Review Transcend DrivePro 200

Author
Bimanto
Reading time:
April 8, 2016
Transcend DrivePro 200_2

Keamanan berkendara Anda di jalan dapat ditingkatkan dengan menggunakan sebuah kamera yang akan merekam keadaan Anda selama berkendara, dengan sebuah video recorder. Memang, saat ini, penggunaan perangkat seperti ini di Indonesia masih belum umum, tetapi di luar Indonesia, sudah banyak yang menerapkan keamanan ini. Rekaman yang dihasilkan dapat menjadi sebuah bukti bagi Anda atau orang lain yang mengalami musibah, kecelakaan atau lainnya, yang terjadi persis di depan Anda, dan menjadi masukan yang sangat berarti untuk pengambilan keputusan bagi pihak yang berwajib.

Saat ini, Anda akan dapat dengan mudah menemukan berbagai perangkat jenis ini di pasaran. Salah satu yang dapat Anda temukan adalah video recorder yang ditawarkan oleh Transcend, DrivePro 2.

DrivePro 2 merupakan video recorder yang dapat Anda letakkan di kaca depan mobil Anda. Perangkat ini mempunyai wide viewing angle hingga 160°. Selain itu, perangkat ini juga dapat merekam hingga resolusi Full HD 1080P 30 FPS, sehingga rekaman yang dihasilkan akan sangat jelas. Rekaman video ini akan tersimpan di dalam sebuah MicroSD dan perangkat DrivePro 2 ini juga dapat merekan suara di sekitarnya bila Anda memerlukannya karena juga dilengkapi dengan sebuah microphone dan speaker.

Perangkat ini sangat mudah Anda pasang karena disertai dengan mounting suction cup. Penggunaan suction cup ini juga memudahkan Anda melepasnya dan memindahkan ke kendaraan lain tanpa perlu keahlian khusus. Anda hanya perlu melepasnya dari kendaraan Anda, dan menempelkannya kembali ke kendaraan lain serta memasang kabel power ke lubang pematik api yang dapat Anda temukan pada setiap kendaraan.

Dimensi dari DrivePro 2 juga tidak terlalu besar dan dilengkap idengan LCD berukuran 2.4″, sehingga Anda juga dapat memutar video record yang telah tersimpan di dalamnya. Dimensi tersebut tidak akan membuat pandangan depan Anda terganggu dan Transencend melengkapi dengan kabel power yang cukup panjang sehingga Anda dapat memasang kabel ini terlihat rapi di mobil Anda.

Paket Penjualan Transcend DrivePro 200

Transcend DrivePro 200_9

Dalam paket penjualan Transcend DrivePro 2 ini, Anda akan mendapatkan DrivePro Car Video Recorder, Car Mounting Bracket, Car Adapter, microSD 16GB, Video Cable, dan Quick Start Guide. Pemberian MicroSD di dalam paket penjualannya merupakan kelebihan dari produk ini, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli secara terpisah. Begitu dikeluarkan dari boks, Anda dapat langsung menggunakan DrivePro 200 ini.

Mounting Kit untuk Mobil

Transcend DrivePro 200_8

Untuk memasang DrivePro 2 ini, Transcend memberikan Car Mounting Bracket yang menggunakan suction cup yang sangat mudah untuk dipasang dan dilepas. Mounting berbahan plastik ini cukup kuat menahan DrivePro 2, sehingga Anda tidak perlu takut perangkat ini terjatuh ketika Anda menggunakannya dalam perjalanan, misalnya ketika berhadapan dengan jalan berlubang.

Spesifikasi Transcend DrivePro 200

Transcend DrivePro 200_1
Tampak depan dan belakang

Transcend DrivePro 200 ini mempunyai dimensi 67 × 72 mm dengan ketebalan hanya 34.3 mm dan dilengkapi dengan sebuah layar LCD berukuran 2.4″ pada bagian belakangnya dengan beberapa tombol pengaturan di bagian bawahnya. Pada bagian depan, Anda dapat melihat lensa dari perangkat ini yang mempunyai pndangan luas hingga 160°. Selain itu, di bagian depan, Anda juga akan menemukan speaker pada bagian bawah dan sebuah microphone untuk merekan suara di sekitar Anda.

Untuk bagian belakang, Anda akan menemukan LCD dengan sebuah lampu indikator, power button pada bagian kiri, dan beberapa menu button yang nantinya akan digunakan untuk navigasi sesuai dengan petunjuk pada bagian bawah layar.

2

Di bagian samping, Transcend DrivePro 200 dilengkapi dengan Slot MicroSD Card dan sebuah Emergency Button yang berguna untuk menyimpan hasil rekaman Anda pada suatu waktu. Ini dibutuhkan karena proses kerja dasar dari video recorder ini akan membuat video-video lama terhapus dengan sendirinya ketika kapasitas penyimpanan penuh. Tombol ini membuat video terkunci sehingga tidak akan terhapus.

Di bagian sisi lainnya, Anda akan menemukan USB yang juga berguna sebagai port pemasok daya bagi perangkat ini. Terdapat juga port video out yang dapat Anda sambungkan ke perangkat TV yang mempunyai konektor Component In.

Dengan sebuah MicroSD berukuran 16GB yang diberikan pada paket penjualannya, Transcend DrivePro 200 dapat merekan video dengan resolusi Full HD 1080P selama 2 jam 20 menit. Sementara bila Anda merekan dalam resolusi HD 720P, maka Anda dapat merekam video hingga 4 jam 20 menit. Bila Anda menginginkan dapat merekam lebih lama, Anda dapat menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar.

Perangkat ini akan merekan secara terus menerus dalam interval tertentu. Ketika memori telah terisi penuh, video terlama akan hilang dan digantikan dengan video terbaru, kecuali Anda menekan emergency record. Video yang ditandai sebagai “emergency” ini hanya bisa dihapus dengan cara manual.

Load Comments

Reviews

November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…
November 24, 2020 - 0

Review MediaTek Helio P95: G Series Kalah Kencang?

Kali ini tim Jagat Review akan kembali membahas soal SoC,…
November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…