memiliki tubuh mungil, Exynos 9820 tetap akan menjadi dapur pacu smartphone ini. SoC baru ini hadir dengan unit NPU baru, yang menjanjikan kemampuan AI, dan diproduksi dengan litografi 8 nm. Jadi, performanya yang ditawarkan akan menjadi yang tertinggi di antara semua smartphone Samsung yang sudah beredar di pasaran, selain keluarga Galaxy S10 sendiri tentunya.

Cukup menarik melihat bahwa, Samsung tetap menyematkan RAM 6 GB dan internal storage 128GB pada Galaxy S10e yang ringkas ini. Ini membuatnya tetap siap untuk multitasking. Sementara, ukuran storage internal 128GB kemungkinan dipertahankan karena kemampuan kedua sisi kameranya merekam video 4K.

Untuk layar, meski tidak menggunakan layar curve, Samsung tetap menghadirkan yang terbaik untuk smartphone ini. Spesifikasi layar Galaxy S10e ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Ya, S10e tetap memiliki layar Dynamic AMOLED berkemampuan HDR10+.

Kamera: Canggih Ala Varian di Atasnya

Dari kamera, secara spesifikasi Galaxy S10e memang tidak sehebat kedua varian di atasnya, akan tetapi tetap sangat menarik. Samsung Galaxy S10e tetap memiliki kamera UltraWide 123° dengan sensor 16MP. Sementara itu, kamera selfie-nya sama dengan Galaxy S10, hanya 1 unit. Kamera selfie baru ini pun dilengkapi dengan autofokus dual-pixel dan kemampuan perekaman hingga 4K.

Kamera Galaxy S10e berbeda dengan dua saudaranya.

Perekaman video menjadi fokus utama pada jajaran seri Galaxy S10, tidak terkecuali Galaxy S10e. Kamera utamanya dapat merekam dengan resolusi 4K HDR10+. Sementara itu, kamera selfie-nya kini bisa merekam hingga resolusi 4K. Ini membuat jajaran S10 memiliki kemampuan perekaman video dengan spesifikasi tertinggi di awal 2019. Sementara itu, untuk slowmotion, kini jajaran S10 mampu merekam mulai dari 0.4 hingga 0.8 detik. Ini membuatnya menawarkan 2x lipat durasi slowmotion dibandingkan dengan seri Galaxy S9 terdahulu.

Jajaran Samsung S10 kini dilengkapi pula dengan artistic light focus, fitur yang membuat kemampuan membedakan obyek dengan latar belakang tidak hanya untuk bokeh saja. Tersedia color point bokeh (latar belakang berbeda warna dengan obyek), spin bokeh (bokeh tampak berputar), dan zoom bokeh (bokeh tampak seperti efek zooming).

Posisi kamera selfie yang disebut secara umum sebagai desain punch hole (lubang di tengah layar) memang membuat Galaxy S10e terlihat berpenampilan kekinian. Akan tetapi, apakah desain ini akan disukai atau tidak, tentunya akan menjadi pilihan subyektif konsumen.

Fitur Tetap Premium

Untuk fingerprint, Samsung Galaxy S10e hadir dengan sensor klasik, bukan ultrasonic. Akan tetapi, posisinya juga bukan di sisi belakang. Sensor pemindai sidik jari ini diletakkan pada tombol power, di sisi kanan smartphone.

Untuk sisi audio, Galaxy S10e ini tetap dibekali dengan audio dari AKG, baik untuk headset maupun speaker di smartphone. Jack audio 3.5 mm juga tetap dipertahankan. Hal ini akan membuat banyak orang lega karena tidak harus bergantung pada konektivitas Bluetooth atau terpaksa menggunakan adapter dari USB.

Kemampuan AI juga dikedepankan, berkat penggunaan NPU baru di Exynos 9820. tentunya adalah salah satu yang ditunggu dari Samsung. Smartphone ini menawarkan scene optimizer yang ditingkatkan menjadi 30 scene (dari 20), dan ini tentunya membutuhkan kemampuan AI. Sementara itu, fitur smart composition untuk membantu komposisi gambar pun akan mengandalkan AI. Di sisi lain, manajemen daya pada smartphone ini digadang-gadang sudah diperkuat dengan kemampuan AI juga.

Baterai Samsung Galaxy S10e adalah yang terkecil dalam keluarga Galaxy S10, 3100 mAh. Untuk pengisian, masih didukung dengan kemampuan fast charging dan wireless charging. Menariknya, terlepas dari ukuran kecilnya, fitur reverse wireless charging atau yang disebut Wireless Power Share, tetap juga dihadirkan. Smartphone ini dapat mengisi perangkat lain yang kompatibel dengan standar Qi, hingga baterai smartphone ini mencapai sisa 30%. wireless charging.

 

Produk Samsung Galaxy S10e
Layar 5.8″ Dynamic AMOLED HDR10+
Resolusi: Full HD+
Pelindung Layar: Gorilla Glass 6
SoC/Processor Exynos 9820
Memory/Storage 6GB/128GB
Baterai 3100 mAh
Audio Jack 3.5 mm Ada
Fingerprint Sensor Ada, di samping (di tombol power)
Bobot 150 gram
Kamera Kamera utama:
– Wide: 12MP, OIS, f1.5/2.4 (sudut pandang 77°)
– Ultrawide: 16MP, f/2.2 (sudut pandang 123°)
Perekaman video hingga 4K HDR10+
Kamera selfie: 10MP f/1.9 + 8MP f/2.2, perekaman video hingga 4K
UI One UI
Warna 6GB/128GB: Prism Black, Prism White, Prism Green
Harga 6GB/128GB: Rp 10.499.000
Paket Penjualan (Pre-Order)
Samsung Galaxy Buds (~ Rp 2 juta)
Cashback sampai dengan Rp 1 juta
Paket Data (dari 3 operator terkemuka)

 

Juga Siap Hadir di Indonesia

Kalau hanya melihat spesifikasinya, Galaxy S10e mungkin menjadi yang paling minim di antara ketiga varian Galaxy S10. Akan tetapi, pemangkasan fiturnya ada di poin-poin yang tepat. Kamera ultrawide lebih dibutuhkan dibandingkan kamera tele. Tidak semua orang membutuhkan/menyukai layar curve. Sementara itu, posisi fingerprint di sisi bodi smartphone kami rasakan merupakan kompromi terbaik.

Bundling paket penjualan Samsung Galaxy S10e ini adalah Samsung Galaxy Buds senilai hampir Rp 2 juta. Preorder akan dimulai pada tanggal 22 Februari 2019 hingga 28 Februari 2019. Tentunya, preorder ini bisa dilakukan di 12 online store terkemuka di Indonesia. Paket penjualan resmi tidak akan berbeda untuk semua toko online.

: ,

COMMENTS